Siklus Proses Perencanaan Bisnis

saat ini kita akan membahas tentang siklus proses perencanaan bisnis, siklus dipahami dan dipelajari sebagai sebuah alur proses yang sistematis dalam sebuah organisasi sebagai sebuah bisnis.

Berdasarkan siklus proses perencanaan bisnis pada gambar dimulai dari (1) rencana, (2) aksi, (3) tindak lanjut, dan (4) Hasil. Untuk penjelasan sebagai berikut:

  • Rencana
    Dalam menjalankan suatu bisnis dibutuhkan perencanaan yang terbentuk dalam proposal perencanaan bisnis yang berisi berbagai langkah dan prosedur kegiatan yang berkaitan dengan bisnis dapat meliputi perencanaan pasar, perencanaan produksi, perencanaan pasar, perencanaan keuangan, perencanaan resiko, dan perencanaan kemitraan seperti investor atau partner business.
  • Aksi
    Setelah penyusunan proposal perencanaan bisnis selesai maka tahap berikutnya adalah aksi, yaitu melaksanakan dan
    mengimplementasikan isi dari proposal perencanaan bisnis.
  • Tindak lanjut
    Setelah aksi maka terjadi tindak lanjut atas aksi tersebut, misalnya ada penyelewengan atau keluar dari jalur dalam
    perencanaan bisnis maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan revisi dan perbaikan.
  • Hasil
    Hasil merupakan keluaran atau output yang berasal dari pelaksanaan perencanaan bisnis. Hasil yang diharapkan dalam suatu bisnis adalah diperolehnnya pendapatan dan keuntungan yang optimal. Keuntungan yang optimal ini akan di gunakan kembali untuk perencanaan bisnis periode selanjutnya.

Berdasarkan siklus proses perencanaan bisnis pada Gambar tentang siklus proses perencanaan bisnis dijelaskan masing-masing sebagai berikut:

  • Persiapan proses perencanaan,Dalam menjalankan suatu bisnis membutuhkan perencanaan yang terbentuk menjadi proposal perencanaan bisnis yang berisi berbagai langkah dan prosedur berkaitan dengan bisnis dapat meliputi perencanaan pasar, perencanaan produksi, perencanaan pasar, perencanaan keuangan, perencanaan resiko, dan perencanaan kemitraan seperti investor atau partner business.
  • Analisis situasi (faktor internal dan faktor eksternal), Isi dari tiap bagian-bagian perencanaan dalam proposal
  • perencanaan bisnis berisi analisis situasi. Situasi faktor internal adalah analisis kekuatan dan kelemahan dalam perusahaan, sedangkan situasi faktor eksternal dipengaruhi oleh peluang dan ancaman di luar perusahaan baik analisis internal dan eksternal perencanaan pasar, perencanaan produksi, perencanaan pasar, perencanaan keuangan, perencanaan resiko, dan perencanaan kemitraan.
  • Visi, Misi, dan Tujuan
  • Visi, misi, dan tujuan dalam Ayuningtyas (2013), sebagai berikut:

Visi adalah gambaran keadaan kehidupan atau yang dicitacitakan akan terjadi di masa mendatang.

Misi adalah alasan mendasar yang dimiliki oleh perusahaan mengenai alasan perusahaan tersebut didirikan dan ada.

Tujuan adalah penyederhanaan hal-hal yang harus dikerjakan untuk mewujudkan yang dicita-citakan.

  • Tindak lanjut,Setelah penyusunan proposal perencanaan bisnis sudah selesai maka tahap berikutnya melaksanakan dan mengimplementasikan isi dari proposal perencanaan bisnis. Adanya kegiatan yang tidak sesuai dalam perencanaan bisnis maka hal yang harus dilakukan segera kembali ke jalur perencanaan bisnis.
  • Penganggaran, Penganggaran adalah mendistribusikan dana untuk keperluan menjalankan dan mengimplementasikan proposal perencanaan bisnis yang telah disusun. Perencanaan bisnis juga digunakan untuk memperoleh dana atau penganggaran dari investor untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis yang disusun oleh pelaku bisnis yang tertuang dalam dokumen tertulis yang disebut proposal perencanaan bisnis.
  • Monitoring kegiatan, Monitoring kegiatan adalah kegiatan mengawasi kegiatan atas pelaksanaan dari proposal perencanaan bisnis yang telah disusun. Apabila ada penyelewengan atau kegiatan tidak sesuai dengan jalur maka dapat diarahkan ke jalur yang sesuai agar tepat dan efektif mencapai tujuan bisnis.
  • Review dan revisi perencanaan, Apabila persoalan dan tantangan berkembang dan tidak dapat diatasi dengan antisipasi yang sudah ditentukan dalam proposal perencanaan bisnis maka, pelaku usaha dapat melakukan analisis dan perbaikan proposal perencanaan bisnis agar tepat dan efektif mencapai tujuan bisnis.
About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*