Mengenal Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Mengenal Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Definisi Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis daring dan pemasaran adalah sebuah kompetensi jurusan pada bidang Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

kementrian mulai menjadikan jurusan ini primadona di SMK mengingat pengembangan industri 4. kementrian pendidikan dan kebudayaan juga mengeluarkan kompetensi yang diajarkan pada kejuruan bisnis daring dan pemasaran.

Bisnis daring dan pemasaran merupakan kompetensi yang diperkenalkan semenjak perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013. perubahan ini membuat stigma pemasaran yang selama ini lebih fokus pada bidang bisnis retail dan penjualan masuk kedalam bidang baru yaitu bisnis daring yang saat ini menjadi perhatian pemerintah bahkan dunia.

baca juga : langkah-langkah bersaing dengan kompetitor bisnis online

Pelajaran yang di ajarkan pada bisnis daring dan pemasaran diantaranya adalah :

marketing
bisnis online
retail
penataan produk
dsb.

kunci dari pembelajaran ini adalah bisnis daring, dimana saat ini materi ini terus mengalami perbaikan dan pengembangan. hanya saja pada bisnis daring tidak semua guru dapat memahami materi ini dengan baik.
apalagi yang menguasai daring/online saat ini adalah pelajarnya, merekalah yang aktif sehari-hari dan merupakan pelaku utama ramainya media sosial dan pembeli dari bisnis online yang sedang berkembang.

contoh : guru mungkin masih suka kepasar atau ke mall untuk berbelanja, siswanya sudah rutin membeli produk di shopee, tokopedia, lazada, dan e-commerce lainnya.

siswa sangat aktif menggunakan aplikasi seperti go food,sementara guru yang hidup sebelum teknologi ini sebelumnya, sedikit yang sudah terbiasa dengan go food.

yang meramaikan sosial media seperti instagram dan facebook adalah siswa sementara guru tidak sibuk dnegan hal ini.

mengenal jursan bisnis daring dan pemasaran saat ini dapat diketahui dari contoh diatas. nah, untuk itu perlu adanya peningkatan terhadap pemahaman bisnis daring dan pemasaran oleh guru sehingga perlu adanya upgrade diantara para guru dalam memaksimalkan praktek pada bisnis online untuk setidaknya mengarahkan siswa agar lebih konsentrasi mengembangkan bisnis onlinenya.

Keunggulan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

  1. jurusan ini pada dasarnya berubah haluan jauh dari pemasaran atau penjualan sebelumnya.
  2. jurusan ini merupakan jurusan yang sesuai dengan perkembangan industri 4.0
  3. bisnis daring dan pemasaran menggunakan teknologi dalam proses pembelajarannya.
  4. bisnis daring dan pemasaran merupakan jurusan multifungsi dimana desain, fotografi, marketing, coding, website, dan teknologi masuk dalam jurusan ini.
  5. menguntungkan, jurusan BDP merupakan jurusan yang menguntungkan sambil belajar sambil mencari keuntungan. berjualan menjadi dropship dan reseller merupakan praktik yang biasa dijurusan ini.

Kesimpulan

Memang mengenal jurusan bisnis daring dan pemasaran kita harus melihat langsung bagaimana hal ini dipraktekkan di sekolah.

Bisnis daring dan pemasaran merupakan jurusan yang memiliki spesifiki yang baru dalam pembelajarannnya. untuk itu dibutuhkan upgrade peningkatan pembelajaran untuk para guru bisnis daring dan pemasaran sehingga jurusan ini benar-bener menghasilkan para ahli bisnis online di Indonesia.

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*