Definisi Media Sosial dan Penjelasannya

Oleh :desti

PENGERTIAN MEDIA SOSIAL


Media Sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi, yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring seosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.


Jejaring sosial adalah bagian dari media sosial yaitu pemanfaatan media sosial untuk membangun jaringan pertemanan, jaringan bisnis, jaringan pergerakan, bahkan bisa membangun aksi demonstrasi besar-besaran.


Kini media sosial bukan hal yang baru untuk masyarakat dunia ini. Jarak udah bukan menjadi persoalan, waktu tempuh informasi kini semakin cepat. Media sosial saat ini sudah menjadi gaya hidup dan bahkan bagi beberapa orang sudah menjadi kebutuhan. Media sosial yang banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah Facebook dan Instagram .

PERBEDAAN ANTARA WEBSITE DENGAN MEDIA SOSIAL

Perbedaan website dan media sosial adalah :

No Website Media Sosial
1 Informasi fokus pada topik tertentu Informasi dalam 1 akun dapat bermacam-macam
2 Pengetahuan tentang website diperlukan untuk membuat sebuah website Mudah dibuat, cukup memiliki email dan media sosial
3 Memiliki media berupa forum dan membutuhkan admin (webmaster) Dapat membuat group dengan mudah dan siapapun dapat menjadi admin
4 Produk ditawarkan melalui etalase virtual Produk dapat ditawarkan dalam halaman khusus (fan page)
5 Perlu plugin atau code program untuk menambahkan fasilitas online chat Sudah terhubung secara daring dan dapat secara langsung melakukan online chat
6 Mesin pencari bersifat lokal Mesin pencari terhubung dengan jaringan dalam media sosial

MACAM MACAM PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL


Bisnis online menggunakan media sosial paling berpotensi untuk mendapatkan keuntungan mengingat jumlah pengguna media sosial kian hari kian bertambah. Berikut ini beberapa media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi:

Facebook

Facebook (FB) adalah media sosial yang banyak digunakan masyarakat ini. Indonesia masuk dalam 5 besar pengguna facebook terbesar di dunia.
Berikut ini beberapa keuntungan pemasaran menggunakan media sosial facebook:
a. Cara membuatnya mudah
b. Cara menggunakannya mudah
c. Pasar FB luas
d. FB banyak memiliki fasilitas pendukung

Twitter

Media sosial Twitter atau yang dikenal juga sebagai microblog adalah media sosial dengan pengguna ke-4 terbesar di Indonesia setelah facebook, youtube, instagram.
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah membuat akun Twitter agar hasil yang diharapkan optimal:
a. Gunakan nama yang dikenal pasar
b. Gunakan profil yang menarik
c. Berikan informasi terbaru (update)
d. Carilah teman sebanyak-banyaknya
e. Pilih kata-kata yang menarik
f. Pilih topik yang tepat
g. Arahkan teman ke website atau blog

Pinterest

Media sosial pinterest bekerja seperti gambar yang ditempel pada board yang mudah diingat oleh siapapun yang melihatnya. Pinterest dapat digunakan sebagai sarana bisnis online, dengan cara kerja yang berbeda dari facebook dan twitter. Tujuan pinterest adalah berbagi gambar yang anda temukan secara daring. Pinterest dapat melayani berbagai tujuan yang berguna bagi bisnis ataupun untuk pengguna pribadi.
Berikut ini tips menggunakan media sosial pinterest untk memasarkan produk atau jasa :
a. Kelompokkan produk
b. Tampilkan produk terbaru
c. Promosikan produk musiman
d. Bangun jaringan

Linkedln

Linkedln adalah situs web jaaringan sosial yang berorientasi bisnis terutama digunakan untuk jaringan profesional. Agar mendapatkan manfaat maksimal dari linkedln, pastikan kolega anda di linkedln adalah orang-orang yang anda kenal dan yakin akan mempunyai pengaruh positif daalm kehidupan profesional anda.
Manfaat linkedln antara lain sebagai berikut :
a. Membantu rekruitmen pekerja
b. Membantu pemasaran
c. Memberikan penawaran biaya

PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO

Seiiring dengan perkembangan teknologi, video merupakan media online yang sangat efektif. Media sosial erbagi video YouTube menempati peringkat 1 jumlah pengguna besar di Indonesia. Anda dapat mengaplikaikan video menggunakan media website atau blog, dapat juga menggunakan media sosial video seperti YouTube.com keuntungan menggunakan media youtube untuk pemasaran antara lain sebagai berikut :
a. Akun dapat dimiliki dengan gratis
b. Mudah di indeks oleh mesin pencari
c. Dapat dimanfaatkan untuk viral marketing
d. Memiliki tampilan yang dinamis
e. Dapat digunakan untu branding dapat digunakan sebagai media pembelaaran
f. Menjadi sumber passive income

VIRAL MARKETING

Istilah Viral Marketing dikemukakan oleh Hardvard Business Shool Jeffrey Rayport dalam artikelnya yang berjudul “ The Virus of Marketing” dimajalah Fast Company pada tahun 1996. Viral marketing dikembangkan oleh Steve Juvertson dan Tim Draper dari perusahaan modal ventura Draper Fisher Juvertson pada tahun 1996.

Beberapa pakar mengatakan bahwa pemasaran viral marketing adalah model pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mounth / WOM) dengan media internet. Menurut Ferguson (2008), hasil yang diinginkan dari viral marketing adalah pemasaran WOM, dimana seseorang mengatakan kepada orang lain tentang sebuah video menarik di youtube ataupun sebuah aplikasi di facebook. Yang membedakan WOM dari viral marketing adalah media yang digunakan mviral marketing menggunakan media elektronik sebagai sedangkan WOM menggunakan media langsung antar orang.

  1. Fungsi viral marketing
    a. Meningkatkan jumlah pengunjung
    b. Meningkatkan penjualan
  2. Faktor pendukung viral marketing
    a. Medis online
    b. Email, link ataumedia dari mulut ke mulut WOM
    c. Isentif atau reward
    d. Group atau komunitas online
  3. Kelebihan viral marketing
    a. Informasi up to date
    b. Biaya murah
    c. Kekuatan referal
    d. Terukur
  4. Media viral marketing
    Viral marketing dapat meningkatkan dengan cepat di era online saat ini apabila didukung media online. Berikut ini media yang dapat digunakan untuk menjalankan viral marketing :
    a. Email
    Pean viral dapat disebarkan dengan cepat menggunakan media sosial. Buatlah pesan email yang menarik, lengkap dengan produk yang anda tawarkan beserta tata cara dan rewardnya. Viral marketing akan lebih efektif jika memiliki banyak teman.

b. Blog
Media blog dapat digunakan karena memiliki kemampuan untuk menampilkan produk dengan menarik. Blog anda diisi dengan produk yang akan anda tawarkan. Dalam perkembangan terkini blog juga diintegrasikan dengan jejaring sosial.

c. Jejaring sosial
Media sosial atau jejaring sosial seperti facebook dan twitter sangat efektif. Jejaring sosial ini mudah dibuat, dan termasuk media interaktif karena memudahkan penggunanya unu berbagi gabmar, informasi, dan chatting. Dengan demikian, setiap pertanyaan dapat dijawab dengan cepat.

d. Video viral
Video viral adalah sebuah video yang menjadikan populer melalui proses berbagi internet, khususnya melalui media situs berbagi video. Terdapat banyak siitus berbagi video atau video viral yang populer, antara lain : Break.com, Collegehumor.com Newgrounds.com, Veoh.com, YouTube.com.

e. Viral e-book
Layanan viral e-book lebih efektif dibandingkan menggunakan media buku yang cara pengiriman atau mendapatkannya relatif lebih lama dengan biaya yang relatif besar. Dengan menggunakan e-book apalagi dalam bentuk PDF, pengguna dapat efektif dan efisien menjual produk yang ditawarkan, yang pengirimannya dapat melalui emial atau user dapat mengunduh via website dengan mudah dan tanpa biaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*