Waspada! inilah saudara Setan dibulan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan kita tentu sering mendengar bahwa setan dibelenggu dan tidak diizinkan menggoda manusia yang sedang menjalankan ibadah puasa. hal ini sesuai dengan sabda Rasullullah SAW yang berbunyi :
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

ini adalah berita baik untuk kita semua yang hendak mengoptimalkan ibadah ramadhan dengan baik sebab, kita hanya tinggal melawan hawa nafsu pada diri kita sendiri.
namun, ternyata selain dari hawa nafsu dari diri kita sendiri perlu juga diwaspadai adanya teman-teman atau saudara syetan yang tidak ikut dibelenggu pada bulan ini. nauzubillah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ
“Sesungguhnya orang-orang yang boros itu adalah saudara-saudaranya syetan” (QS Al Isra’ : 26-27)

dalam menjelaskan ayat ini, para mufassir bersepakat bahwa sikap boros atau mubadzir tidak hanya dinilai dari berapa banyak harta yang dibelanjakan. Tetapi, ketahui dari untuk apa harta atau uang tersebut dibelanjakan. Sebab, walaupun kita banyak membelanjakan harta namun belanjanya di jalan kebaikan (misalnya sedekah atau infaq fi sabilillah), maka tidak termasuk boros dan tidak termasuk saudara syetan malah sesuatu yang dianjurkan. Sebaliknya, meskipun yang dibelanjakan sedikit namun di jalan yang haram atau sia-sia, maka ia termasuk boros dan menjadi saudaranya syetan.

Di bulan Ramadhan, terutama di akhir bulan ramadhan saat Rasullulah SAW dulu mencontohkan untuk memperbanyak ibadah, sering kali sebagian orang terjebak pada pengeluaran yang sia-sia. Tidak memperbanyak sedekah, malah membeli barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan ibadah ramadhan itu sendrii. Misalnya sudah punya HP baru, beli baju baru yang terkesan bermewah-mewah. Sudah punya banyak baju baru dan berbagai asesoris, masih juga menambah baju dan asesoris yang mahal dan sebenarnya tidak diperlukan, demi penampilan dihadapan orang banyak. Nah, apakah kita juga termasuk saudaranya syetan?

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*