Menentukan Produk yang laris di jual melalui Internet

Menentukan Produk yang laris di jual melalui Internet

pada kali ini saya akan diskusikan bagaimana cara menentukan produk yang laris yang dapat di jual melalui internet.

sebelum lebih lanjut, mari kita jawab pertanyaan di bawah sebagai berikut? pernahkah kalian melihat para penjual ditoko online menjual produk hingga ribuan? dari mana mereka mendapatkan produk tersebut? dan mengapa produk yang mereka tawarkan selalu laku terjual?

kita akan sama-sama belajar tentang hal ini, mengapa? karena dalam bisnis online tidak ada yang “paling” mahir, semuanya terus belajar dan berinovasi.

kita akan mulai melakukan riset produk, riset kompetitor, melakukan tes produk, tes harga, sampai kemudian menjualnya secara online.

kita mulai dengan menjawab pertanyaan diatas terlebih dahulu, sebelum hal yang lebih rinci kita bahas disini.

baca juga : daftar-website-terbaik-penyedia-blog

1# toko online dengan penjualan ratusan ribu produk.

bagi anda yang suka membeli produk di marketplace anda akan menemukan banyak toko yang menjual produk yang bisa dikatakan sangat banyak.

bila belum mari kita lihat salah satu toko online dibawah ini !

lihat ketiga panah diatas, pertama lihat followernya, tentu banyak yang melihat dan mencari produk toko online ini. setiap produk baru, perubahan produk maka akan dapat dilihat oleh pengikutnya.

sebagai informasi bahwa toko yang punya follower banyak, biasanya menjadikan referensi toko tersebut untuk dijual kembali kepada orang lain. secara sederhana produk yang di jual orang lain diambil dari toko ini. atau istilahnya adalah dropship.

contoh penerapan jual beli di toko online, ini lah yang menyebabkan toko online banyak melakukan penjualan.

jadi, dalam berjualan online kita dapat menentukan 2 hal, pertama : skimming Price yang kedua low price.

skimming price adalah menjual barang semahal-mahalnya, namun pembelinya akan lebih sedikit, tapi keuntungan yang didapat akan banyak, karena kadang ada konsumen yang hanya mau membeli barang yang mahal. anggapannya mahal berarti berkualitas.

atau low price, seperti toko diatas mereka menerapkan lowprice sehingga keuntungan jadi tipis. tapi penjualan akan tinggi apalagi ditambah dengan peningkatan cara-cara penjualan di toko online. jadi untuk membangun toko di atas terutama buat kita yang baru ada cara-caranya.

cara-cara penjualannya ditoko online untuk toko diatas diantaranya adalah:

  1. menggunakan iklan berbayar yang disediakan oleh penyedia marketplace
  2. menjual harga paling murah ( cek kompetitor, kemudian cari yang jual paling murah, lakukan jual beli dengan keuntungan setipis mungkin, nanti kalau sudah ada pembeli ada review, dari situ setelah toko sudah banyak review baru harga dinaikkan
  3. buat deskripsi yang lengkap, atur tampilan produk minimal 3 dimensi ( foto dari depan, samping, dan atas)
  4. mendaftar menjadi toko berbayar ( setiap marketplace berbeda-beda untuk menjadi toko berbayar, yang pasti keuntungan yang sangat banyak dibanding toko yang gratis.

2# dari mana dan bagaimana mendapatkan produk termurah.

produk yang murah merupakan dambaan bagi para pembeli online saat ini. mengapa? sebab pembeli ingin barang yang dibeli merupakan barang yang murah dan punya kualitas yang baik.

begitulah akhir-akhir ini, sehingga produk dari tiongkok mendominasi pasar Indonesia saat ini.

namun tidak hanya dengan menjual barang yang murah saja, kemudian kita tampilkan dengan foto yang sedikit jernih sehingga mempengaruhi keputusan konsumen. namun ada yang lebih penting

yaitu kualitas dari produk tersebut, apakah baik atau hanya asal-asalan.

untuk itu saya coba menyarankan anda untuk membuat produk anda sendiri dan menjualnya di merketplace.

anda dapat meningkatkan nilai penjualan dari sebuah produk dan memberikan nilai unik dari produk yang anda pasarkan.

diantaranya produk yang dapat anda beli sendiri dan menjualnya dengan harga yang lebih mahal diantaranya adalah :

  1. produk dari kain flanel
  2. produk dari running text
  3. produk furniture
  4. produk tempelan dinding
  5. produk souvenir
  6. sablon kaos
  7. buat mug
  8. buat plakat
  9. jual kado untuk produk bayi
  10. dsb
contoh usaha kain flanel dengan sistem PO

contoh dari sistem produksi adalah mereka menggunakan sistem PO disitu keuntungan berjualan di toko online terutama produksi sendiri.

anda dapat menjual produk ini, kepada konsumen anda. sistem PO membantu meningkatan kemampuan anda menjual produk anda.

kalau anda belum siap berproduksi, saya saran segera belajar. untuk memulai menjual barang yang murah sesuai janji saya diatas. mari kita coba pelajari ini secara mudah.

produk murah diambil dari negara seperti china sebab beberapa hal diantaranya adalah : negara ini full employment (semua kerja, hampir gak anda pengangguran), kedua negara china memberikan kebijakan untuk ongkir ( ongkos kirim) yang hampir gratis.

kedua keunggulan ini membuat china begitu merajai produk bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. wow.

baik bagaimana cara membeli produk dari china dengan harga murah? itu pertanyaan mendasar. anda dapat melakukan pengecekan melalui ke-2 website ini.

pertama adalah alibaba.com dan yang kedua adalah taobao.com atau anda dapat juga menggunakan jasa forwarder, anda dapat membaca referensi dari kompasiana berikut ini.

saya akan kembali coba praktikkan secara sederhana bagaimana anda dapat membeli barang murah dari alibaba.com atau taobao.com

berbeda ketika anda membeli produk di marketplace di Indonesia, menggunakan alibaba.com anda harus setidaknya melakukan 3 hal. pertama, anda harus mencari harga yang terbaik, sebab ada bermacam harga di alibaba, diantara yang harus diperhatikan adalah harga yang tidak fix atau terdapat alternatif harga. 2, anda harus mengontak supplier nya, dan nanti harga akan mengetahui sebenarnya. 3. cari produk pembanding dari toko lain, jadi bisa jadi anda tidak mendapatkan jawaban pasti dari satu toko, nah disitu anda harus menanyakan dari beberapa toko “compare”.

memang agak rumit tapi keuntungannya jelas! diantaranya adalah :

  1. harga pasti paling murah dan anda bisa menjual dengan keuntungan maksimal
  2. anda akan mudah bersaing dengan toko yang sudah lebih lama besar.
  3. anda dapat mengendalikan pasar
  4. minim kompetitor sebab produk baru tentu masih sedikit pesaing.

kalau menggunakan taobao, menggunakan bahasa china namun pada dasarnya bila anda dapat memanfaatkannya dengan mencari jasa membaca huruf china, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. taobao dan alibaba adalah satu perusahaan, hanya saja taobao lebih ke sesama rakyat china dan harganya lebih murah.

3# mengapa produk yang ditawarkan selalu laku terjual?

bila ditanya bagaimana membuat sebuah produk itu laku terjual, jawabannya sesungguhnya sangat sederhana.

yaitu : anda menjual produk di orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk tersebut.

ya, untuk itu anda harus melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu tentang produk yang hendak anda jual atau anda pasarkan.

setelah anda tahu produknya anda dapat menentukan sendiri apakah anda punya cukup modal untuk memulai usaha anda sendiri dengan membeli produknya langsung dan menjualnya kembali, melakukan produksi, atau anda cukup menjadi dropshiper atau reseller.

yang pasti jangan terlalu lama menunda untuk anda menjual sebuah produk. sebab bila anda sudah tahu apa yang laku dipasar. namun, terlambat mengeksekusi, hasilnya tentu kerugian buat anda, secara waktu dan financial.

sebagai contoh anda menjual payung di musim hujan, namun anda terlambat dalam mengeksekusinya, hingga musim kemarau datang. wal hasil produk anda akan kurang laku. walaupun tetap ada yang membeli payung untuk menghindari panas matahari.

lebih banyak banyak orang menggunakan payung ketika hujan atau ketika musim kemarau?

anda dapat mencari tahu berbagai produk yang laku dipasaran dengan berbagai macam metode, mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar.

1# google search

mengetahui produk yang laku dipasaran, anda dapat menggunakan akun google trend untuk mengetahui produk yang kemungkinan laku terjual.

sebelum itu kita harus mengetahui kata kunci yang digunakan untuk pembeli melakukan pembelian.

sebagai contoh: bila kita ingin membeli handphone Oppo maka saya akan mengklik “harga handphone Oppo” atau ” Spesifikasi Oppo”.

namun kadang ketika ingin membeli handphone ada yang belum tahu ingin membeli handphone jenis apa.

maka kemungkinan mereka akan mengetik “handphone terbaru” sekarang mari kita coba cek menggunakan google trend.

dari perbandingan ini, sudah bisa kita lihat dapat kita lihat perbandingan pencarian antara ” harga handphone oppo” dengan “spesifikasi oppo” dengan perbandingan yang signifikan dimana spesifikasi oppo lebih tinggi.

tapi, sekarang kita lihat wilayah mana yang mencari produk tersebut. untuk kemudian kita akan beriklan menggunakan google adwords.

gambar diatas memberikan gambaran wilayah yang memiliki klik dengan intensitas yang tinggi. untuk kata-kata yang digunakan adalah kalimat yang diberikan kotak di bawah ini.

luar biasa bukan, sudah mulai tergambar, tapi ini masih kurang spesifik.

2# beriklan menggunakan marketplace

selanjutnya penjualan yang dahsyat adalah dengan menggunakan periklanan di marketplace seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak serta lainnya.

dengan menggunakan periklanan dari marketplace, para marketplace akan meningkatkan penjualan anda dengan menaruh iklan-iklan yang tepat.

untuk di tokopedia anda bisa membaca link ini. bagaimana iklan anda akan di pasang pada marketplace .

seperti yang saya di share diatas, marketplace membantu banyak periklanan produk per produk dari toko anda. sehingga penjualannya melonjak.

agak sulit berjualan di marketplace tanpa menggunakan jasa periklanan.

3# Facebook ads

penjualan yang tinggi juga dapat terjadi menggunakan facebook ads, ada beberapa alasan diantaranya yang paling penting dari menggunakan facebook sebagai iklan adalah.

facebook merupakan media sosial yang mampu mengkategorikan penggunanya dengan sangat rigit.

facebook dapat mengetahui hobby, buku bacaan, musik yang sering didengar, preferensi politik, kesukaan dan ketidaksukaan, dsb.

untuk itulah facebook sangat tepat memberikan siapa saja yang dapat menerima iklan produk yang akan kita pasarkan.

bahkan facebook ads menyediakan banyak tujuan periklanan, seperti penjualan, kunjungan, atau hanya sekedar mendapatkan jangkauan pembaca.

pada bagian atas artikel ini saya menjelaskan tentang penggunaan google trends. melalui google trends tersebut selanjutnya anda dapat menentukan jangkauan dari pengiklan di facebook anda.

iklan anda diharapkan dibaca oleh siapa dan diwilayah mana, facebook memberikan gambaran yang sesuai dengan budget anda.

pada bagian ini juga anda dapat menentukan ikaln anda dijalankan seperti apa, siapa yang akan membacanya, di instagram atau di facebook. semua terkoneksi dengan sangat baik.

waktu terbaik untuk iklan anda, istilahnya prime time dimana kemungkinan iklan anda akan dibaca oleh banyak pemirsa di facebook.

penjualan luar biasa di facebook dapat anda lihat pada mereka yang sudah berhasil menjual banyak produk nya di facebook.

ini adalah salah satu iklan di facebook di akun siswa saya SMK kelas XI. dalam hal ini iklan yang tampil sesuai dengan kondisi di usianya yang sebentar lagi akan mempersiapkan dunia kerja atau melanjutkan kuliah.

untuk itu “like” yang didapatkan juga besar, kemungkinan bila mereka rutin beriklan, jumlah murid yang didapat juga akan besar.

selain itu facebook juga menerapkan facebook flexi dimana orang yang pernah melihat iklan kamu akan dapat kamu target secara terus menerus bila pada iklan pertama mereka belum memutuskan membeli produk yang kamu jual.

pada bagian kanan artikel juga terdapat iklan yang sesuai dengan jenjang dan minat siswa kelas XI

sudah mulai memahami bagaimana Menentukan Produk yang laris di jual melalui Internet. memang butuh waktu yang tidak sebentar untuk menentukan produk apa yang anda akan jual, segmentasi pasar produk anda dan mencari produk termurah.

namun, saran saya jangan menunda untuk anda segera berbisnis karena alasan modal atau kemampuan teknologi.

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*