Menjadi Blogger yang disukai

Menjadi blogger yang disukai kadang bukan hal mudah? banyak yang sudah banyak menulis namun belum mendapatkan pembaca. saya pun mengalaminya. saya coba cari tahu blogger seperti apa yang disukai oleh para pembacanya.

nah ternyata ada kriteria menjadi blogger yang disukai oleh pembaca. apalagi di era SEO seperti sekarang ini, penulis yang berbakat pun sulit untuk dibaca oleh orang yang menginginkan tulisan kita dibaca. apalagi setiap blogger tentu punya keunikan masing-masing dalam menulis.

saya coba membedah blogger seperti apa yang disukai pembaca, berikut analisa sederhana saya dari pengalaman saya pribadi seperti apa blogger yang disukai oleh pembacanya.

Pembaca setia/return visitor

apakah ada pembaca setia anda? kita dapat mengetahui siapa saja yang sering membaca website kita. memiliki niche yang konsisten akan membuat para pembaca memiliki referensi yaitu website kita sendiri. return blog sendiri adalah pengunjung blog yang melakukan kunjungan blog lebih dari satu kali, atau bisa dikatakan melakukan kunjungan secara berulang.

aplikasi seperti google analytic menjadi web yang sesuai untuk mengecek kunjungan blog kita. web ini menggambarkan secara detail kunjungan seseorang pada blog yang kita miliki. bila blog masih sepi pengunjung akan terlihat dengan jelas.

oleh sebab itu, google analytic menjadi barometer kita untuk terus memperbaiki website kita agar semakin menarik dan mendapatkan pembaca yang konsisten mengunjungi blog kita.

bounce rate rendah

bounce rate adalah seberapa lama mereka berada dalam blog kita. kadang ada orang yang membuka website kita, namun karena mereka merasa blog kita tidak memberikan manfaat kepada mereka. mereka langsung cabut atau beralih ke website lain. bounce rate atau istilahnya pantulan yang tinggi maka bisa dibilang blog kita kurang menarik.

cara yang sering dilakukan oleh para blogger atau websiter adalah dengan memberikan anchor text ( text ke link tulisan yang memikat) atau dengan membangun link pada setiap artikel atau building link.

bila bounce rate pada website kita sudah rendah dapat di katakan website kita sudah bagus.

durasi pembaca/ average session duration

pembaca pada blog pada umumnya menerapkan teori F dalam membaca. teori ini di temukan hanya pada teknologi aplikasi atau artikel web. teori F adalah seseorang membaca hanya pada baris pertama dan kedua selanjutnya menscrole bacaannya pada ujung kalimat. nah, durasi pembaca akan rendah disini.

bagaimana cara agar durasi pembaca agar baik? jawabannya adalah dengan membuat artikel semenarik mungkin dan bermanfaat untuk banyak orang. semakin bermanfaat website anda akan semakin baik durasi pembaca anda.

Komentar

Komentar merupakan tanggapan dari para pembaca anda. semakin banyak komentar yang diberikan artinya artikel kita memang benar-benar menarik. kita bisa cek di dalam blog kita, berapa banyak komentar yang ada, apakah organik atau natural. organik dalam arti kita meminta seseorang untuk memberikan komentar, atau secara natural orang yang ingin berkomentar tanpa ada paksaan atau target tertentu.

komentar juga meningkatkan rangking kita di pencarian google loh. jadi jangan anggap remeh ya komentar pada blog kita

share

artikel yang kita buat bila bermanfaat akan di share, sukur-sukur bisa viral sehingga meningkatkan website kita. share menjadi indikator kebermanfaatan website kita.

backlink

apa itu backlink, adalah seseorang yang mereferensikan artikel pada websitenya. para blogger bahkan menyewa jasa backlink tujuannya adalah agar website kita unggul pada pencarian yang ada.

 

bagi kita blogger pemula, kuncinya adalah terus memberikan manfaat bagi para pembaca agar website kita semakin menarik dan menjadi solusi bagi para pembaca.

sekian terimakasih

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*