Keuntungan Punya Website sendiri

Website saat menjadi semacam portal yang dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkannya. Website sudah menjadi barang yang lumrah, walaupun perkembangan media sosial berkembang lebih pesat dari website sendiri.

Setiap hari orang bergantian mengakses media sosial yang pada dasarnya mereka semua juga bagian dari website itu sendiri. Media sosial merupakan jenis website yang paling populer saat ini, karena mereka memberikan akses kepada pengguna agar memiliki halaman dashboard sendiri yang dapat mereka akses sesuka hati pengguna.

Selain itu, saat ini website menjadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh pemilik perusahaan atau usaha dengan berbagai skala yang ada. Pengusaha besar walaupun mereka banyak menyediakan konten pemasaran melalui media televisi, radio, billboard, vtron, pamflet, brosur, dsb. Namun, mereka tetap menjadikan website sebagai muara dari biaya iklan yang telah mereka keluarkan.

Banyak juga yang menjadikan website sebagai sarana untuk menjadi tempat sarana periklanan sehingga dari setiap post artikel yang dibuat akan ada royalty fee dari iklan yang tayang, ada juga yang menjadikan website sebagai sarana yang mempertemukan antara satu pihak dengan pihak lain sehingga setiap transaksi yang ada sang pemilik website akan mendapatkan keuntungan. Tentu apa yang saya gambarkan ini masih sekelumit kecil dari sebagaian besar fungsi website itu sendiri.

Berikut adalah keuntungan lain dari memiliki website sendiri terutama bagi anda para pebisnis atau produsen :

  1. Dapat menentukan strategi Pemasaran sendiri

Dalam website sendiri kita tidak harus mengikuti aturan yang di mainkan oleh pemilik website yang kita tempati. Sebagai contoh, akun marketplace tokopedia sekarang mewajibkan bagi para sellernya untuk membuka akun atau melakukan penjualan sebulan sekali, belum lagi iklan yang masuk dan kadang kita tidak butuhkan.

Bagi pemilik website sendiri hal itu tidak akan terjadi, kita dapat mengatur website sesuka hati  kita, melakukan promosi produk kita tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

  • Personal Branding sendiri

Banyak sekali kasus seseorang membeli sebuah produk di marketplace seperti bukalapak, atau tokopedia. Namun ketika mereka hendak melakukan pembelian ulang, mereka sudah tidak mengingat atau menemukan kembali toko yang pernah mereka beli. Selain itu, bila kita melakukan penjualan disana maka dengan otomatis kita membesarkan marketplace yang bersangkutan. Bila anda mempunyai website sendiri hal itu tidak akan terjadi.

  • Memiliki Marketshare sendiri

Website membuat kita dapat menentukan marketshare sendiri, siapa yang hendak kita bidik untuk menjadi konsumen kita. Dan konsumen sendiri akan dengan mudah membedakan karakteristik dari perusahaan kita.

  • Bebas Mengembangkan Konten

Website setiap harinya selalu mengalami pembaharuan baik secara template, plug in, tampilan, dan trend tampilan website itu sendiri. Pembaharuan ini bisa kita praktekkan dalam website kita sendiri. Tentu disamping kita akan semakin mahir, tentu website kita akan semakin baik dan itu dengan otomatis akan meningkatkan penjualan kita.

  • Terhindar dari perang harga

Tantangan terbesar bagi penjual di marketplace seperti tokopedia, shope dan bukalapak adalah mereka kesulitan untuk menjual dengan harga yang sesuai. Sebab dalam marketplace terdapat puluhan produk yang sama yang kita pasarkan. Oleh sebab itu, fungsi website adalah mencegah hal terjadinya kompetisi, kita bisa menjual dengan harga yang pantas bagi kita tanpa khawatir konsumen akan berpindah ke kompetitor

Sekian dulu diskusinya, silahkan komentar di bawah untuk perbaikan konten website ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*