manfaat yang banyak dengan puasa gadget dibulan ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang didalamnya terdapat berbagai keuntungan dunia akhirat yang bisa kita dapatkan seandainya kita dapat memanfaatkan kesempatan ini.
tidak ada yang dapat menjamin apakah kita bisa bertemu dengan ramadhan tahun depan, dan ramadhan ini adalah kesempatan terbaik kita untuk mengoptimalkan ibadah dihadapan Allah SWT.

Allâh Azza wa Jalla berfirman:

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui. [Al-‘Ankabût/29: 64]

Dalam hadits, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perumpamaan bahwa dunia ini seperti setetes air yang melekat di jari, sedangkan akhirat merupakan samudera yang sangat luas. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاللهِ ، مَا الدُّنْيَا فِـي الْآخِرَةِ إِلَّا مِثْلُ مَا يَـجْعَلُ أَحَدُكُمْ إِصْبَعَهُ هٰذِهِ – وَأَشَارَ يَحْيَ بِالسَّبَّابَةِ – فِـي الْيَمِّ ، فَلْيَنْظُرْ بِمَ تَرْجِـعُ

Demi Allâh! Tidaklah dunia dibandingkan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, -(perawi hadits ini yaitu)Yahya memberikan isyarat dengan jari telunjuknya- lalu hendaklah dia melihat apa yang dibawa jarinya itu?

Jadi sayang sekali bila kita tidak mampu memanfaatkan ramadhan ini dan seperti bulan-bulan lain kita lalai dengan teknologi seperti gadget yang ada disekitar kita.
mulai saat ini berusahalah mengurangi penggunaan gadget selama bulan suci ramadhan.
berikut manfaat puasa gadget dibulan ramadhan:

Ibadah jadi Lebih optimal

Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda, “Haruskan saya memberitahukan padamu tentang cara terbaik dari perbuatan yang murni di hadapan Allah, tentang sesuatu dari urutan tertinggi dan lebih baik daripada menghabiskan emas dan perak, dan lebih baik dari pada ketika anda bertemu musuh anda di medan perang?

Sahabat mengatakan: “Ya wahai Rosulullah”. Nabi menjawab, “dengan mengingat Allah.” (HR. At-Tirmidzi)

yuk sama-sama optimalkan ibadah kepada Allah SWT dengan terus mengingatnya dengan berzikir dan amalan lainnya. dan gadget yang membuat kita lalai dari mengingat Allah SWT segera kita hindari.

lebih sering bersilaturahmi

Ramadhan adalah bulan silaturahmi, lihat saja orang-orang lebih sering berbagi dibulan ini. nah, alangkah baiknya anda meninggalkan kebiasaan gadget anda dan mulai bersilaturahmi, dengan banyak orang disekitar anda. mengikuti ifthar jama’i atau buka puasa bersama di masjid dan keluarga terdekat anda.
jauh kan gadget saat ini adalah hal yang paling utama.

Terhindar dari rasa iri dan dengki

tabiat manusia dan hawa nafsu adalah iri dan dengki, iri dalam hal melihat status orang lain yang secara dunia lebih beruntung, dsb. lebih baik anda fokus pada ibadah anda sebab siapa saja yang mampu mengendalikan hawa nafsunya akan menjadi pemenang diakhir ramadhan.

menjaga puasa dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa

enjaga puasa dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa

lagi lihat gadget muncul gambar-gambar yang tidak layak, muncul gambar kekerasan, dan sebagainya yang berdampak negatif.
hal ini akan berpengaruh terhadap nilai ibadah anda dibulan ramadhan. alangkah baiknya segera mungkin sadarkan diri anda untuk tidak menggunakan gadget anda selama bulan ramadhan.

Lebih produktif

percayakah anda bahwa gadget menurunkan produktifitas seseorang. dibeberapa perusahaan penggunaan gadget terutama media sosial mulai dibatasi. ada perusahaan yang memblokir facebook, youtube dan instagram diwaktu-waktu produktif.
dalam hal keduniaan saja seseorang sudah bisa menilai bahwa gadget berpengaruh terhadap produktifitas. apalagi dalam hal ramadhan dimana produktifitas ibadah harusnya di tingkatkan, kurangilah penggunaan gadget sehingga anda dapat dengan mudah memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dibulan ini.

mengurangi tingkat stress

Ketika kamu jadi lebih tenang karena puasa gadget, maka otomatis tingkat stres juga menurun.
Stress ditimbulkan dari sebuah harapan berbanding terbalik dengan realita yang tidak dapat diatasi. stress dari sisi medis membuat seseorang berpotensi memiliki jiwa raga yang sakit.

gadget secara tidak sadar membawa diri kita pada posisi stress akibat banyaknya gambar dan konten yang bersifat bermewah-mewah. menampilkan kondisi ekonomi orang lain yang mapan sampai, keberhasilan orang lain yang jauh diatas kita.
hal ini tentu dapat dihindari selama berpuasa ramadhan asalkan kita mau meninggalkan kebiasaan menggunakan gadget, perbanyaklah ibadah dibulan ini dengan menutup akses gadget anda selama ramadhan.

Jadi, kamu merasa bahwa hidup kamu berat karena gadget? Cobalah untuk melakukan puasa gadget dan rasakan manfaat sehatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*