Jenis keyword yang dapat mendatangkan penjualan

Jenis keyword yang dapat mendatangkan penjualan

Tidak semua keyword dalam yang dapat menghasilkan penjualan, pernah saya mencoba menjual barang namun tak kunjung dapat pembeli. setelah dianalisis ternyata keywordnya kurang tepat atau jarang di ketik oleh orang-orang yang hendak mencari produk. SEO sendiri seperti sebuah analisa apa yang akan di ketik oleh pengguna internet.

keyword yang kita ketik pada dasarnya belum tentu berbanding lurus dengan konversi penjualan atau mendatangkan pembeli. bila kita ingin menjual dengan optimal setidaknya kita tidak fokus pada kata kunci yang banyak di google yang dapat kita lihat pada google keyword planner.

sebagai contoh kata kunci “handphone” akan berbeda dengan kata kunci “iphone x”. kata kunci pertama tentu banyak orang yang mencari handphone bukan, ketika seseorang ingin memutuskan membeli handphone tentu mereka akan ketik keyword diatas, namun para pembeli akan menggunakan keyword merek handphone yang akan dibeli. sampai sini sudah ada gambaran?

setidaknya terdapat beberapa jenis keyword yang dapat mendatangkan penjualan.

  • keyword merek

keyword merek adalah keyword yang diketik berdasarkan spesifikasi tertentu, biasanya langsung kedalam pengetikan merek tertentu, bagi anda yang hendak menjual produk tidak ada salahnya membuat posting dan update barang dimulai dari nama merek produk anda.

  • ¬†keyword produk

produk keyword adalah keyword yang spesifik pada nama sebuah produk yang hendak dipasarkan. jenis keyword ini cocok untuk menjual produk hobi atau sesuatu yang tidak tergantung merek. sebagai contoh bagi para pencinta burung koleksi, kata kunci “lovebird” adalah merupakan jenis produk yang dijual.

  • keyword Kompetisi

keyword kompetisi merupakan keyword yang bertujuan untuk membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain. banyak para website melakukan pembandingan produk, kadang mereka mengunggulkan satu produk atau malah saling menunjukkan sisi positif produk. membandingkan produk dapat meningkatkan penjualan lantaran para pembeli akan timbul rasa ingin memenangkan atau mempunyai alasan dari pembelian produk.

sebagai contoh paling populer saat “Xiaomi vs Oppo” atau “kelebihan nokia dibanding blackberry”

  • keyword substitusi atau barang pengganti

keyword substitusi adalah sebuah keyword yang memberikan alternatif bagi para pembeli untuk mencari alternatif dari sebuah produk yang ada. bagi kalian yang pernah menggunakan produk tentu kadang ada rasa kurang lengkap atau kurang sempurna.

sehingga konsumen dapat mencari barang yang dapat menjadi alternatif dari masalah nya. misal produk “silet” dengan “pencukur rambut” atau “Pembersih jenggot”,dll.

  • keyword produk pelengkap

keyword produk pelengkap adalah sebuah keyword yang digunakan untuk mencari barang pelengkap pada sebuah produk.  usahakan bagi produk anda yang sedang dijual carilah produk lain yang sering digunakan berdekatan atau malah digunakan bersamaan saat menggunakan produk anda.

bila anda menjual casing handphone, maka satu waktu anda dapat mencantumkan produk handphone untuk lebih mendekatkan konsumen anda dengan casing anda. buatlah mereka merasa perlu melindungi atau mempercantik handphone mereka dengan casing anda.

  • Keyword para pengguna

keyword pengguna adalah keyword yang sering digunakan oleh para pengguna yang dituju, mengenal karakteristik pengguna dibutuhkan dalam memanfaatkan keyword ini. sebagai contoh bila anda menjual sebuah jearsey sepakbola maka anda dapat menggunakan keyword pesepak bola untuk dapat memperkenalkan produk anda.

carilah seperti apa pengguna anda, siapa mereka? seperti apa minat mereka? setelah itu coba carikan solusi dari masalah yang mereka miliki, sesekali lakukan penawaran dan closing pada produk anda.

  • keyword pertanyaan

pernah lihat keyword seperti ini? ” bagaimana cara melihat status whatsapp orang lain” atau ” bagaimana menggunakan iphone x yang benar”. keyword ini adalah jenis keyword pertanyaan. keyword pertanyaan adalah keyword yang sering dicari oleh calon konsumen ketika membuka google. keyword jenis ini memang kurang dapat dikonversi dalam penjualan. namun dalam jangka panjang amat sangat efektif dalam meningkatkan penjualan anda.

  • keyword musiman

keyword musiman adalah keyword yang sangat berpotensi mendatangkan pembeli pada waktu-waktu tertentu akan tetapi akan banyak diketik orang pada waktu tertentu. contoh paling populer adalah bagaimana “jas hujan” akan banyak di cari saat musim hujan namun pada musim biasa akan sedikit pencarian.

  • Keyword terbaru

keyword terbaru adalah jenis keyword yang populer hanya pada saat tertentu saja, bahkan bisa jadi hanya satu kali. sebagai contoh perusahaan yang merelease produk terbaru “iphone x” merupakan trend keyword pada masa itu saja. segera mungkin memanfaatkan keyword ini atau tidak akan ada kesempatan lagi. bagi anda yang masih memiliki produk yang lama tentu tak perlu khawatir, sebab bila anda menggunakan keyword ini anda akan mengingatkan kembali para calon konsumen tentang produk anda.

semoga artikel ini bermanfaat, kombinasi dari banyak keyword akan meningkatkan penjualan anda.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*