Mengenal Passive Income


Oleh : Mahesa Sandi

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang beberapa aset yang bisa menjadi Passive Income bagi kita semua yang menginginkan bisnis yang menguntungkan namun dengan cara kerja yang tidak terlalu menggunakan banyak tenaga. Meskipun memerlukan modal yang cukup banyak, tapi bisnis ini sangat- sangat menjanjikan.

Tapi sebelumnya saya ingin menanyakan apakah anda sudah sholat?? Jangan sampai artikel ini membuat anda melalaikan apa yang menjadi tujuan utama kita hidup di dunia ini hehe..

Baiklah… tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja kita mulai pembahasan pada artikel kali ini Sebeliumnya, perlu kita ketahui, Income ini memilki 2 (dua) jenis. Nah apa saja jenis income yang saya maksud itu? Berikut adalah penjelasannya.

Aktive Income

Yang pertama adalah Aktive Income. Apa itu aktive income? Di dalam Aktive Income ini anda harus bekerja sebagaimana orang bekerja, jika anda tidak bekerja maka anda tidak bisa menghasilkan uang.
Bekerja disini yang saya maksud yaitu seperti contohnya anda bekerja di sebuah perusahaan, maka anda diwajibkan mengerjakan apa-apa saja yang sudah menjadi tanggung jawab anda di perusahaan tersebut sesuai dengan perjanjian yang telah di buat di awal. Atau contoh lainnya yaitu jika anda berdagang di pasar, Anda tidak akan bisa mendapatkan uang sehari saja jika anda tidak berdagang di hari itu. Jadi kesimpulannya dalam Aktive Income ini, Jika anda tidak mengerjakan sebuah pekerjaan, anda tidak akan mendapatkan keuntungan atau uang.

Passive Income

Passive Income ini merupakan pekerjaan yang benar-benar menguntungkan apabila kita serius untuk melakukan usaha ini. Passive Income sangat berbeda dengan aktive incomel, atau bisa juga di katakan passive income ini merupakan lawan dari aktive income.
Perlu kita ketahui bahwa Passive Income merupakan pendapatan yang kita peroleh atas suatu kegiatan ekonomi , namun kita tidak aktif di dalam kegiatan tersebut secara langsung. Jadi, dari pengertian diatas, kita tidak harus menjadi leader sebuah MLM atau sejenisnya untuk mendapatkan Passive Income. Sungguh ini merupakan impian dari siapapun yang menginginkan pekerjaan namun tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, atau simplenya anda hanya cukup memantau saja lalu uang akan datang sendiri kepada anda.

Menarik bukan?? Nah kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya hanya dengan memantau, uang akan datang sendiri ke kita.
Merujuk pada guru finansial dunia yaitu Robert T. Kiyosaki, beliau sekurang-kurangnya menyebutkan bahwa ada 5 (lima) asset yang dapat menghasilkan Passive Income. Apa saja asset yang di maksud? Mari sama-sama kita pelajari.

Bisnis Yang Berjalan Otomatis

Tentu kalimat tersebut akan sangat terdengar membingungkan bagi orang awam, bagaimana mungkin sebuah bisnis berjalan dengan sendirinya/otomatis. Saya akan jelaskan bagaimana caranya membuat bisnis berjalan otomatis. Nah bisnis yang berjalan otomatis ini sama halnya seperti sistem Franchise atau waralaba. Sangat banyak Frenchise-frenchise di Indonesia namun saya merekomendasikan Frenchise yang memang sudah terkenal dan cukup menjanjikan seperti halnya KFC, MC.Donald atau
anda juga bisa membeli frenchisenya indomart atau alfamart. Itu memang suatu Frenchise yang sudah terbukti atau teruji dan bisa menghasilkan Passive Income. Namun perlu di garis bawahi, yang pertama jika anda ingin memulai bisnis ini anda memerlukan modal yang sangat besar, yang kedua anda harus memiliki ruko supaya anda bisa memiliki bisnis dengan lisensi tersebut.


Network Marketing atau Direct Selling

Bisnis ini memang sudah dikenal dunia sebagai salah satu bisnis yang bisa mendatangkan Passive Income. Namun di Indonesia, bisnis ini justru memiliki banyak kontroversinya. Mengapa demikian? Karena di Indonesia banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang justru menyalahgunakan bisnis ini dan akhirnya berkedok money game dimana mereka tidak mengutamakan produk namun bisnis tetap berjalan dengan skema- skema yang menurut saya sangat kotor seperti misalnya investasi bodong dan lain sebagainya yang akhirnya berimbas kepada kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap network marketing. Padahal di dunia, bisnis ini sudah terbukti banyak meciptakan orang- orang sukses. Lalu dari mana mereka mendapatkan asetnya? Aset yang mereka dapatkan yaitu dari jaringan pelanggannya yang sudah berkembang dan juga jaringan distribusinya sudah berjalan dengan baik. Namun untuk menjaga jaringan tersebut, network marketing membutuhkan Support System. Support system itulah yang menjaga jaringan itu tetap berjalan dengan baik. Salah satu network yang menurut saya bagus yang akan sayasarankan anda jika tertarik dengan network marketing ini adalah dengan bergabung dengan APLI (Asosiasi Penjiualan Langsung Indonesia) yang anda bisa cek websitenya sendiri, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu kalian harus tidak terdaftar sebagai daftar hitam di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Network marketing yang benar itu produknya harus bagus kemudian di konsumsi orang banyak, lalu ada repeat order dan akan menghasilkan Passive Income.

Pendapatan Pada Investasi Pada saham dan Surat-surat Berharga

Nah biasanya jika anda membeli saham pada perusahaan securitas yang benar tentunya anda akan mendapatkan Passive Income. Passive Income disini dapat berupa deviden yang bisa anda dapatkan setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali atau lain sebagainya tergantung perusahaan tersebut

Properti Yang di Sewakan

Properti yang di sewakan yang di maksud adalah seperti contohnya anda memiliki ruko atau rumah atau bisa juga apartemen, lalu anda menyewakannya, maka otomatis anda akan mendapatkan Passive Income.

Royalty

Nah royalty ini biasanya untuk para seniman atau orang yang berkecimpung di dunia seni seperti misalnya pembuat film, penulis buku atau novel, musisi dan lain sebagainya. Dari Royalty ini anda kemudian bisa mendapatkan Passive income. Masudnya adalah jika anda seorang produser atau pembuat film maka Anda akan mendapatkan Passive Income

dari film yang anda buat. Jika anda seorang penulis buku atau novel, maka anda akan mendapatkan Passive Income dari setiap buku atau novel yang telah anda buat dan terjual. Kemudian jika anda adalah seorang musisi, Anda akan mendapatkan Passive Income dari setiap lagu yang anda ciptakan atau kalian produksi.

Nah jadi itulah 5 (lima) point yang dapat menjadi asset kita dalam mendapatkan Passive Income. Lakukan 5 point di atas karena memang apa yang sudah saya sebutkan di atas sangat-sangat tepat jika anda lakukan karena saat ini kelima point di atas memang sedang berkembang di Indonesia dan sangat-sangat menjanjikan sekali mengubah kondisi
finansial kita semua.
Terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya untuk kita yang menginginkan pekerjaan dengan sistem Passive Income.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*