Melihat Lockdown akibat pandemik Covid-19 terhadap UMKM dan bisnis online

lockdown terhadap bisnis online dan umkm

libur mengajar selama 2 minggu, cari tahu apa yang bisa diangkat untuk menjadi wawasan bersama di tengah ke jenuhan yang mendera.

wal hasil membahas sisi lain pandemik Corona dari sisi bisnis Online dan UMKM rasanya menarik juga.

selain pekerjaan yang dilakukan jarak jauh, online menjadi salah satu hal yang kemudian mengkoneksikan aktivitas seseorang. membuat pandemik ini menjadi hal yang harus kita dapat atasi secara bersama.

dengan kesabaran dan kesungguhan untuk dapat mengatasi wabah ini secara bersama-sama. ditambah lagi sektor bisnis yang tentu tergerus dengan kondisi saat ini.

untuk itu kita akan membahas bagaimana kita mengatasi dampak hal ini pada bisnis UMKM dan bisnis online tentunya.

UMKM dan bisnis online tentu hal yang berbeda namun tetap saja kedua hal ini memiliki kesamaan.

pengakses bisnis online saat ini adalah orang-orang yang berada pada segment bisnis menengah kebawah. yang mengisi lapak-lapak di bukalapak, tokped di tokopedia, dan para penjual di shopee adalah individu dan tim kecil yang rata-rata bisnis nya dimulai dari modal yang tidak terlalu besar.

awal virus ini dari tiongkok yang rata-rata kita mengambil produk dari sana. pengaruhnya sudah kemancanegara termasuk negara kita ini.

mari kita melihat apa saja pengaruhnya mulai dari yang paling umum :

1# harga masker melambung tinggi

ya dampak yang paling dirasakan adalah tingginya harga yang dapat sewaktu-waktu naik, bahkan ketahap yang tidak wajar. para penimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi adalah hal yang hari ini terjadi.

masker yang dahulunya dijual dari harga yang dulunya antara 30 rb s/d 50rb sekarang dijual hampir 200 rb

dari sisi bisnis memang menguntungkan, namun dari sisi lain sesungguhnya membahayakan sekali. disaat masker harusnya dipermudah, ini malah di persulit.

pada dasarnya dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan bisnis online seperti sekarang ini. positifnya kita harus mampu menangkap sebuah peluang (walaupun saya tidak mendukung penjualan masker yang gila-gilaan)

yang terdapat virus ini ternyata bukan cuma masker, tapi juga alat pendeteksi panas infra red, pencuci tangan, alkohol, sampai hand sanitaiser di jual dengan harga melangit.

bila dilihat dari aspek perkembangan bisnis online sekarang, tentu sebelumnya kita akan menyaksikan bagaimana penjualan produk di online bisnis mengikuti perkembangan zaman. barang- barang yang trend dan berpotensi mendatangkan keuntungan diantaranya adalah :

  1. payung saat musim hujan
  2. gamis saat lebaran
  3. mukena dan sajadah saat ramadhan

semua hal ini harus dapat ditangkap 3 sampai 4 bulan sebelumnya, dengan sesegera mungkin mengambil keputusan.

2# bagaimana google dan facebook menanggapi covid-19 ini ?

facebook dan kerajaan google tentu punya cara untuk memproteksi berita-berita hoaks di media yang mereka kelola.

perusahaan besar ini melakukan proteksi terhadap berita yang tidak benar terkait bagaimana menangani virus ini.

walaupun begitu google dan facebook tentunya berupaya memberikan informasi se-valid mungkin untuk mencegah penyebaran virus ini lebih jauh.

trend pencarian google dengan mengutamakan situs yang terpercaya, dan mencegah situs yang mencari rating.

jadi bila anda menjadikan penyembuhan, pencegahan, dan mengobati virus ini sebagai berita atau tagline utama anda, google dan facebook akan segera memoderasinya. sehingga bahkan artikel tersebut bisa tidak dapat di buka.

3# mengkomunikasikan perubahan menjadi hal penting

kondisi ini tentu mempengaruhi segala hal, terutama hubungan anda sebagai UMKM atau pelaku bisnis online terhadap pelanggan anda.

beberapa perusahaan sudah mulai mengurai karyawannya bahkan ada beberapa yang memutuskan menutup toko.

startup yang hari berkembang menjadi unicorn, menjadikan virus ini sebagai ajang mereka untuk melakukan informasi yang baik, sehingga mengurangi kepanikan pelanggan mereka sendiri.

sebagai contoh banyak provider memberikan paket data gratis untuk para pelajar, aplikasi transportasi seperti goj*k dan Gr*b, menjadikan informasi terkait covid-19 ini sebagai berita yang hangat dan secara simultan di berikan kepada penggunanya.

belum lagi bagaimana marketplace dan e-commerce mulai memberikan informasi harga dan produk kesehatan sebagai menu halaman utama website mereka.

4# Industri perjalan dan pariwisata terdampak paling parah.

industri ini menjadi yang paling pertama menghadapi dan paling terberat setelah virus ini merebak keberbagai belahan dunia.

bahkan disalah satu pemberitaan mengatakan bahwa industri pesawat terbang yang akan mengalami kebangkrutan bila dalam beberapa bulan kedepan virus ini belum dapat diatasi.

namun, industri ini tidak kehabisan akal, ditengah kondisi tersebut, paket perjalanan murah di berikan untuk tetap menjaga wisatawan berkunjung keberbagai negara.

bahkan ada satu cerita dimana pencinta drama korea dapat pergi ke negara gingseng tersebut, setelah mendapatkan promo tiket pesawat yang hanya ratusan ribu rupiah. hasilnya ia berangkat, dan setelah disana korea lockdown jadi sulit buat pulang deh.

itu sekedar cerita saja, namun corona virus ini punya pengaruh besar terhadap industri bahkan mungkin hingga akhir tahun ini.

semoga saja asumsi saya ini salah.

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*