Steve Shih Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley. Para pendiri Youtube.com, pertemanan yang mengantarkan menjadi milyarder.

Tiga sekawan steve Shih Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley adalah para pendiri youtube. Steve Shih Chen tinggal di Taipei hingga usia 8 tahun ketika keluarganya memutuskan untuk hijrah ke Amerika Serikat, hingga akhirnya berkuliah di Universitas Illionis, Urban Champaign setelah lulus ia menjadi karyawn di paypal tempatnya bertemu dengan Jawed Karim dan Chad Hurley.

Jawed Karim sendiri adalah berkebangsaan Bangladesh, ayahnya Naimul Karim adalah periset pada perusahaan 3M. ibunya Christine Karim adalah professor asistten peniliti biokimia di Universitas Minnesota. Karim kecil tinggal di Jerman hingga pada tahun 1992 keluarganya memutuskan pindah ke Amerika Serikat dan dan Karim bersekolah dan menamatkan di Universitas Illinois, Urbana Champaign.

Terakhir, Chad Hurley lahir pada tahun 1977 di Birdsboro, Pennsylvania selatan. Ia adalah putra pasangan Donald, seorang konsultan keuangan, dan Joann, seorang guru. Chad Memiliki Bakat dalam bidang seni, ia juga menyukai bisnis dan teknologi. Ia bahkan pernah mengikuti lomba amplifier dan meraih juara ketiga pada kompetensi elektronik nasional.

Ketika anak muda ini bertemu saat masih menjadi karyawan paypal, pertemuan ketiganya terjadi saat mereka sama-sama berusaha mengirimkan e-mail yang berisi klip video. Mereka kemudian menyempurnakan infrastruktur platform video sharing selama beberapa jam. Mulai saat itu ide web berbasis video mulai muncul dengan membuat youtube sebagai websitenya.

Youtube pertama kali didaftarkan dengan nama domain youtube.com pada 15 februari 2005, situsnya sendiri baru mulai dibangun beberapa bulan kemudian. Sebagai kantor tempat mereka mengembangkan youtube dipilihlah garasi di Menlo Park millik salah satu diantara 3 pemuda itu. Sembilan bulan kemudian youtube baru resmi di luncurkan sebagai website dengan sharing video sebagai konten utamanya.

Youtube berkembang pesat dalam waktu yang sangat singkat. Situs tersebut memperoleh publikasi awal ketika menampilkan video singkat berjudul Lazy Sunday yagn diambil dari acara populer Saturday Night live. Publikasi awal Ini hanyalah awal kepopuleran youtube sendiri. Google Inc. tertarik pada konsep bisnis youtube dan memutuskan megnakuisisi youtube pada tanggal 9 oktober 2006 dengan nilai mencapai 15.6 triliun dalam bentuk saham. Pembelian saham ini lah yang menyebabkan mereka menjadi milyarder dalam waktu yang relatif singkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*