Menganalisa Afiliasi Pemasaran

Dalam dunia marketing online terdapat model bisnis yang populer dalam dunia internet marketing dikarenakan kemudahan dalam memulainya, bahkan oleh pemula sekalipun. Bisnis tersebut adalah affiliate marketing dimana para affiliater tidak perlu mengeluarkan modal yang besar atau stock barang bahkan gudang untuk menjual barang. Pada bab ini akan dibahas apa itu sistem affiliate marketing dimana cara kita menjual barang bahkan tanpa modal sekalipun.

PENGERTIAN AFFILIASI

Teknik Bisnis online tidak hanya terbatas pada menjual produk secara online, banyak teknik yang dapat dipelajari dari bisnis online saat ini, bahkan dengan modal yang sangat minim seseorang dapat mengoptimalkan potensi dan keuntungan dari bisnis online. Salah satunya adalah sistem Affiliasi atau Affiliate, dimana dalam sistem ini bisnis online dapat dijalankan dengan pengeluaran biaya rendah. Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.

pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.Memang, secara bahasa, pengertian “calo” namun calo di sini lebih positif dan legal karena sesuai kesepakatan antar kedua belah pihak. Affiliasi memang sama-sama menguntungkan antara pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers) . Tetapi Anda tentu bisa menjadi perantara tanpa harus melanggar hukum, seperti banyak perusahaan broker yang berkembang di Amerika maupun Eropa.

Kata lain untuk program afiliasi adalah Program asosiasi, program mitra atau pendapatan sharing program. Penggunaan kata-katanya saja yang berbeda. Istilah ini lebih umum digunakan dalam dunia pemasaran afiliasi adalah “program afiliasi”. Bisnis afiliasi pemasaran di internet cukup mudah sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan. Banyak orang yang kemudian tergabung dalam model bisnis ini sebab terkategori mudah. Dalam bisnis online semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal sebagai istilah ‘affiliate link’.

Dalam belajar affiliate marketing, kita juga perlu mengetahui Link afiliasi yang disediakan oleh pedagang afiliasi (pemilik barang). Cara kerjanya link afiliasi adalah sebagai berikut: kita mempromosikan produk dengan link affiliasi khusus yang telah kita dapatkan dari penyedia produk misalnya anda menjual sebuah buku kemudian ada orang yang membeli produk tersebut melalui link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi karena telah berhasil menjual.

KELEBIHAN AFILIASI

Biaya Produksi rendah

Dengan tingginya biaya untuk memproduksi suatu produk memungkinkan bagi Anda para pemula usaha merasa berat jika harus mengeluarkan biaya produksi yang dapat dikatakan tidak sedikit untuk membuat suatu produk. Affiliate Marketing memiliki cara yang berbeda sebab sudah ada pihak lain yang mengurus hal tersebut, tentunya Anda tidak perlu untuk memikirkan dan menambahkan biaya produksi untuk memulai usaha Anda.
Pada bisnis konvensional seorang pebisnis harus membangun suatu lapak untuk menjajakan jualan Anda maka jika Anda menjadi seorang Affiliate Marketer, Anda hanya memerlukan sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet dan beberapa alat pendukung lainnya termasuk software untuk membuat desain logo dan lain sebagainya.

Lisensi pengguna Free

Lisensi merupakan syarat yang biasanya harus dipenuhi untuk mengikuti sebuah program bisnis seperti google adsense, facebook ads, dsb. Selain itu pebisnis konvensional rata-rata mereka harus menyiapkan anggaran untuk membayar lisensi agar dapat berjualan di suatu area tertentu, Namun jika Anda menggunakan program Affiliate Marketing, Anda dapat menyimpan uang yang dialokasikan untuk biaya lisensi tersebut. Karena dengan program Affiliate Marketing ini maka target pemasaran Anda menjadi tidak terbatas dan Anda bebas untuk bergabung di area mana saja.

Produk yang di jual tidak terbatas

program affiliate begitu banyak saat ini sehingga kita dapat memasarkan berbagai macam produk yang kita inginkan, misal kita berbicara atau membuat artikel tentang jam tangan, didekat artikel tersebut kamu masukkan penawaran jam tangan sehingga potensi penjualannya akan besar, dan kamu bisa dapat fee dari setiap hasil penjualan.

Karyawan Kurang diperlukan, semua dikerjakan internet

era industri 4.0 saat ini menciptakan pengurangan tenaga kerja yang sangat pesat. banyak yang mengkhawatirkan akan tingginya angka pengangguran sebab pekerjaan sudah banyak digantikan oleh aplikasi di androit atau bahkan komputer. dalam affiliate sendiri tidak terkecuali, program ini dapat dijalankan dengan sendirinya selama terdapat jaringan internet.

Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman

ketika kita menjual barang di online shop seperti marketplace maka kita harus mengurus segala sesuatu terkait barang tersebut, mulai dari packing barang, pengiriman barang sampai kepada tangan konsumen kita yang pikirkan. nah di affiliate sistem kamu gak harus memikirkan hal tersebut.

Bekerja 24 jam

ketika di tempat tinggal kita hari menjelang malam maka aktivitas ekonomi juga mulai berkurang, namun di belahan bumi lain malah orang sudah mulai bangun untuk memulai aktivitas ekonomi. nah, dalam affiliate promo yang kamu pasang akan tetap dapat diakses walaupun saat itu kamu sedang tidur. itu keuntungannya.

Resiko Bisnis Kecil

affiliate marketing memang bergantung pada fee dan pendapatan dari penjualan, nah buat kamu sebagai promote affiliate kamu gak usah khawatir karena kamu tidak menanggung resiko penjualan seperti barang rusak atau pencurian, tugas kamu hanya mengarahkan pembeli kepada penjual dan ketika transaksi tersebut dibayar kamu dapat fee dari hasil penjualannya. gampang kan?

BEBERAPA CARA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI SISTEM AFFILIASI

Bangun Traffic pembaca di website

Pengunjung adalah aset yang sangat berharga dalam sebuah website atau media apapun. Tak perlu heran jika banyak sekali hal yang bermanfaat di bagikan secara gratis lewat web dan youtube karena memang tujuan jangka pendeknya adalah website atau youtube sering didatangi pengunjung. Lambat laun website dan youtube akan mendapatkan pengunjung yang stabil dan dapat mendatangkan keuntungan di masa yang akan datang. Jadi, bila kita punya minat atau bakat (setiap orang memilikinya) alangkah baiknya di share untuk menjadikan website didatangi banyak pengunjung dan bukan tidak mungkin. Bila anda memasukkan iklan affiliate akan ada yang meresponnya.

Promosikan produk yang berkualitas

Affiliate adalah senjata bagi para pemilik produk dan cara yang murah dan efisien untuk beriklan. Jadi bila anda membuka sebuah website maka akan ada saja program affiliate dan biasanya ditaruh dibawah atau footer sebuah website. Memang hanya link kecil namun dari situ banyak pemilik website memanfaatkan link tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Produk sesuai dengan isi website

Usahakan dalam beriklan kita menyesuaikan antara promosi affiliate dan isi website anda. Bila tidak sesuai tentu pembaca akan bingung dengan yang kita promosikan. Misal anda menulis tentang tema “ Gadget” namun iklan affiliate anda adalah produk bayi. Tentu akan banyak yang bingung, alangkah baiknya kita membuat artikel tentang bayi terlebih dahulu baru dibawah artikel kita masukkan link affiliate.

Variasikan Tampilan Link Affiliate

Melakukan variasi pada website agar tidak jenuh dan membosankan amat sangat penting. Pernahkan anda melihat website yang hampir seluruh isi websitenya adalah iklan. Tentu kita akan bosan dan segera meninggalkan website tersebut. Melakukan variasi yang menarik pada website dengan manaruhnya ditempat-tempat yang terlihat namun tidak mengganggu pembaca akan sangat efektif dalam mendapatkan keuntungan dari iklan affiliate.

Siapkan Konten sesuai barang yang dijual

Konten yang menarik pada sebuah website merupakan daya Tarik bagi para pembaca. Membuat pembaca merasakan manfaat dari website kita dan kemudian kembali lagi adalah sebuah nilai yang positif bagi keberlangsungan website yang kita kelola saat ini. Konten yang menarik dapat ditemukan dari forum atau website lain yang aktif, terus berinovasi dan up to date akan membantu kita membuat konten-konten yang menarik.

Berikan Diskon dan hadiah menarik

Bila website kita adalah jualan, perlu sekali waktu memberikan diskon pada produk yang dijual. Kadang dalam affiliate juga mengeluarka promosi pada link afiliatenya hal ini dapat ditawarkan pada pembaca kita supaya mereka bersedia membuka link affiliate yang kita cantumkan.

JENIS-JENIS AFFILIASI

PTC (Paid To Click)

merupakan program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila anda mengeklik iklan yang anda pasang sendiri. Tujuan dari para pengiklan ini adalah membuat websitenya berada pada peringkat pertama pencarian google. Cara ini banyak dilakukan sehingga para pengguna berusaha membuat para pengguna website melakukan klik pada produk atau sebuah link yang disediakan.

Kelebihan dari PTC diantaranya adalah mudah dalam mendaftarkan barangnya atau gratis, dapat meletakkan link di berbagai media tidak harus website atau memiliki website, dan proses untuk mendapatkan komisi mudah, walaupun nilai komisinya tergolong kecil.

Gambar : contoh mekanisme affiliate PTC (sumber gambar : https://killertricks.com/most-trusted-ptcpaid-to-click-websites/)

PPC (Pay Per Click)

Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan di website anda untuk program sebegini. Affiliate sendiri merupakan suatu program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila ada orang melakukan klik iklan.

Gambar : penjelasan mekanisme Pay Per Click pada program affiliate (https://www.wordstream.com/pay-per-click)

CPA ( Cost Per Action)

Program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan dan melakukan aksi seperti mengisi nama dan email atau melakukan download dan lain-lain. Beberapa action yang dapat dilakukan pada affiliate jenis ini diantaranya adalah :

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mengisi alamat email
  • Mengisi survei
  • Memberi informasi kartu kredit
  • Mengunduh file
  • Berlangganan (subscribe) terhadap suatu layanan
  • Menginstall sofware atau aplikasi.

PPS (Pay Per Sale)

PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale jika diartikan kedalam bahasa indonesia, PPS berati bayaran per penjualan(CPS) atau bayaran komisi akan diberikan ketika ada tindakan /penjualan yang terjadi antara pembeli dan penjual. Prinsipnya sistem harga iklan online dimana pemilik iklan dari toko/perusahaan akan membayarkan berdasarkan jumlah penjualan yang secara langsun dari iklan yang terpasang pada web/blog publisher.

PPS adalah program yang paling sulit karena anda bekerja mulai awal dari mendatangkan pengunjung yang tertarget kemudian merayunya untuk melakukan aksi kemudian mengfollow up supaya melakukan pembelian oleh karena itu komisi yang didapatkan besar yaitu 30 % – 70 % dari hasil penjualan.

Gambar : contoh sistem affiliate PPS (sumber : http://www.lowcostconsulting.co.uk/affiliate-marketing/)

MEMASANG AFILIASI PADA WEBSITE

Salah satu affiliate yang saat ini menjanjikan di Indonesia adalah lazada.co.id, tak banyak yang mengetahui kalau lazada.co.id tidak hanya menjual produk saja namun juga memberikan kesempatan bagi pengguna internet untuk juga ikut memasarkan produk yang ditawarkan oleh lazada.co.id. kemudahan menggunakan affiliasi di Lazada.co.id tentu karena perusahaan ini sudah familiar bagi para pengguna internet di Indonesia dan asia tenggara.

Dibawah ini akan dibahas langkah-langkah bagaimana mendaftar program affiliasi pada lazada.co.id :

  • Ketik pada URL mesin pencarian anda “Lazada.co.di”, setelah masuk kedalam halaman lazada.co.id pada bagian footer atau bawah website terdapat menu “jelajahi lazada” lalu menu “Affiliate Program”, setelah itu klik dan anda akan diarahkan pada menu selanjutnya.
  • Lazada memberikan penjelasan sebelum kita memutuskan untuk mendaftar program affiliate lazada. Program affiliate tergolong tidak mempersulit pendaftar untuk mendaftar program affiliate marketing. Bila sudah yakin, silahkan klik menu “daftar”.
  • Bagi anda yang sudah pernah mendaftar, selanjutnya anda dapat memilih menu “login disini”.
  • Selanjutnya pihak lazada.co.id meminta anda untuk mengisi formulir sehingga menjadi pertimbangan pihak lazada untuk menerima permintaaan yang anda ajukan.
  • Setelah semua proses selesai anda menyetujui persyaratan yang diminta oleh lazada.co.id selaku pengelola program affiliate. Selanjutnya, anda akan diarahkan pada sebuah dasbord pendapatan anda. Anda sudah dapat melihat penawaran yang dilakukan oleh lazada.co.id sekaligus melihat penghasilan anda.
  • Kemudian pilih iklan yang ingin anda tampilan dengan sebelumnya

HTML dasar perlu anda pahami disini karena apa yang diberikan adalah bentuk HTML yang kemudian kita akan masukkan pada blog yang kita miliki. hasilnya reviewnya akan seperti ini.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

13 Comments

  1. 1. Apa itu Afiliasi
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.

    2. Kelebihan dari PTC diantaranya
    mudah dalam mendaftarkan barangnya atau gratis, dapat meletakkan link di berbagai media tidak harus website atau memiliki website, dan proses untuk mendapatkan komisi mudah, walaupun nilai komisinya tergolong kecil.

    3. Beberapa action yang dapat dilakukan pada affiliate jenis CPA diantaranya adalah
    Mengisi formulir pendaftaran
    Mengisi alamat email
    Mengisi survei
    Memberi informasi kartu kredit
    Mengunduh file
    Berlangganan (subscribe) terhadap suatu layanan
    Menginstall sofware atau aplikasi.

    4. Cara kerjanya link afiliasi adalah
    kita mempromosikan produk dengan link affiliasi khusus yang telah kita dapatkan dari penyedia produk misalnya anda menjual sebuah buku kemudian ada orang yang membeli produk tersebut melalui link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi karena telah berhasil menjual.

    5. Kelebihan Afiliasi
    •Biaya produksi rendah
    •Lisensi penggunaan free
    •Produk yang dijual tidak terbatas
    •Karyawan kurang diperlukan, semua dikerjakan internet
    •Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman
    •Bekerja 24 Jam
    •Resiko bisnis kecil

  2. 1. Dalam affiliate marketing, kita perlu mengetahui Link afiliasi yang disediakan oleh pemilik barang. Bagaimana cara menjalankan link afiliasi tersebut?
    Jawab : kita mempromosikan produk dengan link affiliasi khusus yang telah kita dapatkan dari penyedia produk misalnya anda menjual sebuah buku kemudian ada orang yang membeli produk tersebut melalui link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi karena telah berhasil menjual.

    2. Sebutkan beberapa keuntungan dari afiliasi!
    Jawab : 1) biaya produksi rendah
    2) Lisensi pengguna Free
    3) Produk yang di jual tidak terbatas
    4) Semua dijalankan internet
    5) Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman

    3. Langkah apa yang harus kita bangun untuk mendapatkan keuntungan dari afiliasi tersebut?
    Jawab : 1) Bangun Traffic pembaca di website
    2) promosikan produk yang berkualitas
    3) Produk sesuai dengan isi website
    4) variasikan tampilan link afiliasi
    5) Siapkan Konten sesuai barang yang dijual
    6) berikan diskon dan hadiah

    4. PTC (Paid To Click) merupakan salah satu jenis dari afiliasi yang memiliki kelebihan yaitu?
    Jawab : mudah dalam mendaftarkan barangnya atau gratis, dapat meletakkan link di berbagai media tidak harus website atau memiliki website, dan proses untuk mendapatkan komisi mudah, walaupun nilai komisinya tergolong kecil.

    5. Program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan pada affiliate jenis ini diantaranya adalah?
    Jawab :
    • Mengisi formulir pendaftaran
    • Mengisi alamat emai
    • Mengisi survei
    • Memberi informasi kartu kredit
    • Mengunduh file
    • Berlangganan (subscribe) terhadap suatu layanan
    • Menginstall sofware atau aplikasi.

  3. 1.apakah Afiliasi sama saja seperti calo?

    Jawab :Memang, secara bahasa, pengertian “calo” namun calo di sini lebih positif dan legal karena sesuai kesepakatan antar kedua belah pihak. Affiliasi memang sama-sama menguntungkan antara pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers) . Tetapi Anda tentu bisa menjadi perantara tanpa harus melanggar hukum, seperti banyak perusahaan broker yang berkembang di Amerika maupun Eropa.

    2. Di kelebihan afiliasi terdapat lisensi apa itu lisensi?
    Jawab : Lisensi merupakan syarat yang biasanya harus dipenuhi untuk mengikuti sebuah program bisnis seperti google adsense, facebook ads, dsb. Selain itu pebisnis konvensional rata-rata mereka harus menyiapkan anggaran untuk membayar lisensi agar dapat berjualan di suatu area tertentu, Namun jika Anda menggunakan program Affiliate Marketing, Anda dapat menyimpan uang yang dialokasikan untuk biaya lisensi tersebut. Karena dengan program Affiliate Marketing ini maka target pemasaran Anda menjadi tidak terbatas dan Anda bebas untuk bergabung di area mana saja.

    3. Sebutkan 3 cara yang mendapatkan keuntungan dari program afiliasi ?

    Jawab : 1.Bangun Traffic pembaca di website. 2. Promosikan produk yang berkualitas. 3.Berikan Diskon dan hadiah menarik.

    4. Sebutkan jenis jenis afiliasi ?

    Jawab :PTC (Paid To Click),PPC (Pay Per Click),CPA ( Cost Per Action),PPS (Pay Per Sale),

    5. Jelaskan apa itu pay per clik ?

    Jawab : Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan di website anda untuk program sebegini. Affiliate sendiri merupakan suatu program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila ada orang melakukan klik iklan.

  4. 1) Apa saja yang kamu ketahui tentang Affliasi?
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual. pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.Memang, secara bahasa, pengertian “calo” namun calo di sini lebih positif dan legal karena sesuai kesepakatan antar kedua belah pihak.

    2) Sebutkan kelebihan Affliasi!
    1. Biaya produksi rendah
    2. Lisensi penggunaan fee
    3. Produk yang dijual tidak terbatas
    4. Karyawan Kurang diperlukan, semua dikerjakan internet
    5. Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman
    6. Bekerja 24 jam
    7. Resiko bisnis kecil
    3) Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari system affiliasi?
    1. Bangun Traffic pembaca di website
    2. Promosikan produk yang berkualitas
    3. Produk sesuai dengan isi website
    4. Siapkan Konten sesuai barang yang dijual
    5. Berikan Diskon dan hadiah menarik
    4) Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis affiliasi!
    1. PTC (Paid To Click)
    merupakan program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila anda mengeklik iklan yang anda pasang sendiri. Tujuan dari para pengiklan ini adalah membuat websitenya berada pada peringkat pertama pencarian google.
    2. PPC (Pay Per Click)
    Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda.
    3. CPA (Cost Per Action)
    Program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan dan melakukan aksi seperti mengisi nama dan email atau melakukan download dan lain-lain. Contohnya seperti mengisi formulir pendaftaran, mengisi alamat email, dan melakukan survey.
    4. PPS (Pay Per Sale)
    PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale jika diartikan kedalam bahasa indonesia, PPS berati bayaran per penjualan(CPS) atau bayaran komisi akan diberikan ketika ada tindakan /penjualan yang terjadi antara pembeli dan penjual.
    5) Apa saja kelebihan dari PTC?
    1. Mudah dalam mendaftarkan barangnya atau gratis.
    2. Dapat meletakkan link di berbagai media tidak harus website atau memiliki website.
    3. Proses untuk mendapatkan komisi mudah, walaupun nilai komisinya tergolong kecil.

  5. 1. Dalam bisnis online semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ?
    Jawab : affiliate link
    2. Apa yang di maksud dengan affiliate merchant ?
    Jawab : affiliate merchant adalah perusahaan atau lembaga pemilik produk yang akan kita pasarkan produknya
    3. Biaya produksi rendah merupakan salah satu kelebihan afiliasi kenapa dikatakan seperti itu ?
    Jawab : karena afiliasi tidak membutuhkan lapak seperti bisnis konvensional afiliasi hanya membutuhkan sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet dan beberapa alat pendukung lainnya termasuk software untuk membuat desain logo dan lain sebagainya.
    4. Kenapa karyawan kurang di perlukan dalam afiliasi ?
    Jawab : karena dalam afiliasi kita hanya memerlukan koneksi internet untuk terus menjalankan bisnis afiliasi sehingga tidak perlu banyak tangan yang bekerja untuk menjalankan bisnis afiliasi
    5. Apa yang di maksud dengan bekerja 24 jam dalam kelebihan afiliasi
    Jawab : bekerja 24 jam dimaksudkan untuk bisnis afiliasi yang tetap berjalan di malam hari karena di belahan bumi lainnya banyak orang yang baru saja akan memulai harinya sehingga bisnis afiliasi akan tetap berjalan dan dapat akses oleh orang orang di sana

  6. 1) Apa saja yang kamu ketahui tentang Affliasi?
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual. pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.Memang, secara bahasa, pengertian “calo” namun calo di sini lebih positif dan legal karena sesuai kesepakatan antar kedua belah pihak.

    2) Sebutkan kelebihan Affliasi!
    1. Biaya produksi rendah
    2. Lisensi penggunaan fee
    3. Produk yang dijual tidak terbatas
    4. Karyawan Kurang diperlukan, semua dikerjakan internet
    5. Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman
    6. Bekerja 24 jam
    7. Resiko bisnis kecil

    3) Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari system affiliasi?
    1. Bangun Traffic pembaca di website
    2. Promosikan produk yang berkualitas
    3. Produk sesuai dengan isi website
    4. Siapkan Konten sesuai barang yang dijual
    5. Berikan Diskon dan hadiah menarik

    4) Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis affiliasi!
    1. PTC (Paid To Click)
    merupakan program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila anda mengeklik iklan yang anda pasang sendiri. Tujuan dari para pengiklan ini adalah membuat websitenya berada pada peringkat pertama pencarian google.
    2. PPC (Pay Per Click)
    Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda.
    3. CPA (Cost Per Action)
    Program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan dan melakukan aksi seperti mengisi nama dan email atau melakukan download dan lain-lain. Contohnya seperti mengisi formulir pendaftaran, mengisi alamat email, dan melakukan survey.
    4. PPS (Pay Per Sale)
    PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale jika diartikan kedalam bahasa indonesia, PPS berati bayaran per penjualan(CPS) atau bayaran komisi akan diberikan ketika ada tindakan /penjualan yang terjadi antara pembeli dan penjual.

    5) Apa saja kelebihan dari PTC?
    1. Mudah dalam mendaftarkan barangnya atau gratis.
    2. Dapat meletakkan link di berbagai media tidak harus website atau memiliki website.
    3. Proses untuk mendapatkan komisi mudah, walaupun nilai komisinya tergolong kecil.

  7. 1. Jelaskan pengertian afiliasi!
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.
    2. sebutkan 5 kelebihan afiliasi!
    1) Biaya produksi rendah
    2) Produk yang di jual tidak terbatas
    3) Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman
    4) Resiko Bisnis Kecil
    5) Lisensi pengguna Free
    3. Sebutkan jenis-jenis afiliasi!
    1) PTC (Paid To Click)
    2) PPC (Pay Per Click)
    3) CPA ( Cost Per Action)
    4) PPS (Pay Per Sale)
    4. Jelaskan apa yang itu PPS (Pay Per Sale)?
    PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale jika diartikan kedalam bahasa indonesia, PPS berati bayaran per penjualan(CPS) atau bayaran komisi akan diberikan ketika ada tindakan /penjualan yang terjadi antara pembeli dan penjual.
    5. apa yang dimaksud dengan PTC (Paid To Click)?
    merupakan program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila anda mengeklik iklan yang anda pasang sendiri. Tujuan dari para pengiklan ini adalah membuat websitenya berada pada peringkat pertama pencarian google. Cara ini banyak dilakukan sehingga para pengguna berusaha membuat para pengguna website melakukan klik pada produk atau sebuah link yang disediakan.

  8. 1. Apa yang di maksud dari Afiliasi ?
    Jawab: Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.

    2. 2. Sebutkan beberapa keuntungan dari afiliasi!
    Jawab : 1. biaya produksi rendah
    2. Lisensi pengguna Free
    3. Produk yang di jual tidak terbatas
    4. Semua dijalankan internet
    5. Tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman

    3. 3. Sebutkan jenis jenis afiliasi ?
    Jawab :1.PTC (Paid To Click)
    2.PPC (Pay Per Click)
    3.CPA ( Cost Per Action),
    4.PPS (Pay Per Sale),

    4. 4. Sebutkan Beberapa action yang dapat dilakukan pada affiliate jenis CPA (Cost Per Action) !
    Jawab : 1. Mengisi formulir pendaftaran
    2. Mengisi alamat email
    3. Mengisi survei
    4. Memberi informasi kartu kredit
    5. Mengunduh file
    6. Berlangganan (subscribe) terhadap suatu layanan
    7. Menginstall sofware atau aplikasi

    5. 5. Sebutkan Beberapa cara mendapatkan keuntungan dari sistem affiliasi !
    Jawab : 1.Bangun Traffic pembaca di website
    2. Promosikan produk yang berkualitas
    3. Produk sesuai dengan isi website
    4. Variasikan Tampilan Link Affiliate
    5. Siapkan Konten sesuai barang yang dijual
    6. Berikan Diskon dan hadiah menarik

  9. 1. sebutkan 3 kelebihan afiliasi !
    – biaya produksi rendah
    – lisensi pengguna free
    – produk yang dijual tidak terbatas
    2. kata lain untuk program afiliasi adalah ?
    – program asosiasi
    3. apa itu afiliasi ?
    – afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk, dengan bergabung menjadi pemasar produk, dan hanya dibayar setelah produk terjual.
    4. langkah apa yang harus kita bangun untuk mendapatkan keuntungan afiliasi ?
    – bangun traffic pembaca di website
    – promosikan produk yang berkualitas
    – produk sesuai dengan isi website
    – variasikan tampilan link afiliasi
    – siapkan konten sesuai barang yang dijual
    – berikan diskon dan hadiah
    5. sebutkan jenis jenis afiliasi ?
    – PTC (Paid To Click)
    – PPC (Pay Per Click)
    – CPA ( Cost Per Action)
    – PPS (Pay Per Sale)

  10. 1. Dalam afiliasi, perusahaan atau lembaga pemilik produk disebut
    Jawab : affiliate merchant

    2. Sebutkan kelebihan affiliasi!
    Jawab :
    – biaya produksi rendah
    – lisensi pengguna free
    – produk yang dijual tidak terbatas
    – karyawan kurang diperlukan, semua dikerjakan internet
    – tidak mengurus biaya order barang dan pengiriman
    – bekerja 24 jam
    – resiko bisnis kecil

    3. Mengapa dalam affiliasi karyawan kurang diperlukan?
    Jawab : era industri 4.0 saat ini menciptakan pengurangan tenaga kerja yang sangat pesat. banyak yang mengkhawatirkan akan tingginya angka pengangguran sebab pekerjaan sudah banyak digantikan oleh aplikasi di androit atau bahkan komputer. dalam affiliate sendiri tidak terkecuali, program ini dapat dijalankan dengan sendirinya selama terdapat jaringan internet.

    4. Adapun beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan dari affiliasi sistem, antara lain :
    Jawab :
    – bangun traffic pembaca di website
    – promosikan produk yang berkualitas
    – produk sesuai dengan isi website
    – variasikan tampilan link afiliate
    – siapkan konten sesuai dengan barang yang di jual
    – berikan diskon dan hadiah yang menarik

    5. Ketika anda mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Maka jenis program yang digunakan adalah?
    Jawab : PPC (Pay Per Click)

  11. 1.Pengertian afiliasi…
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.
    2.Kata lain untuk program afiliasi adalah …
    Program asosiasi, program mitra atau pendapatan sharing program. 
    3.Cara kerja link afiliasi adalah 
    mempromosikan produk dengan link affiliasi khusus yang telah kita dapatkan dari penyedia produk misalnya anda menjual sebuah buku kemudian ada orang yang membeli produk tersebut melalui link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi karena telah berhasil menjual.
    4.pengertian lisensi…
    merupakan syarat yang biasanya harus dipenuhi untuk mengikuti sebuah program bisnis seperti google adsense, facebook ads, dsb. 
    5.Pada bisnis konvensional seorang pebisnis harus …
    membangun suatu lapak untuk menjajakan jualan Anda maka jika Anda menjadi seorang Affiliate Marketer, Anda hanya memerlukan sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet dan beberapa alat pendukung lainnya termasuk software untuk membuat desain logo dan lain sebagainya.

  12. 1) apa yang kamu ketahui tentang Affiliasi?
    jawaban :
    Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual.

    2) Istilah apa lebih umum jika kita menggunakan untuk dunia pemasaran afiliasi?
    jawaban :
    yaitu “program afiliasi”.

    3) •Biaya Produksi rendah
    •Lisensi pengguna Free
    •Produk yang di jual tidak terbatas
    •Karyawan Kurang diperlukan, semua dikerjakan internet
    •Tidak mengurus biaya order barang dan. pengiriman
    •Bekerja 24 jam
    •Resiko Bisnis Kecil
    pernyataan di atas termasuk dalam :
    jawaban :
    kelebihan Afiliasi

    4) Bagaimana jika kita akan mendapatkan bayaran, bila kita menggunakan PPC (Pay Per Click) ?
    jawaban :
    cukup, link iklan website anda di klik oleh pengunjung, dan disitu anda akan mendapatkan bayaran.

    5) Apa program yang paling sulit jika kita menggunakan dalam jenis jenis afiliasi?
    jawaban :
    PPS, karena PPS (Pay Per Sale) adalah program yang paling sulit karena anda akan bekerja mulai awal dari mendatangkan pengunjung yang tertarget kemudian merayunya untuk melakukan aksi kemudian mengfollow up supaya melakukan pembelian oleh karena itu komisi yang didapatkan besar yaitu 30 % – 70 % dari hasil penjualan

  13. 1.Apa yg dimaksid dgn affiliasi?
    Jwb : Affiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk
    2. Apa saja kelebihan dari affiliasi?
    Jwb : biaya produksi rendah,lisensi penggunaan free,produk yg dijual tidak terbatas
    3. Sebutkan jenis-jenis affiliasi?
    Jwb : PTC , PPC, CPA, PPS
    4. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari sistem affiliasi?
    Jwb : bangun Traffic pembaca di website, promosikan produk yg berkualitas, produk sesuai dengan isi website, Siapkan Konten sesuai barang yang dijual, variasikan tampilan link affiliate,berikam diskon dan hadiah menarik
    5. Cara kerjanya link afiliasi ?
    Jwb : kita mempromosikan produk dengan link affiliasi khusus yang telah kita dapatkan dari penyedia produk misalnya anda menjual sebuah buku kemudian ada orang yang membeli produk tersebut melalui link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi karena telah berhasil menjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*