Skill Coding untuk persaingan di masa depan

manfaat memiliki sebuah website

sebuah koran berita nasional menginformasikan bahwa 11 tahun lagi jutaan pekerja di Indonesia akan digantikan robot. Indonesia yang jumlah penduduknya sangat besar dan masuk 5 besar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia maka isu penggantian robot ini bukan hal yang dapat di sepelekan.

sebab, tentu akan terjadi masalah sosial baru dimana tentu banyak warga negara yang menjadi pengangguran. sekarang saja pengangguran sudah tinggi dan ini mengkhawatirkan, sampai calon presiden waktu itu Joko Widodo mencanangkan kartu pra kerja, calon presiden saja waktu itu sudah menangkap pengangguran memang tinggi. apalagi jika teknologi robot sudah benar-benar menguasai bidang pekerjaan manusia?

Manusia mengapa mampu bertahan hidup hingga hari ini, disebabkan karena manusia mampu menyesuaikan diri dalam berbagai macam kondisi. nah, untuk itu dalam artikel ini maka mari kita bedah apa yang harus kita siapkan agar perkembangan teknologi bukan malah membuat kita tersingkir malah semakin membuat kita menjadi leading.

sebelum kita bahas, saya pernah mengikuti kursus bisnis online, saya mengambil internet marketing pro pada salah satu lembaga kursus yang bonafit lah di Indonesia.

dalam bayangan saya, saya akan bertemu banyak berbagai macam latar belakang pekerjaan dan menjadi khazanah buat menambah jaringan hidup saya. ternyata saya kursus dengan siswa sekolah dasar yang mungkin baru kelas 3 atau 4 SD. saya sendiri heran pada orang-orang ini biasanya berdagang atau berjualan, mereka adalah keturunan tionghoa di Indonesia.

saya berfikir keras mengapa mereka belajar internet marketing, makin heran lagi saya bertemu dengan siswa lain yang malah belajar coding atau pemrograman dasar website dan aplikasi.

heran saya, mereka warga Indonesia keturunan yang sangat terkenal dengan geliat bisnisnya, yang pulang sekolah jaga toko malah sekarang pulang sekolah belajar coding dan internet marketing. ternyata saya berfikir bahwa mereka masih ingin terus bersaing dalam bisnis di negeri ini.

lalu bagaimana saya lihat murid-murid saya sendiri yang saya ajarkan bisnis online? mereka banyak yang disibukkan bermedia sosial, heran memang bila dipikirkan ketimpangan yang terjadi, dan ini menggerakkan saya untuk menyadarkan mereka untuk merubah mindset.

kembali ke robot tadi, maka robot itu memerlukan coding dan robot tidak bisa berjualan maka 2 hal yang tidak akan bisa di kuasai robot yaitu coding dan bisnis online.

nah untuk itu ayo pelajari coding dan bisnis online, sebab bila kita tidak segera mempelajarinya akan segera tertinggal. coba perhatikan bagaimana industri 4.0 seakan berkembang amat cepat melebihi terbitnya industri 4.0 ini.

apakah harus mengeluarkan anggaran yang besar untuk belajar coding dan bisnis online, tentu tidak. semua bisa didapat secara gratis. banyak website yang menyediakan jasa gratis belajar coding dan bisnis online.

berselancar sedikit youtube dan platform lain, dimana kamu akan lihat banyak yang dapat di pelajari di sana. youtube misalnya bila kita ingin belajar coding atau desain saja maka akan banyak kita temukan bahwa banyak orang India yang sudah sangat canggih mempelajari teknologi. mereka dapat bekerja di perusahaan besar di amerika dan eropa bahkan gojek saja banyak memperkerjakan tenaga dari India.

selamat belajar coding dan bisnis online

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*