strategi jitu pemasaran menggunakan media sosial

strategi jitu pemasaran menggunakan media sosial

sebagian besar atau sekitar 70% bisnis kecil ,menengah bahkan besar menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. memang sangat efektif sebab selain penggunanya yang besar media sosial sangat efisien dalam promosi bahkan menekan biaya periklanan.

sayang nya tidak semua pebisnis memiliki cara yang aktual dan jitu untuk memanfaatkan media sosial sebagai caranya melakukan sebuah bisnis.

bagaimana melakukan strategi jitu pemasaran media sosial, berikut cara jitu pemasaran menggunakan media sosial :

#Mulai dari satu platform media sosial dan fokus disana

ketika kita menggunakan media sosial terutama untuk promosi kita tergoda untuk mengoptimalkan semuanya. saya rasa itu sangat tidak efektif. kebanyakan seseorang yang berhasil mengelola media sosial untuk bisnis fokus pada satu media sosial dan mengindahkan media sosial yang lain terlebih dahulu. kecuali anda perusahaan besar dan dapat menggaji banyak orang.

fokuslah pada satu platform media sosial semisal instagram, fokuslah belajar disana, dan dapatkan impact yang positif entah berupa omzet atau yang pengunjung.

jangan mudah tergoda untuk melakukan banyak hal sekaligus. hasilnya anda akan mengalami kejenuhan dan akhirnya malah merugikan bisnis anda.

baca juga : bagaimana memanfaatkan fintect untuk bisnis anda yang sedang berkembang

#buat perkenalan merek yang terpadu

bagi pengguna media sosial tentu mereka akan disuguhkan beragam hal yang sangat terdiferensiasi. bagi anda sebuah perusahaan, anda perlu melakukan perkenalan merek secara terpadu dari mulai foto profil, update status, warna, teknik foto, dsb.

upayakan buat sesuatu yang unik dan berbeda, apalagi platform media sosial rata-rata gratis kecuali untuk pengiklanan. upload yang murah dan mudah membuat anda dapat membuat platform media sosial anda terlihat kompak dan seragam.

keseragaram dan keberpaduan membuat merek anda mengena dimata konsumen.

#Upayakan merek melekat pada diri mereka.

bila anda ingin menarget anak-anak, maka buat media sosial anda dipenuhi oleh karakter yang mereka sukai sehingga bila mereka ingin menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan karakter tersebut mereka akan mengingat merek anda.

upayakan membuat merek anda benar-benar melekat pada mereka. contoh lain, merek sepatu terkenal nike mengeluarkan pakaian olahraga khusus hijaber. sehingga para hijaber merasa bahkan nike melekat pada mereka lantaran sehari-hari kaum perempuan rata-rata menggunakan hijab.

buatlah merek anda benar-benar bersahabat dan melekat pada diri konsumen. sehingga mau tidak mau mereka harus menyukainya.

#gunakan rumus RITE.

Para ahli mencoba memformulasi bagaimana cara periklanan menggunakan media sosial. kemudian ditemukanlah rumus RITE ini dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial.

apa itu RITE?

RITE adalah kepanjangan dari Relevant, Interesting, Timely and Entertaining. buat setiap iklan anda Relevant atau sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada, buat semenarik mungkin sehingga konsumen terfokus pada produk anda, tepat waktu dalam membuat posting sesuai dengan apa yang sedang trend hari itu, dan terakhir menghibur bagi konsumen yang anda tuju.

baca juga :memahami konsumen dan karyawan dari generasi Z

#fokus pada testimoni

sebagian besar orang melakukan pembelian di media sosial karena melihat testimonial yang ada. mereka merasa bahwa testimoni menjadi semacam garansi paling kuat dalam bisnis anda.

kuatkan pada testimoni produk yang anda buat, sehingga konsumen akan yakin untuk membeli produk yang anda jual.

buatlah manajemen testimoni untuk konsumen anda, berikan mereka hadiah setiap memberikan testimonial yang ada sehingga produk anda akan semakin dibutuhkan oleh konsumen.

#Promosikan Ulang

dalam media sosial tidak ada istilah usang, anda perlu melakukan promosi ulang dalam media sosial hal ini dibutuhkan untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang anda buat dan anda sedang pasarkan.

promosi secara terus menerus dalam hal ini dibuat untuk menjaga agar konsumen tetap ingat terhadap merek produk yang anda pasarkan.

#buat Media sosial anda menghubungkan banyak audience

bila anda memiliki website yang anda kembangkan itu sebatas memperkenalkan merek dan produk anda. namun bila anda menggunakan media sosial anda harus dapat memberikan hal yang lebih banyak dari pada sekedar memperkenalkan diri. bila konsumen bergabung pada chanel anda mereka berharap dapat memiliki sesuatu manfaat yang lebih buat mereka.

buatlah sebuah kegiatan yang rutin dilakukan, entah quote yang positif, video motivasi, video menghibur dan kaitkan dengan bisnis anda. hal ini akan membuat pemasaran anda semakin efektif.

#buatlah sebuah sayembara dan kuis

buat anda pemilik media sosial buatlah semacam sayembara dengan memberikan hadiah atau diskon untuk merek produk yang anda pasarkan. misalnya anda manfaatkan event hari kemerdekaan dengan memberikan hadiah menarik bagi siapa saja yang mampu memberikan kesan di hari kemerdekaanya.

sayembara dimaksudkan membuat anda tetap menjadi perhatian bagi calon konsumen anda, selain itu dapat meningkatkan kemampuan promosi bisnis anda kelak.

#pantau percakapan dan diskusi di channel anda

platform media sosial yang anda miliki diibaratkan sebagai sarana public relation bagi perusahaan anda. tentu bagi pengguna media sosial mengharapkan mendapatkan komentar dari setiap komentar mereka. sediakan waktu untuk menjawab setiap komentar yang ada secara bijaksana untuk meningkatkan kapasitas media sosial yang sedang anda kembangkan.

semakin aktif anda menanggapi percakapan akan berdampak masif pada bisnis anda secara keseluruhan. itulah mengapa para perusahaan bahkan menggaji orang untuk menjawab komentar dan pertanyaan dari para pengguna di media sosial.

#konsisten

buatlah media sosial yang anda miliki konsisten dalam melakukan update dan informasi sehingga konsumen akan semakin percaya dengan kapasitas yang anda miliki. jangan terlalu lama meninggalkan media sosial yang anda miliki dalam kondisi off.

tindakan inkonsistensi akan merugikan usaha yang sedang kita jalani hari ini. sebab konsumen akan meninggalkan apa yang sudah kita bangun.

sekian dulu diskusi kita terkait strategi jitu pemasaran menggunakan media sosial, selamat berkarya, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*