Menerapkan pembuatan website

merancang iklan online

Pada dasarnya kegiatan memasarkan produk dan jasa dapat dilakukan tanpa adanya website. Namun, website merupakan semacam muara dari semua pemasaran berbasis daring/online. Website amat sangat banyak di seluruh dunia dan hanya sedikit yang diingat di kepala para pengguna internet. Website yang baik tentu harus benar-benar informatif, mudah diakses, mudah diingat, bermanfaat. Pengguna internet akan dengan sendirinya mengunjungi website kita dan betah berlama-lama di website yang kita miliki bisa memenuhi kriteria diatas.

Bagaimana cara membuat sebuah website? Lalu seperti apa website yang menarik itu? Pada bab ini kita akan merencanakan pembuatan website yang baik dan memiliki kesan menarik bagi para pengunjung di website kita.

  1. MERANCANG WEBSITE
  2. Tujuan Pembuatan Website

Tujuan membuat website penting dalam mendukung ide kita dapat di terima oleh para pengguna oleh pengguna atau calon pembeli kita. Tujuan yang baik akan menyebabkan sebuah website terarah dari sisi pengembangan konten website itu sendiri. Website sendiri sangat banyak di dunia ini, dan hanya sedikit yang dikenal secara umum. Sebagai contoh website yang terkenal seperti facebook, instagram, dan google sendiri. Website tersebut memiliki tujuan yang terarah akan membuat website berkembang dengan baik, bahkan ketika website tersebut dikelola banyak orang.

Website yang paling banyak di datangi banyak pengunjung saat ini yang berkaitan dengan Hobi dan teknologi. Sebagai contoh kali ini dalam pengembangan kita akan membuat website berbasis teknologi dan satu lagi membuka toko online yang berbasis hobi khususnya jualan anak muda. Topik pada web pertama akan membahas tampilan sebuah website dengan tema teknologi.

  • Mencari Ide Desain

Ide desain hal yang penting dalam awal tahapan pembuatan website yang baik dan terarah. Ide desain juga harus menyesuaikan dengan maksud dan tujuan dari website di buat. Ide Desain juga berkaitan dengan pembuatan logo, Layout desain, Plugin yang digunakan, hingga hasil akhir dari sebuah website. Ide Desain juga menjadi karakteristik antara satu website dengan website yang lain. Desain juga harus dapat dipahami pengguna dan tidak rumit. Sebab, jika sebuah desain terlalu rumit juga dapat membuat sebuah website membutuhkan waktu yang lama ketika di akses sehingga membuat sebuah website menjenuhkan.

Apabila anda mengembangkan sebuah website untuk perusahaan anda juga harus memahami budaya perusahaan, nilai-nilai perusahaan, kegiatan-kegiatan perusahaan. Website bagi perusahaan menjadi awal bagi perusahaan agar dikenal di dunia luar, sehingga website pun harus dapat menarik perhatian dan menjadi bentuk hubungan masyarakat yang baik. Pemahaman desain yang baik juga mendukung pembuatan website yang berkualitas, aplikasi dalam mendesain diantaranya adalah adobe illustration, corel dan adobe photoshop.

  • Menetapkan Struktur Desain

Setelah tujuan dan ide desain sudah didapatkan, langkah selanjutnya adalah membuat struktur desain membuat sebuah website menjadi fokus dan enak di lihat, pengunjung juga tahu tindakan-tindakan yang dilakukan selama di website, misalnya pengunjung tidak kesulitan melihat seluruh isi website, halaman, iklan yang tidak mengganggu tulisan, bagaimana menshare sebuah website,dsb.

Beberapa contoh dari struktur desain website yang bisa dijadikan sebagai referensi diantaranya adalah :

  1. Struktur Desain Sederhana

Struktur Desain ini memang paling simple, sebagian besar pengguna internet menggunakan struktur desain ini. Walaupun sederhana dan umum namun struktur ini mudah diakses dan tidak memakan loading yang lama.

  • Struktur Desain Layout

Struktur ini sangat cocok digunakan untuk website penjualan, dikarenakan punggunaan tampilan atas merupakan katalog utama barang yang sedang dipasarkan. Tipe struktur seperti ini dapat mempermudah pengunjung melihat perubahan terbaru dari website yang sedang dikunjungi.

  • Struktur Desain Pemberitaan

Seperti namanya struktur website pemberitaan memberikan banyak konten pada halaman muka web, untuk menunjukkan konten yang terdapat pada berita. Seperti halnya minat seseorang yang berbeda-beda, struktur ini membantu pengunjung fokus pada peminatannya saja.

Struktur website yang baik juga akan mendukung SEO Sebuah website, ke 3 bentuk diatas akan lebih friendly sebab search engine akan membaca navigasi lalu mengikuti arah-arah navigasi berikut ini didalamnya untuk crawl (sistem jaring laba-laba). Selain faktor search engine struktur website seperti gambara diatas juga akan lebih friendly untuk para pengunjung. Pengunjung website seperti halnya anda sudah terbiasa membaca dari kiri ke kanan sehingga dengan konten yang strukturunya dari kiri ke kanan akan lebih friendly untuk pengguna website di Indonesia.

  • Membuat Taksonomi Website

Berbicara taksonomi identik dengan pembelajaran biologi yang artinya klasifikasi. Website pun membutuhkan taksonomi agar sebuah website dapat dibaca perklasifikasi. Taksonomi memudahkan dalam mengelompokkan dalam satu tulisan yang sama atau terkategori. Bila sebuah website tanpa taksonomi maka akan sulit untuk dilihat oleh para pembaca yang mengunjungi website kita. Langkah-langkah dalam membuat taknosomi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat kategori

Proses taknosomi selesai maka langkah selanjutnya adalah membuat sub halaman sebagai landasan kategori, bila kita ingin memasukkan kedalam teknologi update maka pilih kategori teknologi update, begitu juga dengan kategori lain.

  • Merancang bentuk taksonomi

Setelah itu kita dapat merancang bentuk website dengan membuat coretan tangan pada selembar kertas sebelum kemudian dipindahkan pada perangkat lunak. Merancang bentuk taksonomi adalah proses yang terlatih berdasarkan pengalaman dan observasi dari website yang sudah establish.

  • Menentukan fokus website.

Taksonomi harus dibuat sesuai dengan fokus website, sebagai contoh membuat web teknologi tentu berhadapan dengan teknologi yang sangat luas dan kita tak dapat membahas semuanya. Alangkah baiknya sebuah website fokus pada satu topik saja. Saat ini website yang sangat fokus pada teknologi aplikasi adalah jalantikus.com anda bisa banyak belajar dari website tersebut.

  • MENERAPKAN PEMBUATAN WEBSITE
  1. Menerapkan A/B Testing

A/B testing adalah eksperimen yang menguji perubahan conversion rate antara beberapa variasi dalam website. Tidak peduli berapa banyak waktu yang telah dihabiskan untuk membuat sebuah website, iterasi pertama tidak akan memiliki kinerja sebaik iterasi yang telah melalui beberapa tes A/B Testing. Proses ini bukanlah sekadar bagian waktu untuk merapikan website; upaya ini adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas halaman dalam sebuah situs web. Apabila menjalankan A/B testing dengan baik dan benar, upaya ini akan secara signifikan meningkatkan conversion rate pada website secara otomatis. Ini adalah cara termudah dan termurah untuk meningkatkan standar dari website.

Sebagai contoh, jika ingin meningkatkan jumlah sign up maka dapat menguji beberapa element seperti panjang form, tampilan desain, serta lainnya. Tujuan A/B Testing dalam hal ini adalah untuk mencari tahu apa saja yang mencegah dan mendorong pengunjung untuk mendaftar. Apabila menjalankan A/B Testing dengan baik dan benar, upaya ini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang sign up pada website. Tidak hanya itu product onboarding, sales, dan user engagement semuanya dapat dioptimalkan dengan A/B testing. Asalkan mempunyai tujuan dan hipotesis yang jelas.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*