Mike Lazaridis, sang suksesor Blackberry

Mihalis Lazaridis yang dikenal Mike Lazaridis sukses membangun RIM (Research in Motion) yang pernah fenomenal di dunia terutama produk awalnya sangat menguasai pasar Kanada dan Amerika. Ia kelahiran Istambul, Turki pada tanggal 14 maret 1961. Kedua orang tuanya keturunan Yunani, pada usia 5 tahun orang tuanya membawanya pindah ke Kanada.

Mike adalah seorang kutu buku, aktivitas hariannya sejak kecil adalah membaca buku diperpustakaan sekolahnya. Pada usia 12 tahun ia  mendapat penghargaan karena telah membaca seluruh koleksi perpustakaan umum Windsor. Usia SMA Mike fokus mempelajari elektronik sehingga ia di kenal oleh gurunya sebagai ahli teknologi karena mampu menjawab pertanyaan guru-guru nya.

Melanjutkan di Universitas of Waterloo, Ontario-Kanada pada tahun 1979 mengambil jurusan elektro. Mike merupakan orang yang sangat fokus pada bidangnya, pada tahun 1984 Mike ikut lomba tender di perusahaan raksasa otomotif general motors, proyek nya membuat jaringan komputer pada display pengontrol mobil membuatnya mendapat kontak kerja senilai US$ 500 Ribu. Dengan modal tersebut ia dapat banyak wawasan dan bersama temannya Mike Barnstijn dan Douglas Fregin mendirikan Research In Motion (RIM). Terlalu sibuk mendirikan RIM Mike di dropout dari sekolah padahal Ia tinggal wisuda.

Gagal lulus Mike terus mengembangkan RIM hingga tercipta Blackberry yang memiliki keunikan PIN yang berbeda ditiap perangkatnya. Hingga tahun 2010 RIM mencatat penjualan lebih dari 100 juta unit BlackBerry. Siapa menyangka Mike Lazaridis sukses membangun bisnis padahal ia gagal di bangku kuliahnya, kesuksesan memang perlu pengorbanan dan Mike Lazaridis mendapatkan imbalan yang tak ternilai dari pengorbanannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*