Menganalisis Kata Kunci SEO ON Page

Jenis keyword yang dapat mendatangkan penjualan

Pengertian SEO

Google sebagai mesin pencarian paling populer di dunia saat ini. Banyak perusahaan bahkan individu berusaha mengoptimalkan website agar mendapat posisi no. 1 dalam pencarian di google search. Mesin google search sendiri merupakan mesin pencarian kata dan setiap kata yang terdapat dalam website akan di saring oleh google untuk kemudian memunculkannya dalam urutan-urutan google. Dalam sekali pencarian google dapat menemukan puluhan juta pencarian dalam kurang dari satu detik.

Perusahaan tentu berharap perusahaannya didahulukan oleh google untuk tampil pada halaman pertama. Namun bagi google sendiri ada cara-cara agar sebuah website dapat tampil pada pencarian pertama diantaranya adalah melakukan iklan berdasarkan kata di google adsword atau melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization)

SEO Sendiri adalah Optimalisasi situs atau website guna mendapatkan ranking teratas pada mesin pencarian dengan teknik dan strategi yang terorganisir dengan baik sehingga meningkatkan pengunjung situs dan website. Secara umum SEO dibagi menjadi 2 yaitu SEO On Page (dalam Web) dan SEO Off Page (diluar Web), namun pada bab ini kita akan fokus pada SEO On Page.

Beberapa Pengertian SEO menurut para ahli dan pakar SEO internasional untuk memudahkan kita memahami begitu pentingnya SEO bagi pengoptimalkan website kita :

  1. Danny yang dikenal sebagai “bapak SEO” atau “The Godfather SEO” mengklarifikasi bahwa pengertian SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
  2. Pengertian SEO menurut Rand Fishkin adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti:
    1. Kemudahan penggunaan (friendly)
    2. Fokus pada konten (artikel)
    3. Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
    4. Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building;
    5. dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
  3. Matt Cutts, Head of Webmaster Google Spam, bahwa pengertian SEO adalah seringkali tentang melakukan sedikit modifikasi ke bagian dari situs web anda. Ketika kita melihat secara individual perubahan-perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan incremental, tetapi ketika dikombinasikan dengan optimasi lain, SEO akan memiliki dampak yang nyata pada pengalaman pengguna atau situs dan mendongkrak kinerja situs anda di organic search.

Dapat disimpulkan SEO sendiri adalah  kombinasi dari teknik, taktik dan strategi bagaimana membuat website cukup terlihat melalui tampilan situs atau web yang berfokus pada konten, friendly, target audiens, penelitian kata kunci serta link building sehingga mendongkrak kinerja situs di organic searching.

Sejarah SEO

Sejarah Search Engine Optimization atau SEO sendiri tumbuh dan berkembang seiring perkembangan internet itu sendiri. Mesin pencarian dirancang untuk melakukan pencarian dengan menggunakan kata sebagai pencarian hasil yang signifikan. alat mesin pencari berkembang sebagai kemajuan yang dibuat dalam teknologi dan sebagai kebutuhan. Misalnya, pada tahun 1992, Gopher menjadi mesin pencari pertama yang menggunakan paradigma hypertext. Setahun kemudian, web browser Mosaic grafis ditingkatkan antarmuka berbasis teks Gopher. Pada waktu yang sama, Wandex menjadi mesin pencari pertama yang menjelajah pengindeksan web yang ada di internet.SEO sendiri menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk menemukan pembeli potensial sekaligus mempromosikan situs web mereka.

Internet awalnya digunakan untuk mencari informasi yang sangat efisien, selain itu ternyata mesin pencarian menyimpan potensi yang sangat besar bagi bisnis baik individu maupun perusahaan. Greg Boser awalnya berhasil menjual peralatan busa pelindung untuk kebakaran dari internet. Beliau membangun situs web dan mengisi informasi produk yang ditawarkannya sehingga mendatangkan banyak pembeli potensial. Hingga hari ini konsep Greg Boser masih di pakai oleh sebagian besar pengguna internet di dunia.

pada tahun 1995, John Audette membentuk Multi-Media Marketing Group (MMG) di Lake Oswego. John kemudian mengembangkan perusahaan yang bergerak pada proyek-proyek multi-media, tetapi dengan meningkatnya penggunaan web untuk pemasaran online, ia menemukan peluang besar di dalamnya dan mendirikan perusahaan MMG. John kemudian merekrut pionir SEO terkenal Danny Sullivan untuk mengajar stafnya tentang pengetahuan dan trik hasil peringkat pencarian untuk perdagangan, dan ia kemudian menciptakan istilah “Search Engine Optimization” di bulan Juni tahun 1997 atas trik tersebut.

Danny Sullivan, co-founder Search Engine Land pada bulan April 1996 memposting penelitian tentang mesin pencari yang kemudian lebih dikenal dengan “A Webmaster’s Guide To Search Engines”. Sejak itu, Sullivan menjadi terkenal dan dianggap sebagai pioner SEO.  Pada Juni tahun 1997, Danny Sullivan membuat website Search Engine Watch yang banyak mengulas tips tentang cara untuk mendapatkan hasil yang baik pada mesin pencari. Belakangan, Search Engine Watch dianggap Matt Cutts dari Google dan Tim Mayer dari Yahoo sebagai sebagai “harus membaca” dan “sumber yang paling otoritatif” untuk pengetahuan tentang mesin pencarian.

Pada tahun 1996 Christine Churchill menemukan potensi pemasaran lewat internet setelah dia membangun website untuk perusahaan dimana dia bekerja. Lalu ia bersama rekannya mencoba mengembangkan perangkat lunak cara mengefektifkan internet marketing untuk mengurangi beban pemasaran. Tak lama kemudian, dia menciptakan sebuah perusahaan online yang menjual perangkat lunak tersebut. SEO semakin banyak diminati oleh para tim pemasaran, mereka bertemu dan belajar satu sama lain secara langsung maupun melalui email dan terus berkembang hingga saat ini.

SEO ON PAGE

SEO On Page adalah SEO yang dilakukan dengan melakukan pengeditan/creating dalam website sendiri, meliputi optimasi SEO pada judul, deskripsi blog, script SEO, title tag, URL blog, keyword, heading tag (H1, H2, H3, …), image file name, image alt text, dsb. Yang dimaksud optimasi dari dalam adalah optimasi yang meliputi seluruh bagian dari situs, dan tanpa melibatkan optimasi lainnya yang dilakukan dari luar situs. Secara tidak langsung pada SEO ON PAGE yang di atur sedemikian rupa agar sebuah website berada pada pencarian pertama. Sebagai contoh dibawah adalah gambar sebuah penerapan SEO ON PAGE pada sebuah website, kita lihat bagaimana SEO diterapkan pada sebuah website.

Pada dasarnya membuat SEO ON page tidak lah serumit yang kita pikirkan, banyak terdapat website yang menyediakan konten pembuatan SEO ON PAGE dan kita akan mencoba mengoptimalkannya pada pembahasan kali ini. Saya kira cukup mengerti apa itu SEO On Page, selanjutnya praktik dan rutin membuat SEO on Page akan membuat website yang kamu buat semakin baik.

Tujuan Search Engine Optimization (SEO)

  1. Meningkatkan keberadaan website

Pada dasarnya setiap website punya pesaing dalam menampilkan tampilan di mesin pencarian seperti google. SEO penting dilakukan karena dengan nya sebuah website dapat tampil pada halaman pertama sebuah pencarian. Sehingga para pengguna google secara langsung akan mendahulukan website anda untuk dibaca. Apalagi ternyata dalam website yang kita punya banyak konten menarik dan sangat bermanfaat sehingga nama dan keberadaan website anda akan terus ada

  1. Website menjadi sering dikunjungi

Sebuah website yang berada pada urutan pertama secara langsung akan mendapatkan kunjungan dari banyak orang dengan sendirinya. orang awam tidak mengerti mengapa dan bagaimana google memeringkat sebuah pemetaan dalam google, yang mereka tahu hanya mendapatkan data. Padahal ada teknik dan cara yang akan kita bahas pada pembahasan dibawah ini.

  1. Mengetahui cara membaca hasil halaman

Mempelajari SEO On Page secara tidak langsung kita juga akan belajar bagaimana membaca sebuah halaman. Membuat halaman yang kita tampilkan juga sesuai dengan keinginan google itu sendiri. Penulisan artikel juga akan lebih baik dan terstruktur sebab kita berusaha untuk menghasilkn sebuah website berkualitas.

  1. Mengetahui peringkat website kita

Setelah website dibuat dengan konten yang menarik, kita dapat mengecek keberadaan situs kita. Sudah diurutan berapa website kita pada mesin pencarian google. Fungsi SEO adalah sebuah proses terus-menerus evaluasi- perbaikan secara bertahap. Jika sudah berhasil mendapatkan pencarian pertama tentu keuntungan akan dapat diraih. Apalagi website yang anda buat adalah website jualan barang dan jasa tentu akan banyak pembeli yang akan datang kedalam website anda. Perusahaan besar memahami hal ini sehingga mereka bahkan rela membayar puluhan juta untuk memunculkan websitenya pada tampilan pertama.

  1. Dapat menentukan kata kunci atau keyword

Ketika menjalankan SEO kita tentu akan tahu mana kata-kata yang efektif di gunakan. Melihat kata apa yang efektif untuk digunakan dan mempunyai pengaruh yang lebih efektif sehingga dapat meningkatkan SEO website yang dimiliki. Dasar kata kunci menjadikan website ramai pengunjung, jika kata yang digunakan adalah kata yang banyak dicari /diketik pengguna internet.

  1. Merencanakan strategi jangka panjang website perusahaan

Bagi perusahaan yang landasannya adalah bisnis tentu SEO adalah hal yang penting sebab selama sebuah perusahaan dapat ditemukan dengan mudah, maka pendapatan/omset perusahaan akan terjaga. Sebagai contoh perusahaan yang dikelola adalah perusahaan biro perjalanan umrah. Ketika orang mencari biro perjalanan umrah hal yang muncul pertama kali adalah website anda, tentu orang akan langsung membuka halaman website yang anda kelola karena merasa website anda paling terpercaya.

Jenis-Jenis SEO ON PAGE

Website yang dibuat agar memudahkan bagi google sebagai mesin pencarian membaca website yang kita kelola tentu membutuhkan kata kunci yang sesuai. Selain itu, website yang kita kelola harus menjalankan SEO ON PAGE agar website kita tidak tenggelam oleh website-website lain karena akan sangat merugikan bagi potensi kita kedepannya. SEO ON PAGE sendiri memiliki jenis-jenis yang menjadi ciri khas dari SEO ON PAGE diantaranya adalah :

  1. Page SEO

Page SEO adalah upaya mengedit tampilan nama halaman. Misalnya nama asli halaman adalah contoh.php (file asli), misal alamat urlnya index.php?page=berita. Kita bisa mengganti nama sesuai dengan kemauan kita, misal contoh-terbaru.html. Teknik ini juga meningkatkan keamanan web, karena pengunjung yang berniat jahat untuk mengacak-acak webiste kita tidak tahu file apa yang sedang aktif.

  1. Title SEO

Title SEO adalah bagian dari meta tag yang muncul paling atas di HTML di dalam area <head>,Anggap title tag seperti chapter di buku. Itu memberikan informasi kepada orang-orang dan search engine tentang apa web Anda sebenarnya.Title tags juga merupakan bagian yang akan membuat orang mengambil keputusan apakah orang yang melihat web Anda di search result akan mengklik web Anda atau tidak. Title tag harus mengandung keyword penting yang dapat membantu search engine langsung mengetahui tentang apa web Anda.

  1. URL SEO

URL SEO adalah alamat yang diatur untuk memudahkan pencarian pada google, pada dasarnya website melakukan secara otomatis. Bila kita ingin mengoptimalkannya maka kita dapat menggantinya. Contohnya jika judul artikel Belajar Memasak, maka alamat urlnya : http://www.namadomain.com/belajar-memasak.html. Dengan url seperti ini pengunjung lebih mudah mengingatnya jika dibandingkan dengan alamat url : http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa seo). Dengan url SEO akan lebih relevan bagi search engine.

  1. Konten SEO

Konten SEO adalah sebuah teknik SEO dengan menulis konten artikel sangat relevan dan mendukung dengan judul artikel. Jika anda menulis artikel tentang penyakit kanker, tentu anda harus menjelaskan kanker itu apa, jenisnya, kenapa bisa terjangkit bagaimana cara mengatasinya bahkah kalau bisa sedetail mungkin.

sekian dulu, semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*