Menerapkan Pembuatan Blog

Blog adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah WeBlog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diperbarui secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.gambar dan sumbernya. Seperti apa blog secara lebih rinci, manfaat, dan jenis-jenis blog hingga cara membuat blog menjadi pembahasan pada bab ini.

Definisi Blog

Blog merupakan salah satu jenis website yang terdiri dari domain, hosting dan mesin blog. Blog merupakan kependekan dari weblog yaitu situs yang memuat tulisan tentang segala hal seperti artikel, pengalaman hidup, catatan harian, berita terkini, curahan hati, dan sebagainya. Blog selain untuk memposting tulisan, juga dapat memposting gambar, foto, video, dan link.
Blog dapat diibaratkan dengan buku harian yang selalu dapat diupdate dan di edit dengan postingan yang lebih baru. Blog sangat populer, hal ini karena kita dapat memiliki situs pribadi dengan mudah, cepat, praktis, dan gratis. Hal ini berbeda dengan website yang harus memiliki skill pemrograman dan berbayar atau jika diserahkan pihak lain untuk membuat website maka membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

post menjadi cara praktis dalam membuat artikel online ( sumber : https://startbloggingonline.com/blog-post-ideas/)

Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet.Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. sehingga pengunjung dapat mendownload file yang kita masukkan
Dalam membuat pemasaran produk kita, tentu blog juga punya peranan penting didalam menghasilkan profit bagi usaha pemasaran produk. Sebab, blog dapat dikatakan semacam portofolio yang mendukung dan membuat sebuat produk dapat di review dengan baik oleh calon konsumen.

Manfaat Blog

Beberapa Manfaat Blog diantaranya adalah :

  • Dapat mengungkapkan ide dan kreatifitas dalam bentuk tulisan, Setiap orang punya potensi dalam hidupnya yang dapat diceritakan kepada orang lain. Salah satu wadah yang dapat menjadikan sebuah potensi tersebut tersalurkan baik berupa ide dan kreatifitas adalah dengan menuliskannya di Blog. Tulisan tersebut kemudian akan menjadi inspirasi dan bahan bacaan yang dapat diakses dimanapun, sehingga meningkatkan aktualisasi diri kita tanpa batas. Memulai menulis apalagi secara continue memang tidak mudah, dibutuhkan tekad yang kuat dan kejar keras sehingga sebuah ide dan kreatifitas kita diakui oleh orang lain.
Gambar : ide menjadi hal yang penting dala membuat blog (sumber: http://krona.cc/blog/item/32-mencari-ide-bisnis)
  • Sebagai sarana belajar komputer dan internet, Cara terbaik dalam belajar adalah dengan mempraktekkan secara langsung, seseorang yang paham berkendara sepeda motor tentu tidak langsung mahir. Perlu usaha secara rutin, setahap demi setahap. Banyak orang yang kesulitan belajar internet lantaran tidak terbiasa berinteraksi dengan komputer. Melalui menulis blog kita akan terbiasa menggunakan komputer sehingga lambat laun kita akan menjadi mahir dengan internet dan komputer.

Gambar : membuat blog membantu dalam melatih keterampilan komputer (sumber : http://cara-belajarkomputer.blogspot.com/2012/05/cara-belajar-komputer.html)
  • Sebagai ajang latihan dalam menulis, Hasil tulisan yang baik dan menarik bagi pembaca adalah tulisan yang sebelumnya menghasilkan tulisan-tulisan yang memiliki banyak kekurangan. Melalui menulis artikel pada blog kita akan terbiasa mendapatkan feedback dalam diri maupun dari luar semisal komentar yang akan terus memperbaiki gaya menulis kita. Apalagi tulisan yang kita buat adalah tulisan yang bermanfaat dan informatif sehingga kita akan mendapatkan feedback yang rutin sehingga kita akan terlatih menjadi penulis besar.
  • Ajang memasarkan produk secara massif, Sembari menulis anda dapat menjual produk, seperti pepatah memgatakan “sambil menyelam minum air” menulis blog juga dapat menjadi cara untuk mendapatkan penjualan. Sebagai contoh bila kita rutin menulis dan mampu mereview produk kita akan mendapatkan penjualan dari produk yang kita review. Apalagi bila tulisan yang kita buat adalah tulisan yang memiliki pesan yang persuasif sehingga memacu orang untuk membeli barang yang kita jual.
  • Memperluas jaringan, Sesame blogger tentu mereka akan saling membaca artikel yang dibuat rekan sesama blog, banyak blog-blog baru muncul belajar dari blog yang sudah lama berdiri, sebaliknya blog yang lama berdiri juga mencari informasi dari blog-blog yang baru. Hubungan mutualisme/saling menguntungkan ini menjadi jalan untuk memperluas jaringan sebab sebagai makhluk sosial kita perlu untuk bersosialisasi, melalui blog kita dapat berkumpul dengan satu komunitas yang sama.

Gambar : blogger memiliki komunitas sehingga meluaskan jaringan yang membantu dalam memperbaiki blogger pribadi. Sumber : http://lelakibugis.net/blogger-sebagai-profesi-bisakah/)
  • Menghasilkan uang ( google Adsense), Banyak penulis blog yang mendedikasikan menulis sebagai cara untuk mendapatkan komisi dari google adsense. Banyak penulis blog mendapatkan keuntungan dari menulis ketika artikelnya dibaca orang kemudian orang tersebut secara sengaja atau tidak mengklik iklan yang dipasang pada google adsense. Bagi kalian yang ingin meniti karir menjadi penulis tidak ada salahnya membuat artikel dan mendaftarkannya pada google adsense dan lihat seberapa besar pendapatan yang anda dapatkan dari menulis blog.

Jenis-Jenis Blog

Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang berada di internet:

  • Blog Pribadi adalah Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog. Blog jenis ini merupakan blog yang paling sering ditemukan karena biasanya para pengguna blog ini banyak mengisi konten blognya dengan sharing. Artikel jenis ini memiliki kekayaan bahasa luas, sehingga blog terkenal pun kadang membutuhkan ide-ide dari blog pribadi.
Gambar : contoh blog pribadi (sumber : http://10111066.blog.unikom.ac.id/mau-website-gratis.32w)
  • Blog bertopik adalah blog yang dikhususkan membahas tentang topik tertentu,misalnya membahas tentang photografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain. Blog ini lebih professional sebab biasanya para penulis blog ini merupakan orang-orang yang ahli dan memang menggeluti bidang tersebut. Blog bertopik rata-rata di ikuti oleh komunitas blogger yang memiliki minat dan bakat yang sama. Topik dalam sebuah blog membantu sebuah blog biasanya lebih unggul dalam mesin pencarian kata / search engine seperti google dan bing.
Gambar : contoh blog bertopik kebudayaan Madura (sumber : https://www.slideshare.net/SlameTux/pelatihan-blog)
  • Blog kesehatan : blog yang membahas tentang informasi pola hidup sehat, pengobatan dan kesehatan. Kebiasaan orang sejak dahulu adalah mengkliping obat-obatan dan hidup sehat dari majalah atau koran. Saat ini blog sudah menjadi solusi dan merubah cara seseorang mencari informasi tentang kesehatan. Blog saat ini menjadi referensi bagi para pembaca saat ini, sehingga blog jenis ini selalu mendapatkan pembaca yang tidak sedikit.
Gambar : contoh Blog Kesehatan (sumber : https://www.slideshare.net/SlameTux/pelatihan-blog)
  • Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni , baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Sastra identik dengan literasi para blogger sastra rata-rata tak kan kehabisan topik untuk mengisi postingan mereka. Bagi para penikmat sastra blog mempermudah mereka mendapatkan karya-karya sastra dari berbagai macam sumber. Sastra yang baik akan mendukung pengunjung blog jenis ini.
contoh blog sastra
  • Blog perjalanan atau Traveling : blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para pehobi traveling. Travel merupakan blog yang paling menarik, saat ini banyak blogger yang mendapatkan pendapatan untuk membiayai biaya perjalanan mereka. Bila anda orang yang suka jalan-jalan atau traveling sudah saatnya memulai untuk menuliskan dalam sebuah cerita perjalanan yang anda lakukan, blog pengalaman pribadi dan dituliskan tentu akan lebih mengena terhadap pembaca dan tentu akan mendatangkan pengunjung blog yang tinggi.
Gambar : contoh blog tentang perjalan seorang bikers termasuk kategori travel.
  • Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah. Blog jenis ini amat membantu para peneliti dalam membantu para mahasiswa yang sedang menghadapi sidang skripsi atau tesis. Penelitian tidak pernah berakhir selama lembaga pendidikan tetap ada, sehingga blog ini tidak pernah kehabisan pengunjung. Bagi anda yang menyukai dunia tulis-menulis, maka dunia blog jenis ini cocok untuk digeluti.
Contoh Blog Penelitian
  • Blog media : blog tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik. Berita merupakan informasi yang banyak dicari, sebab sifat berita yang up to date. Banyak seseorang yang ingin mendapatkan berita, selain cepat tentu berita yang deskriptif sehingga membantu pembaca mendapatkan informasi secara optimal.
contoh blog media
  • Blog agama : blog yang berisi tentang artikel-artikel inspirasi kehidupan secara spiritual, moral dan nilai-nilai keagamaan. Seseorang yang hidup tentu membutuhkan nilai-nilai spiritual dalam hidupnya, blog jenis ini membantu para pengunjung yang menginginkan mempelajari nilai-nilai keagamaan. Bagi kita yang ingin memiliki bekal untuk akhirat tidak ada salahnya kita membuat sebuah blog dengan topik keagamaan.
contoh blog agama
  • Blog pendidikan : blog yang berisi tentang opini tentang kependidikan, atau blog milik institusi pendidikan.
contoh blog pendidikan
  • Blog bisnis : blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun online, informasi tentang peluang usaha dan hal berbentuk bisnis.
contoh blog bisnis

Membuat Blog berbasis Blogger.com

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. Lalu bagaimana membuat sebuah blog melalui situs website www.blogger.com.

  • Buka halaman web Blogger.com, Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih dahulu.
  • Isi data dan informasi yang diminta lalu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta, verifikasi biasanya meminta nomor ponsel Anda, ikuti saja prosedurnya hingga selesai.
  • Selanjutnya kembali ke blogger.com dan login dengan akun yang baru saja Anda buat. Saat berhasil masuk ke blogger.com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah memasuki tahap pembuatan blog.
  • Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog!
  • Secara sederhana pembuatan blog telah selesai dibuat, tinggal bagaimana kita mengelola konten. Blog Anda sudah berhasil dibuat, klik judul blog Anda untuk mengakses dashboard secara terpisah.
  • Sekarang blog baru Anda perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama Anda. Caranya klik tombol Entri baru.
  • Di halaman ini Anda bisa mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah ditentukan. Pernah membuat pesan email atau Facebook, hampir sama tetapi di Blogger.com konten Anda akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia, jadi pastikan konten atau artikel yang Anda tulis bermanfaat bagi pengunjung. Buat artikel yang menarik, Anda bisa juga menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Coba perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Jadi, silahkan menjejalah dengan menghabiskan waktu beberapa lama di dashboard blog Anda agar lebih cepat paham.
  • Jika sudah selesai klik tombol Publikasikan dan Anda akan dihantarkan ke halaman daftar konten seperti ini. Untuk melihat hasil tulisan Anda, klik Lihat blog.
  • Ini dia hasil blog yang baru saja kita buat, tampilan blog dapat didownload dari berbagai macam situs yang menyediakan tampilan template secara gratis. Anda dapat mendownload template gratis dari www.btemplates.com.

Rangkuman

Blog adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah WeBlog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diperbarui secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.gambar dan sumbernya.
Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet.Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog.
Beberapa manfaat blog diantaranya adalah : Dapat mengungkapkan ide dan kreatifitas dalam bentuk tulisan, Sebagai sarana belajar komputer dan internet, Sebagai ajang latihan dalam menulis, Ajang memasarkan produk secara massif, Memperluas jaringan, Menghasilkan uang ( google Adsense).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*