Riset Pasar dan Informasi Pemasaran

riset pasar dan informasi pemasaran

Setiap bisnis yang dijalankan saat ini memerlukan adanya informasi yang lengkap untuk menghindari adanya kesalahan dalam membuat keputusan. keputusan bisnis memang bukan sebuah hitung-hitungan sederhana, melainkan sebuah kebijakan yang diambil dengan alasan yang matang.

riset menjadi penting diera sekarang ini dikarenakan kompleksitas ekonomi dan bisnis saat ini mengharuskan mencurahkan riset yang baik terkait penentuan bisnis saat ini.

mungkin produk kita sudah merupakan produk yang memenuhi standar, diantara pesaing sesama produk bisa dikatakan kita sudah unggul. namun, dalam bisnis semua tidak bisa di pastikan bahwa bisnis kita akan berhasil.

para konsumen rata-rata atau malah sebagian besar tidak mengetahui kebutuhannya, dan bila mereka sudah memahami kebutuhannya, mereka tidak tahu mau membeli di mana. disanalah riset pasar diperlukan.

apa itu riset pasar?

riset pasar sendiri adalah segala aktifitas yang dilakukan dalam upaya mengetahui seberapa besar potensi sebuah produk diterima pasar dan apa kendala dan keuntungan yang akan dihadapi kemudian. riset pasar sendiri terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya adalah :

  1. mencari tahu tentang pasar
  2. target market
  3. pesaing
  4. lingkungan bisnis
  5. potensi
  6. kebutuhan konsumen
  7. dan banyak lagi

kebutuhan riset semata-mata bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah kegiatan pemasaran.

ada beberapa langkah yang terdapat dalam riset pasar diantaranya adalah :

  1. perumusan masalah
  2. Tujuan riset pasar
  3. pengumpulan data
  4. analisis data
  5. interpretasi hasil riset pasar

dari hasil interpretasi atau penilaiai setelah melalukan pengamatan dan perangkuman maka dapat diputuskan produk seperti apa yang akan di lauching di pasaran.

sementara itu ada informasi yang penting dalam melakukan riset pasar diantaranya adalah :

  1. karakter pelanggan
  2. tingkat kebutuhan produk
  3. pesaing
  4. kendala-kendala

jadi, sekarang ini anda perlu mengetahui bahwa dalam riset pasar segala sesuatu yang dirasa perlu dalam menunjang proses launching produk perlu di lakukan riset.

disini terdapat 3 metode riset pasar yang sering di lakukan oleh para periset pasar diantaranya adalah :

  1. kuisioner, disini kita dapat mengetahui bahwa sebuah riset pasar biasanya sering dilakukan dengan sebuah kuisioner. kuisioner yang ada pun bisa bermacam-macam mulai dari skala a sampai e atau malah jawaban singkat.
  2. FGD (Focus Group Diskusion) metode ini di lakukan pada sample secara acak yang kemudian di undang untuk melakukan diskusi dan dicari hal essensial dari sebuah problem yang di bahas diawal.
  3. Survei, survey adalah sebuah pertanyaan yang dilakukan secara acak pada konsumen dengan mendatangi konsumen ditempatnya berada, survey biasanya dilakukan untuk melihat langsung sekaligus mengumpulkan data sehingga mudah dalam menarik kesimpulan.

hasil dari semua itu adalah informasi pasar yang berharga bagi perusahaan untuk pengambilan sebuah keputusan.

sekian.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*