JACK MA ,guru Bahasa Inggris yang mendirikan Alibaba.com

Siapa pemilik Lazada.co.id? ternyata perusahaan marketplace ini sudah milik Jack Ma Pengusaha yang menggeluti usaha internet marketing dan paling sukses di dunia saat ini. Jack ma lahir di Hangzhou, Zhejiang, Cina pada tahun 1964. Sejak kecil Ma sudah tertarik bahasa inggris. Saat usianya 12 tahun, ia sudah mulai belajar bahasa inggris, bukan dari kursus melainkan dengan berdialog lansung dengan para tuis. Setiap hari, ia harus mengayuh sepedanya selama 40 menit untuk dapat menuju distrik yang banyak turis.

Pengalaman Jack Ma kecil dimulai dari membuatnya terbuka wawasan globalnya hingga ia di senangi oleh banyak turis. Bahkan Jack Ma pernah diajak ke Australia pada tahun 1985 yang semakin mengubah wawasannya dengan dunia internasional. Jack Ma memutuskan untuk melanjutkan studi bahasa Inggris nya di Universitas namun 2 kali ia gagal mengikuti jalur tes hingga akhirnya di terima di Hangzhou Teacher University. Ma menyelesaikan dalam waktu lima tahun, selama di Universitas  Ma sudah banyak mendapatkan pengalaman dari organisasi mahasiswa dan pernah menjadi ketua federasi mahasiswa di universitas tersebut.

Lulus dari Universitas Ma menjadi pengajar di Universitas  tersebut dan mendapatkan gaji 100-120 renminbi atau setara Rp. 114.000, 00-142.500,00 perbulan. Mimpinya sebagai pengusaha terus ia bangun sampai akhirnya pada tahun 1995 temannya memperkenalkan internet.

Awalnya ia mencari sebuah kata pada mesin search engine, dan Ma tidak mendapatkan kata yang dicarinya. Akhirnya ia membuat website sendiri Cina Pages yang bertujuan agar produk Cina dapat dicari di Internet. Ia kemudian membesarkan usaha websitenya dengan mendapat pinjaman US$ 2000, kenekatan Ma dalam mendalami internet tanpa mengetahui secara mendalam PC ia mengembangkan potensi internet di Cina.

Domain Alibaba.com yang mendunia ia beli pada tahun 1999 ketika ia bekerja membantu pemerintahan Beijing untuk mempromosikan e-commerce. Kenapa alibaba? Sebab orang Amerika sering menyebut alibaba untuk pengusaha asal Cina yang sukses di Negara paman sam tersebut.

Kini pendapatan alibaba.com sudah mencapai US$ 8 Juta dan pendapatan ini terus meningkat. Sekarang ia punya banyak perusahaan termasuk membeli web e-commerce terkenal di Asia Tenggara Lazada. Tak ada yang menyangka guru bahasa inggris dan tak paham komputer berhasil menjadi pengusaha sukses di bidang e-commerce. Keyakinan dan semangat mengejar cita-cita yang kuatlah yang membuat Jack Ma mendapatkan kesuksesannya.

About Imam Punarko 161 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*