langkah-langkah bersaing dengan kompetitor di Bisnis Online

langkah-langkah bersaing dengan kompetitor di Bisnis Online

perkembangan bisnis online di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya memang sangat pesat. perkembangan bisnis online ditandai dengan semakin familiarnya android dan ios bagi para pengguna phone saat ini.

dahulu phone atau alat komunikasi masih amat sangat sederhana, pada saat phone masih terbatas pada panggilan call kemudian menanjak ke sms, bisnis konvensional atau off line masih menjadi yang utama dan bertahan cukup lama. kedinamisan bisnis offline saat itu masih bertahan dengan cukup lama.

sebagai contoh, berapa lama industri pertelevisian di Indonesia bertahan hampir 20 tahun, namun masih menjadi primadona periklanan. disisi lain angkutan umum dan taksi masih menjadi andalan transportasi yang umum berkembang. adapula bila kita ingin berbelanja, tentu mall dan swalayan jadi solusi jitu, dengan pilihan dan tampilan nyata yang dapat di seleksi secara langsung. lebih dari pada itu bisnis offline seperti koran masih merajai, saya ambil sampel majalah atau koran “bola” yang menjadi salah satu majalah paling intens terbit, 2 kali seminggu, setiap terbitan selalu ditunggu. rasanya saya sendiri sebagai pelajar saat itu rela menabung agar dapat membeli koran atau majalah bola.

industri diatas perlu modal besar, millyaran atau bahkan ratusan millyaran untuk bisa membuat bisnis offline seperti diatas. iklan kita harus bayar mahal ke papan reklame,cetak brosur, radio, sampai televisi.

gambaran itu sekarang sudah berubah, anak-anak SD sudah mampu menjual puding buatannya di Instagram, COD an untuk membeli baju dan pakaian sesama komunitas dari facebook, ditambah lagi marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee, yang berburu konsumen sampai pada kebutuhan rumah tangga seperti cabai, popok anak, kosmetik, dsb.

bahkan anak-anak zaman now (2019) lebih sulit membayangkan bisnis offline dibanding bisnis online. istilah endorse, youtuber, influencer, sudah jadi hal yang lebih mudah dijelaskan, bahkan mereka praktek langsung.

butuh modal besar untuk usaha ini? saya kira tidak, ada youtuber yang hanya modal handphone untuk dapat monotize atau pundi-pundi uang dari adsense, ada yang sudah jualan kosmetik secara reseller dan dropship ( sebagaian orang bingung dropship) tapi kalau praktik mungkin sebenarnya sudah sering kita lakukan.

semuanya berkembang sangat pesat. bahkan ada video youtube yang saya tonton memperlihatkan kecepatan teknologi berkembang saat ini. seorang anak kelahiran 2000 ditahun 2015 diminta menggunakan handphone nokia, yang ditahun 2008 masih populer.
perhatikan, bagaimana anak ini kesulitan memainkan handphone nokia keluaran tahun 2008 ditahun 2015, anak ini menyerah.

luar biasa loncatan teknologi kawan, mungkin teknologi yang canggih ditahun ini (2019) akan usang ditahun 2022.

baiklah sesuai judul, saya dan anda ingin kita sama-sama paham tentang bisnis online bukan. begitu mudah nya bisnis online bila kita mau sungguh-sungguh. namun, tidak semua orang bisa sukses di bisnis online. lagi-lagi yang sungguh-sungguh saja yang pasti akan berhasil.

langkah ke-1

fokus pada satu bidang bisnis online daripada mempelajari semuanya.

bisnis online saat ini perkembangannya sangat cepat, satu minggu saja anda tidak buka internet anda akan ketinggalan banyak informasi. bisa anda bayangkan bila anda fokus kesemua hal sekaligus, anda malah tidak efektif dalam meraih kesuksesan.

saya coba sarankan kepada anda apa saja yang dapat anda lakukan diawal bila anda ingin memulai bisnis online, berikut bidang bisnis online yang dapat anda lakukan:

  1. buka toko online di lazada / tokopedia/bukalapak/shopee, dll
  2. jadi penulis artikel di beberapa media seperti jalantikus / babe / klikmania, dll
  3. jual design di fiverr,dll
  4. jadi penulis blog pribadi, dapet adsense
  5. jadi youtuber
  6. jasa pembuatan website
  7. jasa content writer
  8. jadi reseller atau dropshiper
  9. jadi influencer
    10.dan banyak lagi ya sob

masih banyak lagi dan tentu anda tidak dapat menggarap semuanya sekaligus. pilih salah satu fokus, tapi juga jangan abaikan hal lainnya. anda boleh pelajari, tapi tetap saja anda harus punya minat yang kuat disini untuk memulai, dan ingat cari bisnis yang bila anda tidak dibayar anda tetap bersemangat (bukan berarti gratis) tapi carilah bisnis yang benar-benar anda suka kawan.

karna kalau anda sendiri tidak suka, akan sangat sulit bisnis ini berkembang.
kalau tidak ada yang diminat pilih salah satu, lalu fokus seperti saya dulu. saya memulai bisnis online dari membuat website dan menawarkan artikel yang saya buat. wal hasil tidak begitu baik, tapi lama kelamaan saya jadi suka dan seperti sekarang ini.

langkah ke-2

cari kompetitor anda

ya kompetitor itu penting sekali dalam bisnis, ingat juga bisa jadi kita newbie atau baru di bisnis online. sudah ada yang lebih dulu merintis usaha bisnis online mereka masing-masing.

setiap bisnis yang anda lihat mereka buat bisnis mereka juga dari nol besar. modal dengkul bahkan jadi orang yang gak mengerti apa sebenarnya yang mereka jalani.

cuma kesungguhan saja yang buat mereka bisa bertahan dan jadi leader. cari kompetitor paling kuat yang anda temui, kalau sudah dapat nanti kita akan bahas di selanjutnya. dan perlu diingat mencari kompetitor itu tidak mudah, anda harus menelusuri milyaran blog dan website dalam google pencarian.

tapi untunglah, google selalu berusaha menampilkan website terbaik pada halaman pertama, jadi bila anda menemukan kompetitor dihalaman pertama itulah kompetitor anda yang harus anda ajak berkompetensi.

langkah ke-3

bangun mindset bahwa anda bisa menyaingi mereka.

ketika pemilik tokopedia membuat toko online, saat itu sudah atau tokobagus.com yang kemudian jadi olx.co.id. bahkan kaskus.id itu sudah berjaya pada masanya. ketika kaskus berjaya, pemilik tokopedia masih menjaga warnet untuk menyambung hidup.
namun, saat ini tokopedia jadi marketplace paling berjaya di Indonesia. ngerikan. kurang dari 10 tahun pula.

begitulah anda saat ini, saya, dan kita semua. semua punya kesempatan yang sama. anda pernah dengar butterfly effect? teori ini menyatakan bahwa kepakan sayap kupu-kupu di brazil dapat menyebabkan tornado di Amerika serikat.

teori ini bukan bercanda ya ini serius, setelah diteliti memang ada hubungannya kawan. anda tahu presiden Indonesia Jokowi yang bisa jadi presiden dari konsep mobil Esemka.
padahal mobil itu (2019) masih belum kelihatan ada dijalan, tapi itulah salah satu butterfly effect. jadi mau mulai sekarang atau diam saja, mindset itu menentukan.

langkah ke-4

belajar dari kompetitor

carilah kompetitor terkuat lalu ikut dia, apa yang dia lakukan, inovasi apa yang dimunculkan, produk apa saja yang ditawarkan, dan banyak lagi.
ingat disini saya tidak mengajarkan copas ya. google sangat membenci copas, jadi bila ada ketahuan hasil copas, web anda akan kena banned. ngerikan
disini saya akan share ke anda, bahwa dari kompetitor anda anda harus belajar bagaimana mereka membangun bisnis onlinenya.

Dengan melihat kompetitor anda, anda dapat menghemat waktu kesuksesan anda sendiri, tidak perlu anda mengalami kegagalan seperti kompetitor anda, anda sudah bisa mulai sejak hari ini untuk mempelajari kompetitor anda dan lari mengejarnya atau justru menyalipnya.

Langkah ke-5

buat bisnis online anda selangkah lebih maju dari kompetitor anda sendiri.

anda boleh saja mencontoh produk dari kompetitor anda, tapi harus ada value added atau nilai tambah dibanding bisnis online kompetitor anda.

misalnya bila ia bisa kasih harga murah, sementara anda belum bisa, maka anda bisa kasih hadiah setiap pembelian dari produk yang sama. ada konsumen yang lebih suka barang murah, tapi ada konsumen yang lebih suka dapat hadiah. pilih yang mana.

bila bisnis kompetitor anda jualan online saja, coba anda buka offlinenya, sebab zaman sekarang ini ada konsumen yang belum percaya 100 persen dengan bisnis online, masih ada yang suka COD atau mendatangi toko langsung.

bila kompetitor anda membuat bisnis dengan deskripsi yang lengkap, coba anda tambah dengan memberikan video tutorialnya.

begitu terus, tapi ingat jangan menurunkan standar pelayanan di bawah kompetitor anda.
terus begitu nanti dengan sendirinya anda akan mendapat kepercayaan dari konsumen.

kesimpulan

bisnis online selaku berkembang dengan persaingan yang dinamis, tidak ada yang tangguh bila tidak melakukan inovasi. dari inovasi-inovasi itulah ditemukan siapa bisnis online paling straggle hari ini.
pelajari cara anda dalam langkah-langkah bersaing dengan kompetitor di Bisnis Online, sebab, bila langkah tersebut tidak di jalankan, secara otomatis kita akan kalah berkompetisi sebelum bertanding. selamat mencoba.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*