Sembilan Komponen yang ada pada Perencanaan Model Bisnis

Sembilan Komponen yang ada pada Perencanaan Model Bisnis, Business Model Canvas (BMC) memiliki 9 komponen. Sembilan komponen bisnis model canvas sebagai berikut:

Customer Segments

Customer Segments yaitu masyarakat yang menggunakan produk atau jasa dari sebuah organisasi atau perusahaan sekaligus memberikan sumber pendapatan. Segmentasi pelanggan dipilih berdasarkan umur, profesi, perilaku, geografi dan penghasilan.

Anda harus memilih segmen yang nantinya akan anda layani. Sedikit perusahaan yang bisa melayani semua segmen yang ada, misalnya bisnis air minum dalam kemasan.

Aqua mampu melayani semua segmen pasar secara keseluruhan, sedangkan untuk milagros memilih sasaran segmentasi pasar yang kecil dari pasar air minum dalam kemasan.

Ada beberapa pilihan pasar, sebagai berikut:

a) Pasar Masal (Mass Market): apabila anda memilih pasar ini, berati anda melayani semua pihak yang membutuhkan produk atau layanan yang anda tawarkan, tanpa terkecuali misalnya produk mie instan merk indomie

b) Pasar ceruk (Niche market): pasar berukuran kecil dengan kebutuhan yang relatif unik misalnya perusahaan yang membuat pakaian adat dari suku jawa (kebaya saja)

c) Beberapa segmen (Segmented): pasar yang tampaknya memiliki kebutuhan yang mirip tetapi sebenarnya memiliki perbedaan misalnya dalam perbankan ada segmen perbankan eceran, segmen perbankan perusahaan dan segmen perbankan institusional.

d) Pasar yang beragam (Diversified): perusahaan yang bersangkutan melayani dua atau lebih segmen kebutuhan yang berbeda. Misalnya suatu persahaan menjual pakaian bermerk melalui toko retail ke pasar perorangan dan pada saat yang sama juga melayani pasar bisnis yang membeli dalam jumlah banyak dan besar.

e) Pasar bersisi banyak (Multi-sided markets): pasar ini melayani sedikitnya dua pasar secara bersama-sama dengan produk atau layanan yang berbeda tetapi saling berkaitan. Misalnya bisnis koran atau siaran radio niaga, pertama anda melayani pembaca dan pendengar, pada waktu yang sama anda melayani para pemasang iklan. Keduanya berkaitan karena dengan adanya pembaca dan pendengar maka para pemasang iklan akan tertarik untuk memasangkan iklannya di koran ataupun siaran radio niaga.

Value Propositions

Value Propositions adalah salah satu keunikan yang ada dimiliki perusahaan dan menjadi faktor mengapa produk atau jasa tersebut dipilih oleh pelanggan.

Ini memberikan peluang untuk memecahkan masalah dan maksimal dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan.

Value porposition yang anda tawarkan berkaitan dengan strategi konsep produk yang anda tentukan sebelumnya.

Umunya produk atau layanan memiliki bebebrapa sisi manfaat bagi penggunanya. Pilihlah salah satu yang paling berharga bagi segmen pasar yang dibidik nantinya.

Gunakanlah sisi tersebut sebagai value utama yang anda tawarkan. Misalnya, Vitamin E alami (d-alpha-tocophorel)
memiliki berbagai manfaat menarik seperti diantaranya:

  • Memiliki antioksidan yang kuat.
  • Sebagai pengecer darah.
  • Dan mempunyai efek meremajakan kulit.

Jika anda ingin berbisnis vitamin E, apakah semua manfaat tersebut akan anda gunakan sebagai value proposition untuk
konsumen?tidak.

Contohnya perusahaan farmasi di Jepang, Takeda, lebih memilih segmen yang menyasar dan menginginkan memiliki kulit halus dan lembut sehingga sisi pelembut kulitlah yang dipakai sebagai value proposition untuk konsumen dengan
produk vitamin E bermerk Evion. Hal yang sama juga dilakukanoleh perusahaan Daya Varia yang memproduksi
Nature-E. Pada jenis layanan atau produk yang sama, anda dapat memilih menwarkan nilai bagi pelanggan yang berbeda.

Channels

Channels atau saluran distribusi dapat berupa komunikasi, saluran distribusi dan saluran.

Penjualan tentang bagaimana perusahaan atau organisasi berkomunikasi dengan customer segmen dalam menyampaikan value proposition-nya, dengan tujuan untuk mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan
pelanggan baru.

Umumnya dalam saluran distribusi terlebih dahulu menentukan bagaimana anda akan meraih pelanggan dalam segmen sasaran anda?

ada banyak pilihan, dapat melalui penjualan secara langsung ataupun melalui pihak lainya. Pilihan tersebut bisa anda jalankan sendiri ataupun dengan memanfaatkan rekan usaha di luar bisnis anda. Contoh saluran distribusi dapat melalui:

  • Menjadi atau memperkerjakan tenaga penjual untukmenghubungi calon pembeli
  • Grosir: menjual kepada pedagang perantara yang selanjutnya akan dijula ke pengecer.
  • Penjualan melalui internet atau laman/situs
  • Menggunakan toko-toko milik orang lain
  • Membuat toko khusus untuk barang anda

Customer Relationship

Customer Relationship yaitu adanya pembinaan hubungan dengan pelanggan, dengan maksudd untuk memperoleh
pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, anda dapat memilih tingkat keakraban antar perusahaan adna dengan tiap-tiap pelanggan seperti:

  • Layanan Pribadi: setiap pelanggan dapat meminta bantuan dari perusahaan anda, misalnya dengan mengirimkan e-mail atau menelepon layanan konsumsi.
  • Layanan pribadi dengan petugas khusus: adanya pelayanan untuk melayani tiap pelanggan di tingkat perusahaan atau tingkat perusahaan.
  • Self-service: perusahaan tidak melayani pelangan tetapi mereka melakukan sendiri
  • Layanan automosi: lebih canggih dari pada self-service misalnya banyak bank yang memanfaatkan hubungan ini dengan pelanggan.
  • Komunitas: perusahaan mendukungadanya komunitas para pelanggannya sebagai sumber layanan dan pemecahaan masalah
  • Ko-kreasi: dalam menemukan solusi atau merancang produk atau layanan perusahaan melibatkan pelanggannya.

Revenue Streams

Revenue Streams yaitu menggambarkan perusahaan atau organisasi dalam mendapatkan penghasilan dari setiap customer segments. Aliran inilah yang mampu membuat sebuah organisasi atau perusahaan bisa tetap survive

Ada banyak pilihan untuk perusahaan agar mendapatkan uang dari pelanggannya seperti:

  • Menjual barang berwujud. Pilihan ini dilakukan hampir semua perusahaan yang menyediakan barang berwujud bagi pelanggannya seperti buku, makanan, mobil.
  • Harga berdasarkan pemakian. perusahaan akan mendapatkan uang dari penggunaan barang atau layanan selama masa tertentu misalnyapenyediaan layanan penyewaan mobil, kamar hotel, dst
  • Harga berdasarkan pelanggan. Cara ini menggunakan biaya yang berdasarkan periode tertentu. Contohnya pusat kebugaran banyak menggunakan ini.
  • Sewa-Beli. Cara ini menggunakan gabungan antara harga berdasarkan pelanggan, pelanggan mendapatkan akses untuk menggunakan produk dalam periode tertentu.
  • Lisensi. Pemasukan yang didapatkan dengan memberikan izin menggunakan hak intelektual perusahaan kepada pelanggan. Model ini sering dimanfaatkan di bisnis media.
  • Biaya perantara. Mendapatkan pendapatan dari menjadi perantara antara pihak penjual dan pembeli. Contohnya perusahaan penyedia kartu kredit dan agen penjualan ruko.
  • Biaya dari pemasangan iklan. Contohnya melalui koran, radio, majalah, televisi namun sekarang model ini menjadi lebih meluas misalnya iklan yang diselipkan di perangkat lunak atau film.
Business Model Canvas Examples - Buiness Model Example List
contoh Bisnis model canvas dari toyota

Key Resources

Key Resources umumnya menunjukan aset-aset terpenting dalam memenntukan tingkatan keberhasilan pengoperasian model bisnis perusahaan untuk memenuhi janji pada segmen pasar yang dipilih memerlukan sumber daya-sumber daya tertentu.

  • Sumber daya berwujud. Mencakup semua aktiva berwujud seperti peralatan dan mesin, bangunan, kendaraan.
  • Sumber daya intelektual. Contohnya hak paten, merk, jaringan rekan, hak cipta, dan database pelanggan
  • Sumber daya manusia. Sumber daya yang paling penting. Perusahaan manufaktur dan perusahaan layanan sering menggunakan sumber daya manusia dengan kualitas dan kualifikasi yang baik.
  • Sumber daya keuangan. Beberapa model bisnis memerlukan dukungan dalam sumber daya keuangan, contohnya agar mampu memberikan pendanaan bagi pembeli, mampu menjual dengan sistem kredit/debit dan bisnis yang memerlukan peningkatan jumlah dana tunai.

Key Activities

Key Activities adalah aktivitas utama yang menunjang keberhasilan suatu model bisnis dengan mengirimkan value
propositionn, saluran distribusi, hubungan pelanggan, dan sumber pemasukan uang yang dipilih sebelumnya. Kegiatan yang terpenting:

  • Produksi atau proses layanan. Untuk perusahaan manufakturing kegiatan ini adalah kegiatan utama
  • Pemecahan masalah. Umumnya banyak perusahaan yang menekankan pemecahan masalah sebagai nilai yang ditawarkan akibatnya kegiatan ini mendominasi operasional perusahaan mereka. Contoh perawatan kecantikan, rumah sakit, perusahaan konsulta, dst.
  • Jaringan atau platform adalah dasar transaksi. Contohnya Visa adalah perusahaan yang berdasarkan penyediaan platform bagi pembeli, pedagang atau bank yang penyelenggaran kartu kredit. Microsoft Windows yang menangani penyaji aplikasi dengan menggunakan sistem operasi

Key Partnership

Key Partnership yaitu sebuah akad kerjasama yang diprakarsai secara sukarela antara dua atau lebih perusahaan/organisasi untuk menyelesaikan proyek tertentu sehingga mampu mengurangi resiko, menghemat biaya dan memperoleh sumber daya yang tak dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.

Agar bisa melakukan kegiatan utama dan memiliki sumber daya diatas maka perusahaan membutuhkan rekan usaha seperti pemasok yang berhubungan dengan bisnis jangka panjang. Ada tiga pertimbangan penting mempunyai rekan usaha:

  • Optimalisasi dan ekonomi skala. Perusahaan dapat mengkurangi biaya dengan memindahkan sebagia sumber daya utama dan kegiatan utama kepada rekan usaha. Contohnya perusahaan manufaktur berukuran sedang memerlukan kemasan dengan cetakan, maka akan lebih ekonomis bagi perusahaan untuk menyerahkan kegiatannya kepada rekan usahanya yang ahli dalam hal ekonomi skala dan sumberdaya.
  • Mengurangi resiko dan ketidakpastian. Dalam pasar dengan persaingan ketat dan resiko serta ketidak pastian tinggi banyak perusahaan yang lebih memilih bekerja sama dengan pesaing-pesaingnya dengan menggunakan komponen dari rekan usaha yang sama. Contohnya pada bisnis komputer, menggunakan sistem perasi Microsoft Windows dan menggunakan prosesor-mikro produksi intel sebagai prosesor utama.
  • Akses ke sumber daya dan aktivitas tertentu. Dengan menggunakan produk atau layanan dari rekan usahanya, perusahaan tidak perlu melakukan kegiatan yang memerlukan keahlian tinggi dan skala ukuran.
Business Model Canvas: Complete business model on a single sheet of paper |  Ergomania UX and product design agency
Penjelasan Bisnis Model Canvas

Cost Structure

Cost Structure yaitu menggambarkan biaya apa saja yang muncul akibat dioperasikannya model bisnis ini untuk mencapai value proposition melalui key activities, key resources dan channel yang tepat.

Perusahaan memperoleh keuntungan dari penerimaan dikurangi penjualan dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan.

Ada dua cara untuk mengendalikan biaya, yaitu:

  • Menekan biaya (cost driven). Perusahaan memilih untuk menekan biaya. Contohnya perusahaan yang memilih model ini yaitu Air Asia dan Lion Air.
  • Menekan nilai (value driven). Perusahaan tidak terlalu mementingkan rendahnya biaya melainkan mereka menekankan tingginya nilai yang diciptakan bagi pelanggan mereka. Contoh perusahaan Mercedes-Benz dan BMW memilih pendekatan ini.

Empat karakteristik pentingnya biaya yaitu :

  • Biaya tetap: biaya yang dikeluarkan dalam jumlah yang sama setiap periode dan bukan bagian dari fungsi tinggi rendahnya penjualan. Contoh gaji karyawan, fasilitas manufaktur, sewa gedung.
  • Biaya variabel: biaya yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya tergantung pada produk atau layananyang terjual. Contoh biaya pengiriman, komisi penjualan, dst.
  • Ekonomi skala: keunggulan dari biaya perunit dengan meningkatkan volume kegiatan perusahaan. Contohperusahaan air dalam kemasan berukuran besar (Aqua) lebih sedikit menggeluarkan biaya dari pada perusahaan air kemasan skala kecil.
  • Ekonomi cakupan (economic of scope). Keunggulan biaya untuk perusahaankarena telah melakukan sesuatu dengan cakupan yang lebih luas. Contohnya biaya distribusi pabrik farmasi yang memproduksi satu macam obat dibandingkandengan Dexa Medica atau Kalbe Farma yang memproduksi banyak macam obat.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*