Peluang bisnis online di Indonesia

Pengguna internet di Indonesia dan di dunia begitu pesat, terlebih dengan ditemukannya smartphone yang identik dengan jaringan internet. Sebelumnya orang menggunakan telephone dan SMS untuk melakukan pemasaran. Sekarang anda dapat beriklan dengan bantuan jaringan internet baik melalui website, media sosial, forum, email, dll.

Bila anda melihat bisnis online berkembang, anda akan kaget bahwa sesungguhnya permintaan selalu ada dan penawaran selalu ada. Bisnis online membantu seseorang menjual barang dengan sangat mudah. Mari kita lihat peluang seperti apa yang dapat diwujudkan oleh bisnis online:

  1. Lihatlah OLX.co.id menjual berbagai macam barang bekas layak dan banyak juga orang-orang yang ingin membeli produk yang bekas namun layak karena anggaran belanja yang terbatas.
  2. Lihatlah bagaimana forum KASKUS membuat berbelanja begitu menarik, dengan review yang lengkap dan komunitas yang mampu memberikan pencerahan ke konsumen sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produknya secara online.
  3. Lihat lah bagaimana market place berkembang begitu pesat, bagaimana tokopedia, bukalapak, dan elevenia bersaing menyediakan tempat untuk penjual menjajakan barangnya.
  4. Lihat bagaimana hobi bisa berkembang pesat, bahkan saya pernah menemukan bagaimana transaksi online bisa dilakukan untuk membeli kura-kura dan mengirimkannya secara paket, bagaimana ikan dikirim dan tidak membuat ikan tersebut mati, bagaimana seseorang dapat menshare pengetahuannya sehingga mendapatkan banyak manfaat dari share tersebut.
  5. Perkembangan itu juga berpengaruh pada bisnis kreatif, seakan menjadi daya Tarik yang menonjolkan kesan unik bisnis kreatif dapat di kenal secara luas, bahkan bisnis kreatif dapat tumbuh karena mereka dapat dengan mudah menemukan siapa pembelinya melalui bisnis online tentunya.
  6. Lihatlah bagaimana website berkembang menawarkan jasa seperti ojek, private, lowongan, tenaga ahli, penghitungan pajak, akuntansi, dll. Semua dapat diakses dengan mudah melalui pencarian.

Namun, pertanyaannya bagaimana kita dapat melakukan itu semua. Tentu tidak semua dapat dimanfaatkan secara bersamaan, namun semua dapat menjadi peluang yang dapat sewaktu-waktu dipilih sesuai dengan trend. Anda dapat memilih fokus pada satu hal dahulu tanpa menghilangkan pada fokus lain. Pagi ini berjualan online dulu, siang buat artikel, sore cari barang murah, malam baca peluang, dsb. Hebatnya bisnis online saat ini.

Lalu bagaimana kita dapat membangun pondasi yang kuat, jawabannya ada 3 hal yang penting dalam membangun bisnis online.

  1. Data

Bisnis online sesungguhnya adalah bisnis data, anda tidak perlu lagi meraba siapa yang akan membeli barang dan barang apa yang laku, dalam bisnis online anda berjualan berdasarkan data dan pengalaman bukan asal coba-coba. Sebagai contoh anda dapat mencari kata apa yang paling populer di google keyword planner untuk melihat kata apa yang populer, anda dapat melihat barang apa yang laku hanya dengan melihat data penjualan di market place. Tidak ada rahasia lagi dalam bisnis online hanya saja kita perlu untuk aktif mencari data tersebut, Karena data tersebut tidak datang sendiri.

  1. Driven

Mengendalikan pasar dapat dilakukan dari data yang sudah terkumpul. Layaknya google map anda diminta menentukan dulu tujuan anda google akan menunjukkan data jalan yang harus dilalui, dari situlah kita punya kemampuan untuk mengarahkan kemana barang tersebut akan kita pasarkan.

  1. Decisions

Keputusan yang tepat dan cara mengeksekusi keputusan adalah langkah yang paling menentukan. Apakah bisnis online anda akan menguntungkan itu tergantung anda sendiri. Keputusan anda menjual barang dari data dan driven tadi menentukan daya serap konsumen akan semakin optimal. Contoh : kota A lebih membutuhkan dari pada Kota B, dengan menggunakan strategi bisnis online anda mengetahui penjualan di daerah A lebih di optimalkan sedangkan Kota B anda perlu membuat iklan persuasive untuk mendatangkan demain yang lebih optimal, sehingga kota B menjadi potensial dan kota A adalah peluang.

  1. Evaluating

Melakukan evaluasi adalah hal yang penting untuk menilai seberapa baik anda memanfaatkan pengetahuan anda terkait bisnis online. Anda dapat mencari cara bagaimana kedepan data,driven dan decisions diambil secara lebih efektif. Evaluating juga membantu anda mencari tahu kelemahan anda dan perusahaan anda sendiri untuk kemudian dicarikan cara untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Melihat potensi bisnis online adalah sebuah langkah yang sistematis dan terarah. Anda dapat terus belajar dari berbagai macam wadah yang terdapat dalam dunia maya, bahwa loncatan perkembangan bisnis online tak dapat anda ikuti selama anda hanya melihat tanpa melakukan aksi nyata. Pengalaman para pemain bisnis online cepat merasa jenuh lantaran belum melakuan aksi menjual dan mendapatkan keuntungan. Sehingga yang didapatkan hanya teori,sementara orang lain praktek kita juga harus terus praktek dan belajar agar unggul dari orang lain. Semoga bermanfaat

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*