Kunci Sukses menjadi CEO pimpinan perusahaan

Kunci Sukses menjadi CEO pimpinan perusahaan

banyak inspirasi yang didapatkan dari mempelajari para CEO besar dunia, dan di Indonesia sendiri sudah banyak yang menginspirasi bagaimana mereka bisa bertahan dalam terpaan badai ketika membangun usahanya.

di Indonesia kita dapat inspirasi dari pemilik gojek ,tokopedia, dan bukalapak, atau pemilik trans media. semua sukses sebagai anak negeri yang belajar membangun usaha mulai dari pondasi paling dasar yang jarang diperhatikan orang.

semestinya saya dan anda mulai fokus setidaknya membangun mereka dagang kita sendiri, membangun keunggulannya dan memasarkannya kepada orang banyak.

berikut kunci sukses mereka membangun bisnis mereka menjadi besar :

1# punya visi bagus, dan mampu mengkomunikasikannya

berada pada level tertinggi pada sebuah perusahaan, ceo yang baik harus bisa memberikan inspirasi dari visi tersebut kepada seluruh element organisasi bisnisnya. mulai dari Office Boy sampai ke tataran eksekutif perusahaan.

hal ini bukan hanya pada bisnis besar, melainkan juga pada bisnis yang baru tumbuh sekalipun. visi dan misi harus bisa memandu kita bukan malah membuat kita bingung. komunikasikan visi itu pada diri kita kemudian pada orang lain.

perusahaan yang berhasil entah di bidang digital marketing atau bukan visi adalah kekuatan utamanya.

2# sadar akan detail operasional

CEO harus memahami pekerjaan sehari-hari perusahaan, dan bagaimana setiap bagian memahami peran dan kewajibannya. saya teringat dengan pembagian kerja di salah satu perusahaan retail yang berkembang pesat di Indonesia.

mereka menganalogikan pada karyawannya bahwa manager toko harus menggunakan otot 10 persen dan 90 persennya otak, sementara untuk petugas toko sebaliknya mereka menggunakan 10 otak dan 90 persennya otot.

hal ini berlaku disetiap cabang, CEO memahami ini namun, tugas CEO harus lebih besar yaitu menjaga perusahaan. CEO harus menggunakan 99 persen kemampuannya untuk berfikir, sementara urusan teknis CEO harus bisa mendelegasikan kepada bawahannya.

3# Fokus pada trend bisnis

menjadi CEO harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaannya. para CEO harus mengetahui trend bisnis dari perusahaanya. bagaimana bisnis berkembang, mengikuti seminar dan forum CEO, terus bergrillya membesarkan perusahaannya.

hal ini penting apalagi bisnis baru yang harus banyak membangun jaringan bisnis agar semakin besar bisnis yang dikelolanya.

4# mempekerjakan tim manajemen yang handal

CEO yang berhasil punya tim yang kuat, dalam organisasi seperti sepakbola sekalipun CEO perlu tim yang handal dan solid.

sebab CEO bukanlah one man show, ia adalah sebuah organisasi dimana pekerjaan harus dikelola secara rapih dan terencana, melibatkan semua element bisnis yang ada.

5# mengetahui kebutuhan pelanggan

CEO harus bisa menangkap dan fokus pada kebutuhan pelanggannya. melalui rapat-rapat mingguan yang diadakan perusahaan, seorang CEO fokus pada pencapaian terhadap pelanggan.

pelanggan adalah inti dari bisnis yang berkembang, tanpa pelanggan yang loyal maka perusahaan akan tutup. sekarang kita perhatikan bagaimana bisnis berkembang, apa yang dibutuhkan pelanggan. tidak salah siapa yang paling baik menangkap kebutuhan pelanggan dan mampu melakukan closing terhadap pelanggan akan mendatangkan kesuksesan bisnis. hal yang penting dipelajari adalah bagaimana seni membuat copywriting.

semoga bermanfaat

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*