Lingkungan (Analisis Struktur Industri) dan Pesaing (Analysis Key Success Factor)

Struktur industri dapat ditinjau dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dilakukan oleh pihak terkait untuk menjalankan perusahaannya.

Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai alternatif yang dapat digunakan oleh perusahaan yang kemudian dipilihnya suatu strategi yang tepat.

Hal ini dikarenakan setiap industri atau perusahaan memiliki berbagai perbedaan dalam karakteristik ekonomi, kondisi persaingan, dan prospek keuntungan di masa depan.

Analisis industri juga digunakan untuk mengetahui tingkat persaingan, penggerak/motor arah perubahan industri, posisi pasar, dan strategi dari perusahaan pesaing, serta kunci sukses dalam persaingan (Key Success Factor).

Meskipun lingkungan industri terbilang sangat luas namun dapat dipastikan bahwa terdapat situasi yang kompetitif di dalam lingkungan industri/bisnis tersebut berada. Menurut Porter (1992), key success factor merupakan informasi yang ada di lingkungan perusahaan dan informasi tersebut dapat mempengaruhi kesuksesan dalam mencapai tujuannya, yang
dimana faktor-faktornya merupakan alat atau senjata bagi perusahaan untuk bersaing dan dapat memberikan keuntungan untuk jangka panjang dalam kondisi persaingan industri yang semakin ketat.

Dalam tingkat kompetisi di dalam industri ditentukan oleh lima kekuatan mendasar yang disebut dengan the five competitive force sebagai key success factor.

Di dalam industri, tekanan mengenai kompetisi-kompetisi yang muncul dapat digunakan untuk menentukan komponen kunci dari industri tersebut.

Hal tersebut dapat menunjukkan tingkat kekuatan persaingan yang ada di sektor industri serta peluangnya dalam memperoleh keuntungan.

Lima kekuatan tersebut adalah: (1) pesaing potensial, (2) pemasok, (3) industri penyedia barang dan jasa pengganti, (4) pembeli, dan (5) persaingan antar perusahaan dalam industri dapat dilihat pada gambar 3 tentang the five competitive force sebagai key success factor.

Berdasarkan gambar 1 tentang five competitive models menurut Porter (1992), sebagai berikut:

Pesaing potensial

Suatu industri dapat menemui dan mengalami hambatan yang berasal dari luar, seperti munculnya industry baru atau pesaing baru. Hambatan yang terjadi kepada pesaing baru adalah akan sulitnya dalam memperoleh bahan baku atau input dan sulitnya dalam melakukan pemasaran hal ini disebabkan karena pasar sudah dikuasai oleh industri lama atau terdahulu.

Pemasok

Industri baru biasanya akan mengalami kesulitan dalam memasuki dan melakukan kerjasama dengan pemasok karena pemasok telah lebih banyak memberikan pasokan bahan baku kepada pemilik industri yang telah lama menjalin kerjasama dengannya (pemasok), strategi harus diterapkan oleh industry baru untuk dapat memperoleh kepercayaan para pemasok untuk dapat memasok bahan baku ke industrinya.

Industri barang dan jasa pengganti

Bahan baku atau input tidak hanya dapat digunakan untuk menghasilkan satu produk saja akan tetapi juga dapat menghasilkan berbagai olahan produk lainnya, hal ini juga dapat dijadikan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan usaha dalam rangka meningkatkan tingkat keuntungan (level profitabilities).

Pembeli

Kelompok pembeli terpusat merupakan kelompok pembeli yang sangat penting karena kelompok ini merupakan pelanggan tetap industri. Kelompok pembeli ini meliputi kelompok retail (supermarket, toko, dan grosir), dan mempunyai posisi yang cukup penting bagi industri, selain itu pembeli dalam jumlah besar juga merupakan saluran distribusi untuk dapat menjangkau konsumen atau pengguna akhir.

Persaingan antar perusahaan dalam industri

Persaingan perusahaan yang terjadi telah menimbulkan berbagai hambatan atau ancaman, hambatan atau ancaman tersebut menyangkut beberapa aspek yaitu penanaman modal, teknologi yang spesifik, alat dan skill yang terampil. Di masa depan persaingan yang terjadi akibat aspek-aspek hambatan atau ancaman tersebut akan semakin meningkat atau semakin ketat karena adanya inovasi-inovasi dimasa mendatang karena industri pesaing ada yang melakukan riset dan pengembangan untuk bertahan di dunia industri.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*