hal yang disiapkan sebelum memulai startup

banyak yang hari ini menjadi seorang milyarder bahkan orang terkaya didunia didapatkan bukan dari menjadi keturunan orang terkaya atau modal yang besar.

era saat ini bahkan orang terkaya didunia mendapatkan kekayaannya dari memanfaatkan teknologi dengan bermodalkan biaya yang kecil. keseriusan membangun usaha menjadikan bisnis mereka tumbuh besar.

begitulah era startup menjadi pembeda abad ini, diIndonesia sendiri William ketika membangun Tokopedia dengan bermodal pas-pasan, berbekal pekerjaannya sebagai seorang penjaga warnet, william benar-benar membangun bisnis tokopedia membesar hingga menyandang grade unicorn sebuah perusahaan dengan nilai asset diatas 1 trilliun dalam waktu yang sangat singkat pula.

didunia ada google yang membangun bisnisnya dari garasi rumah, kemudian melakukan coding terhadap sebuah website. begitulah karakteristik startup bila dikelola dengan baik dengan modal yang kecil, dan pendapatan yang cepat serta besar. buktinya hingga saat ini malah google mengalahkan banyak perusahaan yang dibangun berpuluh-puluh tahun.

ini merupakan contoh perusahaan teknologi yang berhasil berkembang hingga saat ini. fakta lain terkait startup tidak selamanya berbuah manis. banyak juga yang gagal, bahkan menurut survey di Amerika startup yang tumbuh 80% harus ditutup lantaran tidak mendapatkan investor.

penyebab kegagalan startup

untuk itu saya coba share apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun startup yang akan kita buat:

  • Pastikan Ide Startup anda memang dibutuhkan
  • Team terbaik
  • produknya dapat dilihat
  • Produk startup sudah memiliki pengguna
  • memiliki keuntungan
  • kelihatan untungnya
  • coba tekan ketakutan investor

coba jawab hal diatas, dan mulailah bisnis start up anda sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*