Lingkungan PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Lingkungan PEST merupakan lingkungan yang meliputi kondisi lingkungan makro, yaitu politik/hukum, sosiokultural, perekonomian, dan teknologi. Lingkungan politik yang terdiri dari peraturan pemerintah, undangundang, dan kelompok mempengaruhi keputusan marketing.

Lingkungan ekonomi mempengaruhi kemampuan/daya beli dan pola pembelian konsumen. Lingkungan sosial budaya terdiri dari lembaga dan kekuatankekuatan lain yang dapat mempengaruhi nilai-nilai dasar, persepsi, pilihan, dan tingkah laku masyarakat.

Lingkungan teknologi yang baru dapat menciptakan pasar dan peluang baru (Kotler & Armstrong, 1997). Berikut
penjelasan masing-masing lingkungan PEST menurut Ward and Peppard (2002), yaitu sebagai berikut:

Lingkungan Politik/Politic

Lingkungan politik (politic) dapat mempengaruhi inti dari suatu bisnis organisasi karena berbagai faktor-faktor yang berasal dari berbagai kebijakan pemerintah, hukum, dan berbagai aturan yang bersifat formal dan informal dari lingkungan tersebut. Fokus yang ada pada faktor politik adalah stabilitas politik, hukum, peraturan, dan undang-undangan yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Lingkungan Ekonomi/Economic

Lingkungan ekonomi (economic) meliputi faktor-faktor lingkungan perekonomian itu sendiri, keuangan negara, tingkat kesejahteraan, daya beli masyarakat, kebijakan ekonomi, globalisasi ekonomi, pemerataan pembangunan, Sumber Daya Alam (SDA), serta Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi faktor eksternal bidang ekonomi yang mempengaruhi lingkungan perusahaan.

Faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi lingkungan meliputi pertumbuhan ekonomi dan besarnya biaya-biaya
yang ditawarkan.

Lingkungan Sosial/Social

Lingkungan sosial (social) dalam lingkungan eksternal memiliki pusat pada penilaian dan sikap konsumen/pengguna jasa terhadap perusahaan itu sendiri. Faktor lingkungan sosial secara umum meliputi kebudayaan, demografi, pendidikan, tenaga kerja, kesehatan, keluarga, etnis, agama, waktu, dan gender.

Faktor-faktor sosial dan budaya berdampak langsung terhadap sikap masyarakat, konsumen, dan perilaku bisnis. Tren sosial juga berpengaruh besar terhadap operasional perusahaan, tentunya perkembangan yang berasal dari social masyarakat dapat menjadi acuan bagi perencanaan dan strategi peningkatan kinerja perusahaan.

Lingkungan Teknologi/Technology

Lingkungan atau kondisi teknologi dapat mempengaruhi bahan baku, operasional, produk, dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Perubahan teknologi memberikan peluang (opportunites) dan ancaman (thtreaths) terhadap hasil produk, pelayanan, dan jasa yang diberikan.

Era informasi dan komunikasi saat ini mampu mengintegrasikan proses sehingga mempercepat proses internal suatu perusahaan.

Teknologi mampu menggabungkan kehandalan keterampilan fungsional dengan kecepatan proses sehingga memberikan keunggulan kecepatan, efisiensi, dan mutu proses integrasi dalam pelayanan pelanggan.

Pemerintah melalui berbagai kebijakan dan undang-undang menjadi acuan dalam perubahan teknologi
dengan melakukan inovasi dan mengadopsi teknologi merupakan langkah penting dalam era teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Teknologi yang digunakan ini mengacu pada sarana yang telah dipilih untuk memberikan efektivitas suatu proses, mencakup berbagai macam perkembangan baru yang mengubah pola, sistem, dan proses, serta untuk perbaikan dalam bahan, desain, dan metode.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*