Temukan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

  • apa itu keyword

    6 langkah membuat SEO yang lebih baik

    hari ini kita akan membuat rencana-rencana yang dilakukan untuk meningkatkan rangking website kita semua terutama dideretan awal pencarian. ini merupakan cita-cita semua bukan cuma anda saja, saya juga ingin berada […]

  • strategi bauran pemasaran

    Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

    Marketing mix adalah perpaduan strategi dalam mengembangkan sebuah produk sampai lini bisnis. variable dalam marketing mix membantu para pebisnis dalam meningkatan kapasitas dari sebuah produk bahkan bisnis. definisi marketing mix […]

Definisi Blog

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan penulis blog. blog diartikan sebagai website yang dikelola oleh beberapa penulis dan mencakup pengalaman pribadi, observasi, dan opini oleh penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Blog dalam hal ini merupakan salah satu jenis website yang isi dan konten hasil dari pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).
dalam sebuah blog Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user.

sejarah blog

dari beberapa sumber, blog adalah singkatan dari weblog. Awal mula munculnya istilah weblog, blog pada mulanya terjadi pada tahun 90-an. Saat itu sudah ada banyak web yang mengudara di jagat maya dan merupakan awal muasal; platform blogging sekarang ini, antara lain Usenet, Genie, BIZ, CompuServe, dan Bulletin Board System (BBS).

Istilah weblog pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz yang secara intens mengadopsi istilah tersebut di website pribadinya, Peterme.com pada tahun 1999. Namun sejatinya jauh sebelum istilah blog dikenal, sejumlah orang seperti Justin Hall dan Jerry Pournelle sudah mulai menerbitkan konten tulisan mereka melalui web pribadinya, walaupun kala itu istilah blog belum digunakan secara luas.

Open Diary mengawali era kehadiran blog modern pada tahun 1998, di platform website ini, kemudian orang mulai mengenal istilah komentar blog di mana pembaca dapat memberikan komentar dan pendapatnya di tulisan pemilik blog. Open Diary juga disebut-sebut sebagai generasi pertama situs pertemanan dikarenakan konsep komunitas yang diusungnya.

Di tahun 1999 muncullah layanan blog baru bernama Blogger.com yang didirikan oleh Pyra Labs. Di tahun yang sama juga lahir layanan blog LiveJournal dan Pitas.com. kemudian layanan Blogger.com lah yang mulai berperan bagi perkembangan dunia blog sehingga oleh banyak orang nama “Blogger” dijadikan julukan bagi orang yang berkecimpung atau mempunyai blog. Sejak 2003, Blogger resmi menjadi milik Google dan akusisi ini makin mengibarkan dunia blogging sebab sejumlah fitur yang sebelumnya premium digratiskan oleh pemilik barunya.

Di Blogger.com, blogger dapat mendaftarkan diri dan membuat domain dengan alamat yang boleh ditentukan sendiri. Setelah terdaftar, para blogger kemudian mendapatkan sebuah dashboard yang digunakan untuk melakukan update dalam pembuatan tulisan, menunggah gambar, membuat halaman, dan bahkan mendesain sendiri tampilan utama blog. Salah satu kelebihan yang disuguhkan oleh Blogger.com adalah keleluasaan untuk membuat sebanyak mungkin blog baru tanpa harus membuat akun baru.

Saat Blogger.com berada dalam kondisi populer, muncul layanan lain yang lebih segar, yaitu WordPress.com yang dikembangkan oleh Automattic. Seperti Blogger, layanan ini juga memberikan sub domain cuma-cuma kepada pengguna dengan opsi upgrade ke layanan premium.

WordPress.com juga membuat kebebasan kepada pengguna untuk menentukan sendiri alamat sub-domain yang diinginkan. Di masing-masing blog akan ada wilayah admin atau user berbeda yang fungsinya menjadi tempat bagi Blogger untuk mengelola isi blognya. Seperti membuat tulisan baru, menambah halaman, kategori, menyusun sidebar, mengupload gambar dan memasukkan video. Dalam perjalanannya Automattic kemudian merilis WordPress.org, entitas berbeda yang menyasar para pengembang dan Blogger mandiri. Pelajari selengkapnya apa itu WordPress di tautan ini.

Tujuh tahun setelah kelahiran Blogger, muncul layanan baru yang dikenal dengan Tumblr yang dikembangkan oleh David Karp. Saat pertama kali muncul, Tumblr didaulat sebagai generasi baru dalam blogging. Ia menawarkan konsep yang berbeda dari Blogger ataupun WordPress.com, di mana pengembang menambahkan semacam koneksi antar pengguna layaknya situs pertemanan. Fitur-fitur dan fleksibilitas pembuatan template yang juga paling disukai oleh kaula muda. Tak heran bila mayoritas pengguna loyal Tumblr adalah para remaja dengan usia di bawah 25 tahun. Namun kini Tumblr berada di bawah bendera Yahoo pasca dibeli pada tahun 2013 lalu.

Selain WordPress.com dan Tumblr, masih banyak terdapat sederet platformblog yang menawarkan fitur yang kurang lebih sama, misalnya Technorati, Blogsome, webs, blogs dan banyak lagi lainnya.

cara membuat blog gratis

Blogger merupakan website yang gratis dan memiliki konten yang lengkap terutama untuk para pemula dan menengah. Blogger menyediakan cukup banyak konten untuk mendukung website yang sedang dikembangkan. Struktur halaman web dengan menggunakan blogger adalah namaweb.blogspot.com, bila kita bersedia membayar maka blogspot didepannya akan hilang menjadi alamat domain saja. Berikut ini proses pembuatan website menggunakan blogger.com :

1. Ketik pada URL kalian www.blogger.com bila sudah benar maka tampilannya akan seperti dibawah ini, nomor 1; bila belum memiliki blog, nomor 2; bila sudah memiliki blog. Dasar penggunaan blog adalah gmail Jadi sebelum menggunakan blogger.com pastikan anda sudah memiliki gmail sebelumnya.
2. Setelah anda memilih no. 2 kira-kira seperti ini tampilannya. Pilih “gunakan akun yang lain jika ingin memulai membuat blogger.
3.Langkah selanjutnya adalah membuat profil anda pada blogger.
4.Selanjutnya isi profil singkat anda untuk menunjukkan identitas anda pada web anda.
5.Masukkan Foto Profil anda sebagai pelengkap identitas pada website anda.
6.Selesai tahap pertama membuat blogger, pilih “lanjutkan ke Blogger”.
7.Selanjutkan kita akan diarahkan pada menu pengeditan blog anda. Menu ini masih terbatas lantaran kita belum memiliki blog sama sekali. Agar menu terbuka dan lengkap pilih “buat blog baru”

lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

setelah blog anda buat maka, langkah selanjutnya adalah terus membuat konten yang merupakan keahlian dan minat anda, ingat minat dan keahlian disini menjadi penting sebab akan menentukan nilai blog anda dimata pembaca, selain itu dapat mendukung daya tahan anda untuk terus membuat blog.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Nancy pernah melakukan survey berapa besar penghasilan seorang blogger. Pertanyaan yang mereka buat dan diajukan adalah apakah Anda bisa hidup dengan menjadi blogger? Ya jawabannya mungkin saja. Menurut survey 2015 Womens Blogging Industry and Business Annual Report, didapatkan hasil:

Hanya 6% responden yang memiliki pendapatan lebih dari US$ 60.000 per tahun.

Sekitar 11% responden menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 30.000 per tahun.

Sekitar 68% menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 5.000 per tahun.

Sisanya menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 2.500 per tahun.

hasil penelitian nancy

lalu darimana anda dapat memaksimalkan blogger anda untuk menghasilkan uang, apa saja potensi yang dapat anda maksimalkan dari blog anda, berikut diantaranya adalah :

kerjasamakan blog anda dengan google adsense, dan jasa periklanan lainnya.

blog anda punya pengunjung dan pembaca, maka cara yang paling mudah adalah menyediakan blog anda untuk di pasang iklan oleh google. salah satu program google dalam hal ini adalah google adsense merupakan sarana periklanan blog yang jelas membayar.

buat space iklan kerjasama khusus dengan industri terkait

selain mendaftarkan pada google adsense, promosikan blog anda pada industri yang berkembang dari isi konten blog anda. sediakan space untuk mereka, tawarkan harga pada tempat yang beragam di blog anda.

promosikan bisnis orang lain pada blog anda

ada beberapa perusahaan yang menginginkan mereknya disebutkan dalam blog atau konten anda. hal ini bisa menjadi potensi buat anda dalam menghasilkan uang dari blog anda dari cara lain.

jadikan blog anda, blog jualan dan promo

selain menulis konten, anda dapat menawarkan program penjualan, seminar, promo produk dan sebagainya yang mendukung blog anda untuk didatangi oleh potensi pembaca baru.

sekian dulu share dari saya, semoga bermanfaat .

About Imam Punarko 148 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*