Sosial Media paling efektif dalam bisnis

Perkembangan bisnis terutama bisnis online memang tidak ada habisnya, geliat bisnis saat ini sudah mulai crossing dari sebelumnya offline atau konvensional transaksi, menjadi online dan digital marketing mulai mendominasi.

Hal ini ditandai dengan mulai sepinya tempat perbelanjaan seperti mall sampai pusat grosir seperti tanah abang. Hal ini bisa dikatakan masyarakat sudah mulai beralih dari dahulu menyempatkan waktu berkeliling, hingga hari ini sudah mulai banyak yang sambil bersandar dikursi atau tempat tidur langsung klik dan kemudian barang dikirim.

Perubahan ini harus disadari segera oleh para pelaku bisnis saat ini, dan konsumen potensial kita mendapatkan informasi dari mana saja dan kapan saja. Inspirasi berbelanja sudah tidak terbatas lagi, seseorang dapat memutuskan pembelian dimana saja.

Media sosial salah satunya menjadi jalan seseorang memutuskan pembelian selain tentunya marketplace atau e-commerce yang bergelimpangan dana dan dapat membuat macam-macam promosi seperti flash sale, gratis ongkir, dsb.

artikel yang perlu anda baca juga :

  1. 5 strategi memasarkan bisnis digital ditahun 2020
  2. Langkah-langkah bersaing dengan kompetitor

Media sosial masih menjadi ajang yang masih optimal terutama untuk perusahaan UMKM yang besarnya bisa diatas 98% dari pelaku bisnis. selain itu, media sosial memegang peranan penting bagi suksesnya penjualan produk, berikut keunggulan media sosial bila dibandingkan dengan e-commerce dan marketplace diantaranya adalah :

  1. Jaringan pertemanan mendominasi media sosial
  2. Foto dan deskripsi yang lebih menarik
  3. Populer dikalangan nitizen
  4. Paling sering dilihat
  5. Bentuk media sosial yang user friendly membuat produk lebih dinikmati

Persaingan pelaku UMKM ini dapat bersifat lokal bahkan juga sampai nasional, tergantung segmentasi pemasaran yang dikerjakan.

Baik langsung saya kita ulas satu persatu Media sosial yang efektif untuk penjualan diantaranya adalah:

1# facebook

Facebook masih merajai media sosial saat ini, nilai saham facebook yang sangat besar dan penggunanya lintas manca Negara membuat facebook begitu diminati oleh para pengguna media sosial. Bila anda memiliki bisnis tidak ada salahnya anda mulai menggunakan facebook, melalui post facebook dan story facebook saat ini produk anda ditampilkan secara optimal. Salah satu keunggulan facebook dibanding media sosial lainnya diantaranya adalah :

  1. Facebook punya jaringan paling luas
  2. Facebook mempunyai database yang terkategori rapih
  3. Bentuk post facebook memudahkan seseorang membuat promosi
  4. Berpotensi dilihat lebih sering
  5. Facebook simple dengan platform yang luas

Rasanya saat ini perusahaan apapun tetap membutuhkan facebook untuk mengiklankan produknya atau sekedar menyapa penggunanya.

2# Instagram

Instagram bukan media sosial yang dikenal public terlebih dahulu, ada path yang sempat populer di Indonesia. Namun, path gulung tikar sekarang ini, dan instagram jadi platform yang visual yang paling populer saat ini, instagram memberikan tampilan semenarik mungkin bagi penggunanya untuk melakukan berbagai rekaman kegiatan dan aktifitas.

Bahkan penggunaan instagram sudah begitu populer sebelum kemudian facebook membelinya. Banyak influencer yang mengiklankan produk mereka dengan bayaran yang tidak kecil. Promosi menggunakan instagram membuat sebuah produk terasa dekat dengan konsumennya, bahkan calon konsumen dapat tervisualisasi dengan amat baik menggunakan instagram.

Banyak fitur yang dapat anda kembangkan untuk mendukung bisnis anda, mulai yang gratis atau menggunakan periklanan instagram sendiri. Anda  dapat meningkatkan followers akun anda, anda dapat membuat funnel bisnis anda, anda dapat mempromosikan perusahaan anda atau hanya sekedar memberikan informasi grafis.

3# youtube

Bila ada ranking pengguna media sosial saat ini youtube menjadi yang nomor 1, youtube menjawab semua kategori konsumen. Youtube menangkap konsumen dari visual, non visual, audio, sampai kinestetik.

Youtube memberikan tampilan video yang paling populer saat ini. Youtube juga membuat kerjasama dengan konsumennya lewat pembagian iklan yang diterima youtube sendiri. Sehingga timbul profesi yang dikenal dengan youtuber.

Anda dapat mempromosikan bisnis anda dengan youtube dengan mengajak para youtuber melalui program affiliasi, membuat info penggunaan produk anda, video perkenalan perusahaan, dll.

4# Twitter

Twitter merupakan media sosial dengan 140 kata dalam setiap postingnya, twitter memiliki hastag yang begitu dikenal hingga dapat menggiring opini masyarakat secara umum.

Memang twitter tidak sejaya dulu, namun twitter masih memegang peranan penting dalam hal memperkenalkan brand kepada audience. Twitter memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mempromosikan produknya tanpa terkecuali.

Anda dapat membuat hastag, atau bahkan mengikuti hastag orang lain, berbeda dengan 3 platform diatas kata-kata menjadi kunci utama kesuksesan bisnis menggunakan twitter. Jadi anda sudah bisa membuat rima, puisi dan sebagianya, sehingga produk anda dinikmati oleh konsumen.

5# pinterest

Pinterest adalah kumpulan besar ide visual pengguna sosial media, dengan pinters pengguna media sosial terkategori secara baik. Anda akan di kelompokkan berdasarkan hobi anda atau peminatan anda sendiri.

Membuat gambar yang menarik dan menyertakan pin dan melakukan link ke website atau perusahaan anda akan mendatangkan banyak konsumen potensial bagi bisnis anda.

Pinterest punya banyak audience perempuan yang besar, anda dapat mempromosikan masakan, menjahit, fashion,rias, dsb. Pinterest adalah alternatif jitu bagi anda yang ingin memperluas pasar anda.

6# Linkedin

Linkedin merupakan platform media sosial bagi siapa saja, layaknya google + linkedin membantu banyak pengguna berkumpul sesuai dengan profesi dan peminatannya. Linkedin memadukan berbagai genarasi didalamnya, banyak sumber-sumber professional mengalir di linkedin, anda dapat memberikan wawasan baru tentang bisnis anda menggunakan linkedin.

kesimpulan

6 media sosial diatas, merupakan media sosial yang memang benar-benar sudah stabil di Indonesia. Walaupun masih terdapat google+, reddit, snapchat, dsb. Penggunaan media sosial masih menjadi hal yang penting dan signifikan dalam pengembangan bisnis yang anda lakukan.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*