Mengenal Start Up Istilahnya

Bisnis terus mengalami perkembangan, dahulu standard kekayaan seseorang adalah bila Ia memiliki banyak tanah, kemudian bergeser menjadi siapa yang pemilik banyak modal, bergeser lagi siapa yang memiliki banyak aset.

popularitas smartphone seperti tak terbendung, selain untuk berkomunikasi kini fungsi smartphone meluas untuk berjualan, berbelanja, atau mencari informasi seputar dunia kerja sampai pendidikan. layanan aplikasipun berkembang pesat. disinilah perusahaan start up semakin berkembang pesat.

Nah sekarang setelah era teknologi yang semakin pesat muncullah istilah start up yang kemudian menjadi istilah asing baru sekarang ini. Teknologi internet yang semakin mudah diakses melalui perangkat Gadget. Perkembangan teknologi ini menjadi faktor utama pendukung start up berkembang hingga hari ini.

Lalu apa itu start up? Startup merupakan kata dari Bahasa Inggris yang berarti ‘memulai sesuatu’. Sedangkan bisnis startup sendiri menurut mbah Google adalah ‘sebuah usaha kewirausahaan atau bisnis inovatif dalam bentuk perusahaan.

Start Up menurut Wikipedia yang merupakan website definisi dan pengetahuan yang langsung di buat oleh para user Wikipedia sendiri memberikan definisi Start up sebagai berikut :

startup adalah perusahaan merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Rasanya definisi tersebut masih harus disempurnakan lagi, walaupun sudah mewakili perkembangan start up itu sendiri. penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya, terjadi disebabkan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com.

buble dot-com  adalah  sebuah Fenomena dalam dunia internet dimana buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan membuat halaman internet dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya.

syarat startup sendiri minimal ada 3 faktor : Founder, investor, dan produk. gojek, traveloka, dan tokopedia adalah bisnis startup yang sudah berevolusi menjadi unicorn. istilah yang ramai kemudian setelah presiden jokowi membahasnya pada saat debat capres putaran ke-dua. unicorn sendiri merupakan sebutan untuk koorporasi yang nilainya lebih dari 1 trilliun rupiah.

sebuah startup tidak akan berkembang tanpa adanya angle investor yang merupakan pemasok dana utama. apa kelebihan dari angle investor. investor inilah tentu yang akan mendapatkan keuntungan paling besar seandainya startup benar-benar berhasil dan tentu mendapatkan modal dari perusahaan besar seperti modal venture.

Kemudian era Android dimana aplikasi menjadi sebuah sistem baru dalam dunia internet, ditambah arah pergerakan dimana basis ekonomi ditarik kedalam sebuah aplikasi yang lebih mudah diakses dari manapun membuat start up berkembang pesat. Sebagai contoh aplikasi Gojek dimana menarik sistem transportasi yang ditarik dalam aplikasi.

Diantara karakteristik Start Up diantaranya adalah :

  1. Kategori perusahaan baru
  2. SDM yang minimalis
  3. Pekerjaan Multitasking
  4. Industri dari Investor
  5. Punya tujuan diluar didirikannya start up itu sendiri
  6. Bergerak di bidang teknologi terutama website

Sekian dulu ya diskusi start up saat ini, bila ada komentar bisa dibawah ya…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*