Jeffrey Bezos, sang pendiri Amazon.com

Jeffrey Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico pada tanggal 12 Januari 1964. Jeffrey dilahirkan ketika ibunya yang bernama Jackie Bezos masih berusia belasan tahun. Pernikahan ayah dan ibunya hanya bertahan setahun. Ibunya menikah kembali dengan Miguel Bezos imigran asal Kuba. Saat Jeffrey masih duduk di bangku sekolah dasar, keluarganya memutuskan pindah ke Houston, Texas. Kelas 4 hinggal kelas  6 dilewatkan Bezos kecil di sekolah dasar River Oaks Elementary, Houston.

Jeffrey termasuk anak yang memiliki bakat di bidang mekanik, sejak kecil ia sudah mencoba membongkar sendiri kamar tidurnya dengan obeng. Ia juga pernah mengutak-atik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk kamarnya. Garasi orang tuanya ia jadikan laboratorium ilmiah. Ketika di terima di Universitas Princeton, Jeffrey mengambil jurusan Fisika, tapi berubah pikiran dan mendalami ilmu komputer.

Setelah lulus dari Princeton, Jeffrey mendapat pekerjaan di Wall Street dibagian komputer jaringan. Ia mulai membangun jaringan komputer di sebuah gedung yang dijadikan pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Selanjutnya Jeffrey bekerja sebagai analis keuangan untuk D.E Shaw & Co. Jeffrey yang seorang ahli komputer akhirnya banyak bersinggungan pada perdagangan dan bisnis yang selanjutnya membuatnya tertarik mendirikan Amazon.com.

Kantor Amazon.com yang pertama adalah garasi rumah Jeffrey. Jeffrey berperan sebagai pendiri, direktur utama, CEO, dan Ketua dewan direktur Amazon.com. timnya menghabiskan satu tahun untuk mengembangkan program database dan membuat situs amazon.com yang kemudian diluncurkan pada bulan Juli 1995. Jeffrey memilih kota Seatle sebagai kantornya karena dekat dengan dua grosir buku besar. Amazon.com memang awalnya adalah toko buku online, sesuatu yang sulit dipikirkan saat itu adalah bagaimana cara berjualan buku secara online? Apakah ada yang mau membelinya?

Bagi Jaffrey hal ini adalah peluang sebab pasti pangsanya masih belum di garap oleh orang lain. Terbukti hasil karyanya membangun Amazon.com membuahkan hasil, Amazon.com menjadi referensi toko online dunia. Ia juga dipilih sebagai person of the year oleh majalah TIME. Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. pada tahun 1998, Bezos memiliki 41% saham Amazon.com, pada akhir tahun sudah ada 4,5 juta orang dari 160 negara telah berbelanja di amazon.com.

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*