Pemasaran online menggunakan perangkat mobile

Mobile marketing sangat mendunia pada tahun 80-an dan awal 90-an. Bahkan sampai tahun 2000, marketing menggunakan mobile masih mendominasi promosi semua bisnis. Tehnik marketing tersebut adalah SMS, yang mungkin sampai sekarang masih ada dari kalian yang masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi. Walaupun sekarang penggunaan SMS jauh berkurang dibandingkan 5 tahun atau 10 tahun yang lalu, bukan berarti trik marketing ini jauh berkurang. Malah mobile marketing sekarang menjadi salah satu alat marketing yang sangat ampuh. Bab ini akan fokus membahas tentang mobile marketing.

Pemasaran Mobile

Pemasaran mobile adalah penggunaan media seluler berupa handphone atau tablet dengan sistem operasi android atau IOS sebagai alat komunikasi pemasaran. Pemasaran mobile merupakan saluran distribusi dari setiap jenis pesan promosi atau iklan kepada pelanggan melalui jaringan nirkabel. Pemasaran mobile sendiri seperangkat praktek yang memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan.

Mobile marketing merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan dan mengiklankan produk untuk konsumen sehingga meningkatkat keuntungan dari bisnis apapun. Mobile marketing juga popular sebagai iklan SMS. Hal ini efektif dalam arti bahwa cara ini memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens mereka. Ini merupakan promosi interaktif yang sangat relevan dalam iklan saat ini. Mobile marketing juga dikenal sebagai pemasaran nirkabel. Meskipun belum tentu nirkabel mobile dapat mengasked infomasi yang sama melalui computer desktop di rumah ataupun dikantor.


mobile marketing mulai muncul kepermukaan sebagai medium alternatif yang lebih personal dan lebih murah biayanya. Melaui media mobile ini, sebuah perusahaan atau produk dapat memilih target audiens berdasarkan lokasi, kegemaran pengguna, demografi dan lain sebagainya dengan memanfaatkan teknologi mobile tersebut. Beberapa media yang sering digunakan adalah SMS. SMS sendiri memungkinkan perusahaan atau brand mengarahkan produk mereka ke spesifik audiens. Lalu ada juga media lain yaitu aplikasi mobile yang juga bisa diarahkan ke spesifik audiens dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Banyak produk-produk yang sudah memanfaatkan aplikasi mobile untuk mempromokan produk mereka lewat aplikasi games, utility, atau bahkan themes handphone.

Jenis-Jenis Pemasaran Mobile

Sms Marketing

SMS Marketing merupakan Jenis periklanan yang masih awal dan menjadi referensi periklanan sampai hari ini, yang menggunakan Short Message System (SMS) sebagai dasar promosi periklanan. SMS Marketing masih dianggap periklanan yang efektif walaupun perkembangan Media sosial yang terus berkembang. Selain itu, dalam pesan masih menjadi tempat sentral yang sering dibuka ketika membuka sebuah aplikasi. SMS sendiri masih menjadi dasar dalam menggunakan internet dan akses beberapa aplikasi. Penggunaan SMS dapat menguatkan promosi sebab SMS memungkinan orang langsung membacanya, promosi yang baik akan menguatkan usaha promosi menjadi lebih murah dan efektif.

Cara beriklan melalui SMS dapat melalui beberapa cara diantaranya adalah :

Mengamati SMS yang sering dibaca dan menarik perhatian


SMS yang menarik menjadi perhatian bagi para pengiklan, sebab dalam SMS tidak tersedia video, audio, dan gambar. Text menjadi kalimat kunci mensukseskan sebuah iklan di SMS untuk itu membuat kata-kata menarik dalam sebuah iklan SMS menjadi hal yang penting. Penggunaan kata yang tidak terlalu panjang, membuat kata efektif, dan mudah di pahami menjadi syarat sebuah iklan SMS menjadi sukses. Saat ini, SMS Marketing masih dikenakan untuk iklan-iklan seperti pemberian diskon, kuis, dan pengumuman penting perusahaan. Sifat SMS yang langsung ke dalam sebuah perangkat tanpa ada spam dan sebagainya membuat SMS marketing masih diminati ditengah perkembangan teknologi.


Buat List Nomor Handphone Sasaran

Membuat list dan database adalah hal yang utama, membangun jaringan dalam hal ini menjadi penting. Untuk mendapatkan nomor kontak yang aktif tentu banyak digunakan cara dan trik agar nomor yang didapat bukan nomor yang salah atau palsu. Rata-rata SMS masih digunakan untuk mendaftar sebuah website masih menggunakan SMS sebagai alat konfirmasi kode pendaftaran. Tujuannya agar kita mendapatkan nomor yang benar-benar terhubung ke pengguna. Nomor tersebut dapat digunakan untuk beriklan dikemudian hari.


Pemilihan provider yang tepat

Provider memiliki jangkauan pengguna yang berbeda-beda, selain itu dalam sebuah provider terdapat kelas ekonomi bahkan sosial penggunanya. Terdapat provider yang banyak digunakan kalangan remaja, pekerja, bahkan eksekutif tentu pengguna tersebut menggunaka provider yang berbeda. Penggunaan provider yang tepat juga dapat membantu menjangkau banyak konsumen setelah mengetahui siapa yang akan membeli produk kita? Dan berpotensi membeli produk kita. Menggunakan provider yang menggunakan biaya minimalis akan membuat sebuah iklan menjangkau lebih luas sehingga potensi penjualan barang lebih tinggi lagi.


Kata-kata yang tepat dan akurat

Kata yang tepat dan terarah dapat menjadikan konsumen dapat langsung menyerap informasi dan mengambil sebuah tanggapan. Iklan dalam sebuah SMS akan mempengaruhi penjualan selama kata-kata yang digunakan benar-benar efektif dan langsung tertuju kepada maksud perusahaan.

Closing yang terarah

Hal yang terpenting dalam membuat sebuah iklan SMS adalah Closing yang jelas dan dapat dipahami oleh pengguna. Hal ini berkaitan dengan tindakan konsumen bila menginginkan sebuah produk. Kadang ditemukan SMS yang menarik namun ternyata tidak terdapat informasi yang cukup bagaimana cara membeli produk tersebut atau menanyakan bila ada yang kurang jelas. Mencantumkan nomor telephone menjadi hal yang penting dalam membuat closing yang baik.

bentuk SMS Promotion, model iklan yang sempat ramai

Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile adalah sebuah alat digital dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari Pemasaran, berjualan, belajar, hiburan, mengerjakan pekerjaan, browsing dan lain sebagainya.

contoh tampilan mobile yang mempermudah konsumen mengakses. Sumber : https://digitalmarketer.id/traffic/5-langkah-sederhana-untuk-memulai-mobile-marketing)

M-Commerce

Internet telah membuat kemajuan besar dalam e-commerce selama beberapa dekade terakhir dan perdagangan berbasis web di beberapa negara UE telah menyumbang hampir sepertiga dari total perdagangan, perdagangan seluler juga mengalami perkembangan besar karena berbagai penyebab. Mobile commerce adalah bagian dari e-commerce yang dibuat secara khusus melalui perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet. Selain pembelian dan penjualan barang dan jasa, bentuk perdagangan internet ini juga termasuk pembayaran melalui smartphone dan tablet (pembayaran mobile). Selain itu, M-Commerce juga mentransfer kepemilikan dan hak penggunaan dan memulai transaksi bisnis.

M-commerce salah satu kemudahan dalam bertransaksi (sumber : http://www.blog.brsoftech.com/how-to-mcommerce-boost-your-business/)

QR-Codes

QR Codes menyerupai barcode kecil berbentuk kotak yang bermunculan di semua tempat. Untuk perkenalan lebih dalam mengenai QR Codes, Anda dapat mencari dengan keyword “How QR Codes Can Grow Your Business”. QR mempermudah seseorang untuk mengakses informasi tanpa mencari, hanya tinggal menyorot sebuah kode batang maka informasi yang diinginkan akan ditampilkan. Perangkat mobile memang didesain dengan tampilan yang lebih kecil dan fleksibel sehingga bila tampilan yang dihasilkan sulit dicari maka hal tersebut akan mudah menjadi penyebab gagalnya sebuah pemasaran. QR Codes (atau berkaitan erat dengan EZ Codes, Microsoft Tags, SPARQCodes, dll) dapat di-scan oleh smartphone. Ketika di-scan, mereka akan mengarahkan Anda ke halaman web mobile yang menawarkan kupon diskon, bonus konten, penawaran khusus atau beberapa konten tambahan lainnya.

QR codes salah satu kemajuan dari applikasi mobile (sumber : https://www.imore.com/how-use-qr-codes-ios-11)

Strategi Pemasaran Pada Mobile Market

Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan cara menghasilkan konten yang bertujuan untuk memberi informasi kepada target (konsumen) yang bersifat persuasi, atas produk yang dipasarkan. Persuasi adalah ajakan dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik untuk meyakinkan. Menurut The Copyblogger, strategi content marketing adalah membuat pelanggan lebih memahami perusahaan itu sendiri.“Then they will “know-like-trust” the company to be able to do business with in the future”(The Copyblogger 2013 dalam Duc Le M).pemasaran konten bukan sebagai strategi memasarkan produk atau jasa secara langsung melainkan usaha penciptaan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian.

content marketing membantu mempengaruhi konsumen dalam memutuskan membeli sebuah produk (https://www.kanal.web.id/2017/07/pengertian-content-marketing-pemasaran.html)

User Friendly

User friendly berasal dari 2 suku kata yaitu “user” adalah pengguna dan “friendly” adalah bersahabat. Maka dapat diartikan sebagai pengguna yang bersahabat. User friendly merupakan kemudahan dalam pengoperasian sistem operasi terutama dalam komputer dan aplikasi untuk memudahkan agar kita tidak perlu bersusah payah, karena tool dalam sistem operasi dibuat untuk mempermudah pekerjaan kita. User Friendly didapatkan melalui analisis kebutuhan dari konsumen, pernahkan anda menggunakan windows 8, jika pernah maka pihak Microsoft pernah kesulitan menjual produk tersebut lantaran pada windows 7 dan 8 memiliki perbeda yang cukup jauh, sebagai contoh di windows 8 tidak terdapat tools “start” dimana pada windows 7 para pengguna sangat familiar dengan tombol di kiri bawah ini. Akhirnya windows 10 hadir untuk mempermudah para pengguna dengan tombol “start” bergambar windows di kiri bawah sekaligus tidak membuang desain windows 8.

salah satu tampilan windows 8 dan windows 10 yang terus memperbaiki tampilan agar user friendly ( sumber :bt.com)

Continuos Marketing

Continuous Marketing atau pemasaran berkelanjutan menekankan pada aktifitas promosi di jejaring media sosial, fungsi mobile yang dekat dengan media sosial membuat pemasaran dan penjualan menjadi lebih optimal. Akan menjadi lebih baik lagi jika para pelaku bisnis melakukan analisa data seperti mengerti demografi feedback pelanggan, termasuk opini mereka untuk tetap berinovasi dan menemukan konsep produk bisnis yang sesuai dengan apa yang pasar inginkan.

Integrated Digital Marketing

Integrated Digital Marketing adalah salah satu strategi pemasaran online dimana semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Artinya, semua cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran melalui online dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seperti contoh, membuat blog atau website, melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tentu dibutuhkan orang-orang yang mengetahui seluk beluk dunia digital termasuk juga dunia marketing.

Visual Marketing

Visual marketing adalah Pemasaran yang mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen. Visual marketing tidak hanya di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram, Pinterest, bahkan YouTube. Tentu, dibutuhkan banyak pihak untuk bekerjasama untuk bisa menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengundang konsumen.

Personalized Marketing

Personalized marketing adalah mengedepankan konsumen secara personal. Oleh sebab itu, disebut juga sebagai one to one marketing. Strategi marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih tertarget. Tapi, dibutuhkan software khusus agar sistem pemasaran ini berjalan sesuai rencana.

Teknik membuat mobile aplikasi untuk website (Praktek)

Kebutuhan dalam membuat website menjadi aplikasi mempermudah dalam pemasaran dan penjualan barang. Hanya saja saat ini perlu keahlian khusus seperti bahasa pemrograman java dsb untuk membuat tampilan sebuah website menjadi aplikasi. Dibawah ini kita akan membuat website kita dapat diakses menjadi aplikasi, berikut cara membuatnya dengan menggunakan appsgeyser.com.

  • Pertama ketik pada URL “appsgeyser.com sehingga tampilan website menjadi seperti dibawah ini.
  • Klik Create APP untuk memulai, tampilan akan menjadi seperti dibawah ini, bila anda ingin mengubah sebuah website menjadi tampilan aplikasi silahkan pilih “ website”.
  • Tampilan website yang akan di konversi menjadi sebuah aplikasi. Website ini menawarkan kemudah untuk merubah tampilan website anda dan melengkapinya dengan fitur-fitur yang diinginkan.
  • Isi nama aplikasi dan deskripsi tampilan yang akan muncul pada App Store.
  • Setelah semuanya selesai, anda akan diminta untuk melakukan login menggunakan facebook atau email aktif seperti google, yahoo, dll.
  • Website akan segera dikonversi kedalam bentuk aplikasi bila semua syarat telah terpenuhi, anda dapat langsung mendaftarkan aplikasi anda pada google app store melalui website ini, terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah tampilan dalam google app store.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*