Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

strategi bauran pemasaran

Marketing mix adalah perpaduan strategi dalam mengembangkan sebuah produk sampai lini bisnis. variable dalam marketing mix membantu para pebisnis dalam meningkatan kapasitas dari sebuah produk bahkan bisnis.

definisi marketing mix beragam tergantung dari tokoh yang menggunakannya, dan dari latar belakang bisnis yang berbeda disetiap negara, namun essensi dari itu semua tetap sama.

berikut definisi dari marketing mix itu sendiri menurut para ahli :

Menurut Khotler dan Amstrong menyatakan bahwa marketing mix atau dalam istilah lain bauran pemasaran menyatakan bahwa marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dapat dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran.

sementara itu alma mendefinisikan marketing mix sebagai sebuah strategi dalam memadukan kegiatan-kegiatan marketing kedalam kombinasi maksimal sehingga menghasilkan kepuasan yang maksimal.

baca juga :

lain alma lain juga sumarmi dan soeprihanto mendefinisikan marketing mix sebagai kombinasi atau kegiatan yang merupakan inti dari sebuah pemasaran diantaranya adalah produk, harga, distribusi, promosi. dengan kata lain marketing mix sendiri merupakan kumpulan dari beberapa variable yang dapat digunakan untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk.

lain lagi dengan zeithaml dan bitner yang menyatakan bahwa marketing mix adalah elemen-elemen dalam organisasi lini bisnis dan perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan itu sendiri yang dapat dikomunikasikan dalam memuaskan konsumen.

sampai sini sudah kegambar apa itu marketing mix, dahulu marketing mix terdiri dari 4 variabel (4P) yaitu yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi) kemudian berkembang menjadi 7P dengan penambahan pada product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process.

7 hal ini yang kemudian berkembang untuk melengkapi sebuah peningkatan pelayanan perusahaan dalam bisnis sehingga konsumen dapat terpuaskan dengan produk yang di nikmatinya. anda juga dapat mempelajari 7 konsep tentang marketing mix.

inilah 7 element yang akan kita bahas satu persatu dalam marketing mix :

Produk

tidak dapat dipungkiri bisnis adalah barang dan jasa, dan setiap barang dan jasa adalah produk yang kemudian ditawarkan pada produsen.

para produsen tentu harus berfikir bagaimana produknya agar diterima dipasaran, dan mengena pada konsumen. apalagi setiap produk tentu punya karakteristik masing-masing untuk itu dibutuhkan produk yang punya spesifikasi yang baik dan sempurna.

pikirkan apa yang kita kembangkan pada produk kita, seperti apa produk kita kelak dan pengembangan seperti apa yang akan dimiliki oleh produk kita, merupakan ranah pertama dalam marketing mix.

Harga

penentuan harga adalah hal yang paling penting selanjutnya, pelajari siapa konsumen kita maka harga jual dari produk kita akan mudah kita tentukan.

selain itu, tentu harga juga berpengaruh dalam biaya-biaya yang harus kita keluarkan hingga sebuah produk dapat dipasarkan. baik biaya variabel ataupun biaya fix.

harga yang tepat akan membuat konsumen membeli

Tempat

Dimana anda menjual produk anda dipasaran merupakan hal yang penting dalam bisnis. sebegitu pentingnya tempat dalam bisnis sehingga banyak perusahaan rela membayar biaya yang besar agar tempat bisnis yang di buka representatif dengan konsumen.

dengan berdekatan, bisnis mereka malah maju bersama, teori ini dipelajari awal saat berjualan es krim di pinggir pantai, saat berjauhan omzet eskrim tidak sebanyak saat berjualan secara bersamaan.

promosi

promosi merupakan sarana untuk memberitahukan dan menginformasikan para calon konsumen tentang sebuah produk dan jasa. promosi sendiri bermacam-macam dan tentu setiap segmentasi pasar berbeda-beda dalam menjaring konsumen.

promo sering dipakai untuk meraih konsumen

Sarana Fisik

P selanjutnya adalah Physical Evidence merupakan salah satu marketing mix dimana peralatan dan perangkat dalam mendukung kepuasan konsumen. semakin besar bisnis anda maka semakin banyak peralatan dan perangkat yang digunakan.

peralatan dan perangkat merupakan hal yang ditunjukkan dengan penggunaan yang tepat. dan dalam manajemen perusahaan penggunaan alat dalam mendukung berjalannya bisnis sering ditandai dengan SOP dan hal mendukung lainnya.

Orang

orang merupakan pelaku yang memerankan penyajian produk dan jasa sehingga orang dalam sebuah marketing mix merupakan variabel yang bersinggungan langsung dengan calon konsumen. semua sikap dan perilaku menjadikan orang yang terlibat dalam bisnis menjadi penting.

proses

proses disini merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat sebuah sistem baik itu produksi hingga sampai ketangan konsumen. setiap bisnis punya proses masing-masing, apa yang hari ini sedang trend dan banyak digandrungi adalah bisnis.

sebagai contoh, minum kopi hari ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan dengan proses tersebutlah akhirnya minum kopi bisa dibuat dengan berbagai karakteristik dan diferensiasi yang berbeda.

dahulu orang ngopi harus ke cafe atau warung kopi, yang notabenenya berdiam diri sambil ngobrol, namun hari ini malah sedang menjamur bisnis ngopi dimana pembelinya tidak nongkrong, ngantri langsung pulang. kulo dan haus salah satu bisnis itu.

model ngopi (2019) dimana setelah membeli langsung dibawa pulang.

dapat disimpulkan bauran pemasaran atau marketing mix merupakan hal yang penting bagi bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan lini bisnis dan peningkatan pemuasan konsumen.

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*