Mengenal apa itu affiliate marketing

Mengenal apa itu affiliate marketing

Industri 4.1 menghubungkan antara kebutuhan konsumen dengan produk yang diproduksi oleh produsen menjadi satu hal yang mudah dan menarik. disebabkan teknologi yang terus berkembang, dimana dengan klik dan pengkodean tertentu, peran serta seseorang akan sangat dihargai dan menjadi profesi yang menarik saat ini.

affiliate marketing atau pemasaran affiliasi adalah kerjasama jual beli dimana seseorang atau lembaga melakukan pemasaran produk dimana setiap produk yang dijual pihak marketing mendapatkan fee dari produsen setelah konsumen melunasi pembeliannya.

Berikut adalah dasar-dasar affiliate marketing yang perlu kita ketahui :

affiliate marketing melibatkan 3 pihak didalamnya diantaraya adalah : vendor atau pemilik produk, konsumen, dan pemasar affiliasi. dimana vendor adalah orang-orang yang memiliki produk dan membuat peraturan terhadap para pemasaran dan mengeluarkan kode unik bagi para pemasar affiliasi.

sementara itu, konsumen adalah orang yang membutuhkan produk tersebut, mereka mendapatkan referensi dari para pemasar affiliasi melalui link yang disediakan oleh pemasar affiliasi

dan, pemasar affiliasi adalah orang yang memberikan informasi bagi para konsumen, pemasaar affiliasi mendapatkan kode unik dari vendor yang bila konsumen membeli pihak vendor secara otomatis akan mengetahui bahwa konsumen tersebut telah mendapatkan .

kunci sukses dari pemasaran affiliasi adalah mengetahui produk apa yang hendak anda jual, pastikan bahwa anda benar-benar mengerti produk tersebut, bisa jadi anda memang paham betul akan produk tersebut.

Manfaat affiliate marketing diantaranya adalah :

beberapa manfaat yang anda dapatkan dengan mengikuti program affiliate marketing yang menurut saya sendiri menarik, hal ini cukup mudah apabila dikaitkan dengan hobi, niche, bahkan keahlian kita. berikut manfaat dari affiliate marketing :

  1. Merupakan passive income, kita tidak tahu kapan orang sedang dalam keputusan untuk membeli atau mempertimbangkan pembelian. melalui sistem ini anda dapat mengambil kesempatan bila seseorang mau membeli atau bahkan akan membeli.
  2. pendapatan sangat besar, ya, para affiliate marketing punya pendapatan yang sangat besar, bahkan tidak mereka kira sendiri, ketika mereka membuat artikel atau membuat review sebuah produk berapa banyak orang yang akan membeli.
  3. melatih kekuatan konten, dalam affiliate marketing konten menentukan, semakin baik konten maka semakin baik pula hasil penjualan yang akan di hasilkan.
  4. tanpa modal besar, affiliate tidak memerlukan modal yang besar, selama anda mampu menjual produk anda dapat menjalankannya, selain itu affiliate juga nyaris tanpa produk atau modal produksi untuk mampu menjual semakin banyak.
  5. melatih jiwa wirausaha, kemampuan wirausaha anda dapat di asah dengan baik melalui program affiliate marketing.

baca juga : 30 ide peluang bisnis online di tahun 2019

Tempat anda memasarkan affiliate marketing anda :

pada dasarnya semua media sosial yang dapat anda kirimkan link anda pada orang lain merupakan lahan anda untuk anda melakukan affiliate marketing.

kecuali anda meminta orang lain

  1. Google, menggunakan google adalah sesuatu yang niscaya hari ini, anda dapat membuat website anda atau blog unggul di pencarian yang anda tuju, atau anda dapat beriklan dengan menggunakan google adsword untuk mendapatkan perhatian dari orang terkait produk yang anda affiliasi
  2. youtube, video membantu konsumen membeli produk secara lebih nyata dengan suara, gambar, dan cara pemakaiannya, banyak orang menaruh link keterangan untuk produk yang mereka jual atau program affiliate mereka.
  3. facebook, facebook salah satu sosial media paling populer dan berpengaruh, menaruh program affiliate marketing anda membuat affiliate marketing anda efektif.
  4. instagram, instagram hari ini adalah tempat berkumpul bagi banyak orang, trend instagram yang saat ini berkembang dapat membuat setiap post anda, melalui hastag anda untuk menawarkan produk anda. menggunakan instagram ads membuat iklan anda lebih efektif kepada target konsumen anda.
  5. linkedin adalah sumber lalu lintas Business to Business (B2B), Linkedin memungkinkan orang untuk dapat menjual barang sesuai dengan kumpulan kelompok seperti industri, posisi, keahlian, dsb.
  6. pinterest, pinterest adalah media fotografi yang menarik untuk anda memasarkan produk affiliate anda, melalui infografis pinterest membuat produk anda semakin menarik.
  7. baidu, menyasar konsumen asia baidu adalah cara yang tempat mempromosikan affiliate anda.
  8. twitter, twitter memang mulai tidak populer , namun masih sangat efektif dengan treding topiknya untuk membuat produk anda laku terjual.

Tips yang dapat anda lakukan untuk mempercepat penjualan affiliate marketing anda :

mungkin kita pernah mendengar orang yang sukses menjual produk tanpa memiliki produk. inilah penjualan affiliate marketing, contoh yang terdapat di media sosial sangat banyak, lalu bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari affiliate marketing.

berikut tips untuk mempercepat mendapatkan penjualan dari affiliate marketing :

1# temukan influencer untuk produk yang anda pasarkan

inflencer adalah orang-orang yang punya follower kuat dan melimpah di media sosial. influencer pun ada bermacam-macam dan kita yang dapat menentukan siapa influencer yang efektif buat mendukung affiliate makerting kita.

2# terlibat dalam group facebook

group facebook adalah pertemuan antara akun-akun facebook yang lebih keterkategori dengan baik. anda dapat memasarkan produk affiliate pada group yang sudah memiliki kecenderungan atau keinginan yang sama.

sebagai contoh, anda dapat menjual foto affiliate dalam group fotografi facebook yang anda temukan.

3# word of mouth, atau ajak orang membicarakan affiliate anda

word of mouth adalah salah satu model promosi paling efektif saat ini. walaupun banyak orang yang menggunakan teknologi word of mouth masih menjadi primadona.

khusus di era teknologi ini maka word of mouth di era teknologi sekarang ini dapat dikaitkan dengan tranding topik atau viral.

4# buat review produk di youtube

banyak para affiliater menggunakan youtube untuk menawarkan link produknya. keterangan youtube menjadi tempat yang baik untuk mendapatkan penjualan produk. anda dapat menggunakan bit.ly untuk mendapatkan link yang tidak melanggar peraturan youtube.

5# buat promo dan kemudahan dalam memberikan produk

tidak ada pembeli yang ingin mengalami kesulitan ketika membeli produk atau jasa. disitulah tugas seorang affiliater untuk memudahkan seseorang untuk memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk membeli produk.

penempatan link yang tepat dan informatif merupakan salah satu promo dan kemudahan memberikan produk affiliate anda.

Kesimpulan

affiliate marketing atau pemasaran affiliasi adalah kerjasama jual beli dimana seseorang atau lembaga melakukan pemasaran produk dimana setiap produk yang dijual pihak marketing mendapatkan fee dari produsen setelah konsumen melunasi pembeliannya.

beberapa manfaat yang anda dapatkan dengan mengikuti program affiliate marketing yang menurut saya sendiri menarik, hal ini cukup mudah apabila dikaitkan dengan hobi, niche, bahkan keahlian kita

semoga share saya bermanfaat buat teman-teman semua.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*