Mengenal Bisnis Online

merancang iklan online

Oleh : Desfi Nurhayati

Bisnis online adalah usaha yang dilakukan melalui Internet ataupun media masa. Contoh-contoh nya pun banyak, seperti berjualan di marketplace(lazada, bukalapak, shopee)dan masih banyak lagi. Namun apakah kalian tau? Bukan hanya marketplace saja yang menjadi contoh dari bisnis online melainkan membuat website dan blog juga termasuk contoh dari bisnis online.

Apakah kalian tau apa alasannya website dan blog merupakan contoh dari bisnis online? Mari kita analisis bersama-sama.

Website, website adalah tempat dimana kita membuat berbagai macam artikel yang dapat di share dan dilihat oleh seluruh pengguna internet yang disebut dengan situs Web, situs Web yaitu kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok ataupun organisasi.

Blog, Blog hampir sama dengan website yaitu yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, foto, video dan link.

Jadi, kesimpulan dari 2 pengertian website dan blog. Bahwa website dan blog juga termasuk dari bisnis online karena apa? Karena mereka menggunakan Internet dan lebih hebatnya lagi website dan blog bisa menghasilkan uang seperti berjualan di marketplace. Karena apabila website dan blog kalian di daftarkan ke edsense dan blog kalian dibuat semenarik mungkin maka kemungkinan Google adsense akan menghubungi website atau blog kalian melalui email untuk menaruh iklan di website atau blog tersebut. Dan cara mendapatkan hasil dari iklan tersebut yaitu jika pembaca mengklik iklan tersebut di dalam website atau blog kalian otomatis uang tersebut akan masuk di website kalian.

Apa itu Google adsense ? Google edsense adalah program periklanan yang salah satunya menghasilkan uang dari website atau blog yang kita buat.
Persyaratan diterimanya artikel ke Google edsense yaitu sebisa mungkin artikel tersebut tidak copy paste dari artikel yang lain. Karena jika terdapat sedikit copy paste. Maka, artikel anda akan di tolak oleh Google edsense melalui email dan Google edsense meminta anda untuk memperbaiki artikel itu hingga tidak terdapat kata yang tercopy paste.

Apakah kalian tertarik untuk membuat website atau blog? Jika tertarik tapi bingung cara buatnya. Nah disini saya akan memberi informasi sedikit tentang membuat website atau blog.

  1. Login ke Blogger.
  2. Di sebelah kiri, klik Panah bawah .
  3. Klik Blog baru.
  4. Masukkan nama blog.
  5. Pilih alamat blog, atau URL.
  6. Pilih template.
  7. Klik Buat blog.

Cukup mudah bukan? Jika kalian kurang tertarik untuk membuat blog kalian bisa mencoba dengan cara berjualan di marketplace. Banyak kok marketplace yang mudah untuk kita pakai berjualan. Dari mulai barang milik pribadi hingga menjadi reseller.

Kalian tau nggak reseller itu apa? Reseller adalah Menjual kembali atau penjual ulang. Menjadi reseller itu tidak sulit dan tidak mudah juga. Tetapi reseller itu hanya menjual kembali barang yang sudah di jual oleh orang lain( supplier) dengan harga yang berbeda atau kata lain (keuntungan).

Apa itu keuntungan dalam berbisnis ? Keuntungan dalam berbisnis adalah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih dari modal yang di keluarkan supaya penghasilan tersebut dapat terus di putar hingga mengalami keuntungan yang semakin besar.

Namun, selain mendapatkan keuntungan terkadang menjadi reseller itu juga merasakan kerugian. Jika dari reseller nya tidak berhati-hati dan teliti dalam menjual kembali barang orang lain.

Berikut keuntungan dan kerugian menjadi reseller, diantaranya :
Keuntungan menjadi reseller :

  • Tidak perlu keluar modal, karena pembeli lah yang memodalkan
  • Tidak perlu stok barang
  • Tidak perlu mengurus pengiriman barang seperti ke (jne, j&t, ninja express,dll)


Jika tidak laku kita pun tidak akan rugi karena kita tidak mengeluarkan modal terlebih dulu. Kerugian menjadi reseller :

Sering terkena komplain oleh pembeli karena barang yang telat sampai karena supplier telat memproses barang sehingga pengiriman menjadi lambat.

Ketika ada pembeli yang menanya-nanya, meminta untuk memfoto barang yang dia beli dan meminta di tuliskan namanya. Maka kita akan kesulitan karena kita tidak mempunyai stok barang kecuali supplier bisa diajak kerja sama.

Ketika ada pembeli yang ingin membeli banyak tetapi harus video call untuk melihat barangnya, maka seperti masalah yang no 2 bahwa reseller tidak mempunyai stok barang sehingga sulit untuk menerapkan nya.

Tidak bisa mengambil keuntungan besar karena akan kalah saing dengan harga yang lebih murah.

Apakah kalian tau reseller dan droppshiper itu berbeda atau sama? Ada yang berpendapat reseller dan droppshiper itu sama dan ada juga yang berpendapat bahwa reseller dan droppshiper itu berbeda.
Banyak orang yang beranggapan reseller dan droppshiper itu sama, termasuk saya. Karena sama-sama menjual barang dari supplier dan merubah harga nya yang lebih tinggi dari supplier untuk mendapatkan keuntungan dari menjual barang tersebut.

Menjadi reseller itu tidak perlu pusing dan bingung harus mengambil barang dari mana. Karena sudah banyak penjual yang membuka atau open reseller maupun droppshiper sehingga kita sebagai reseller tidak perlu pusing-pusing dengan hal itu.

Sebagai reseller hanya perlu fokus bagaimana cara memasarkan produk tersebut dengan banyak persaingan diluar sana. Dari mulai membuat iklan, promosi di berbagai sosial media seperti (instagram, Facebook, wathsapp bisnis) dan masih banyak lagi.

Selain itu, menjadi reseller tidak hanya menjual di berbagai sosial media melainkan juga bisa menjual di berbagai marketplace seperti (lazada, tokopedia, shopee, bukalapak) dan masih banyak lagi.
Namun setiap marketplace mempunyai cara tersendiri untuk bisa menjadi seorang reseller.
Seperti di shopee, cara mudah menjadi reseller di shopee adalah

Mempunyai akun shopee

Hal paling pertama untuk menjadi reseller di shopee adalah mempunyai akun shopee. Yaitu dengan cara mendownload aplikasi shopee di play store lalu menginstal aplikasinya setelah berhasil terinstal maka lakukan lah pendaftaran dan ikuti saja langkah-langkah nya. Dalam satu no telepon hanya bisa membuat satu akun saja. No telepon itu sangat penting karena shopee akan melakukan verifikasi lewat no handphone dan juga email.

Pilih supplier

Pilihlah supplier yang menjual dengan harga miring dengan kata lain menjual dengan harga dibawah harga pasar supaya kita bisa menjual nya kembali tanpa takut persaingan harga yang semakin banyak. Kedua, carilah supplier yang mempunyai raiting sempurna atau 5 bintang dan memiliki banyak komentar positif dibandingkan komentar negatif.

Pilih produk

Pilihlah produk yang lagi hits di jamannya supaya banyak pembeli yang minat, ada baiknya jika lebih memilih barang grosir dan eceran. Lakukanlah checkout, nah pada saat checkout pilih sebagai droppshiper lalu masukan alamat pembeli kita dan nama penerima nya.
Akan sangat fatal jika kita lupa mengklik tombol sebagai droppshiper karena barang akan dikirim ke penerima namun dengan nama toko supplier.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*