Mengoptimalkan Gambar tanpa mengurangi kinerja web

Mengoptimalkan Gambar tanpa mengurangi kinerja web

ternyata mengoptimalkan gambar sebelum di unggah dapat membuat kecepatan wordpress anda berkurang.

gambar yang jernih dan baik memerlukan paket data yang besar, kadang membuat kinerja website menurun.

saat para pemula blog seperti saya, sering mengupload gambar yang berukuran besar namun tidak memperhatikan dampaknya bagi kinerja website yang dikelolanya.

diartikel ini kita coba sama-sama praktikkan bagaimana mengoptimalkan gambar sebagai upaya rutinitas sebagai blogger.

apa itu mengoptimalkan gambar ?

optimasi gambar adalah proses menyimpan dan mencantumkan gambar pada blog yang kita kelola dengan memperkecil ukuran file gambar namun tidak mengurangi kualitas gambar tersebut.

walaupun terkesan banyak membuang waktu, namun tujuan utama dari website yang terlihat elegan namun tidak mengurangi kualitas gambar membuat sebuah website kita terlihat lebih profesional

baca juga : pemasaran online menggunakan mobile

berikut adalah gambar yang optimal dengan tidak optimal :

Mengoptimalkan Gambar tanpa mengurangi kinerja web

kiri dan kanan gambar punya ukuran yang berbeda, sebelum dioptimalkan jenis gambar membuat kinerja web menjadi lebih lambat namun setelah mengalami kompresing dan kualitas gambar tidak banyak berkurang website akan semakin baik.

Mengapa mengoptimalkan gambar begitu penting?

mengoptimalkan gambar menjadi sangat penting, sebab website berkaitan dengan para pembaca kita, bila website kita lambat tentu para pembaca akan lari dari website kita dan menyebabkan boucing rate kita tinggi, atau angka orang yang meninggalkan website kita dengan cepat.

baca juga : membuat blog dan memulai penghasilan anda

berikut begitu pentingnya mengoptimalkan gambar diantaranya adalah :

  1. website menjadi lebih cepat
  2. ranking SEO jadi berpengaruh positif
  3. penjualan anda semakin optimal sebab gambar yang ditayangkan tetap baik
  4. lebih sedikit menyimpan data ( hemat hosting)
  5. cadangan website jadi lebih optimal

setelah video gambar menjadi yang membuat kinerja website melambat, kecuali anda merupakan pemilik website terkenal dengan server melimpah seperti youtube, facebook, atau images.

alasan yang membuat SEO sebuah website jadi lebih baik menyebabkan tidak ada pilihan selain mengoptimalkan gambar website kita.

hasil penelitian atrangeloop, loading lebih lama satu detik dalam waktu memuat sebuah data dari web dapat membuat Anda 7% dari penjualan menurun, 11% lebih sedikit dari sisi tampilan halaman, dan 16% penurunan dalam kepuasan pelanggan.

lalu bagaimana cara mengoptimalkan gambar?

inti dari mengoptimalkan gambar adalah bagaimana melakukan kompresing gambar secara maksimal dengan penurunan kualitas gambar yang minimal.

jadi kalau gambar anda memiliki kualitas yang rendah itu juga tidak baik buat website anda, atau malah website tanpa gambar juga kurang baik juga.

berikut hal yang penting dalam mengoptimalkan gambar diantaranya adalah :

  1. format file gambar
  2. kompres gambar
  3. dimensi gambar / luas gambar

kita mulai dari nomor 1 yaitu tentang format file gambar

1# format file gambar

format gambar paling banyak di kenal saat ini adalah JPEG, GIF dan PNG, ketiganya punya perbedaan yang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing namun tidak dibahas disini.

karakteristik utama dari jenis file diatas adalah JPEG untuk gambar kaya warna, PNG untuk gambar transparan biasanya logo, foto diri, dsb, sementara itu GIF untuk gambar animasi.

  • JPEG merupakan gambar yang dikompress kualitas lebih rendah dan file lebih kecil
  • PNG tidak memiliki kompress sehingga file PNG biasanya lebih besar
  • GIF biasanya gambar yang dikompress dan memiliki resolusi rendah sehingga dapat menjalankan animasinya dengan baik.

2# Kompres gambar

hal selanjutnya yang penting adalah kompres gambar, mau tidak mau hal ini perlu juga dilakukan, walaupun kadang ada yang manual sampai semi otomatis kompres gambar tetap memainkan peranan yang penting.

cara 1: menggunakan adobe photoshop adalah pilihan terbaik untuk anda yang menguasai desain dan editing.

cara 2: sementara, jangan berkecil hati powerpoint juga menyediakan kompresi gambar yang baik, caranya cukup mudah ,tinggal memasukkan gambar pada powerpoint anda, klik kanan pada gambar yang telah dimasukkan ke powerpoint, kemudian pilih save for web, maka gambar yang anda miliki terkompres secara otomatis

cara 3: kirim gambar anda melalui whats app, kemudian download gambar melalui web.whatsapp, namun harus tetap berhati-hati, sebab untuk gambar resolusi rendah maka kualitas gambar akan menurun tajam, untuk anda pengguna kamera DRSL atau RSL cara diatas sangat membantu.

mudah-mudahan saya sempat membahasnya dibawah artikel ini.hehehe

beberapa alat yang dapat anda gunakan untuk mengkompress gambar anda diantaranya adalah :

GIMP

GIMP layaknya adobe photoshop versi online anda dapat menggunakannya untuk mengoptimalkan gambar pada website anda. GIMP merupakan website editing online yang akan mudah digunakan khusus untuk anda yang hobi desain grafis, dan cukup sulit untuk anda yang pemula apalagi awam.

TinyPNG

TinyPNG merupakan rekomendasi saya, kompres yang mudah ditawarkan oleh tinyPNG anda cukup melakukan drag and drop pada tempat yang telah di sediakan kemudian anda tentukan akan seperti apa kualitas gambar yang akan diturunkan.

Penutup

sekian dulu share dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda terkait pengembangan website dan kegiatan blogging anda. bila anda ingin serius dan mendapatkan hasil optimal blog anda mulai sekarang cara diatas harus anda lakukan.

apalagi SEO pada website akan sangat berpengaruh dari seberapa cepat sebuah website di akses. selamat mencoba

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*