Cara Pemasaran usaha lokal yang optimal

banyak pemasaran dilakukan oleh orang-orang yang mulai memasarkan produknya, bahkan untuk yang tidak dapat memanajemen dengan baik pemasarannya justru dari titik itu sebuah usaha bisa gulung tikar. namun artikel ini tidak untuk menakut-nakuti, artikel ini dibuat untuk memberikan gambaran bahwa pemasaran merupakan point penting dalam meningkatkan omzet penjualan anda.

pepatah mengatakan bahwa setengah dari pemasaran adalah membakar uang, artinya ungkapan ini memberikan gambaran bahwa dalam rangka memasarkan bisnis yang kita jalankan akan membuang percuma biaya pemasaran kita.

Bagi kalian yang memiliki sebuah toko atau bisnis online rintisan biasanya hal pertama yang dilakukan adalah memasarkan ke orang terdekat atau lokasi terdekat dari tempat anda berjualan. nah, disinilah sebuah bisnis mulai dianalasis dari seberapa besar serapan produk dipasaran.

berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan efek pemasaran anda terutama untuk rintisan bisnis anda yang bersifat lokal.

Buat Online bisnis anda, sekecil apapun bisnis anda

walaupun internet digunakan untuk menjangkau pasar yang luas, namun di tengah pesatnya gadget dalam kehidupan seseorang. maka seorang calon konsumen didepan rumah anda pun mereka kadang kurang mengetahui bisnis anda, yang lebih unik mereka malah tahu dari internet.

buatlah toko atau usaha anda muncul di google maps (daftarkan) atau buatlah profil bisnis anda pada google bisnisku. hal ini gratis, anda hanya perlu menyediakan waktu untuk membuat profil usaha anda di online. siapkan profil bisnis anda, nama, nomor telpn, deskripsi usaha, dsb.

Perkuat Media sosial anda

facebook, instagram, twitter, sampai whatsapp bisa menjadi alternatif bisnis anda, bahkan ada sebuah perusahaan service printer yang menjadikan whatsapp sebagai media promosi utamanya, mereka rutin menjual printer dari update status whatsapp, hasilnya sebagian besar penjualan mereka didapat dari update status whatsapp.

itu baru whatsapp, anda dapat meningkatkan jangkauan anda melalui twitter, facebook dan instagram.

Buat Pameran

buat pameran untuk mempromosikan bisnis yang dapat anda lakukan dengan berbagai cara. ikut event-event yang diadakan atau membuat event sendiri adalah merupakan sebuah cara agar sebuah bisnis anda bisa dibuat.

selain itu anda bisa menyumbang atau menampilkan produk anda pada acara orang lain, seperti misalnya memberikan hadiah doorprize pada sebuah event kegiatan.

Cara yang sangat bagus untuk menggabungkan upaya online dan offline Anda adalah melalui influencer dan majalah lokal. Outlet ini diarahkan khusus untuk komunitas lokal tertentu. Banyak majalah memiliki konten online dan offline, dan influencer secara teratur bermitra dengan bisnis untuk mempromosikan barang dan layanan yang mereka percayai dan nikmati.

Jadikan Konsumen anda bagian dari pemasaran anda

pertama kali seven eleven dibuka, retail itu sangat booming pada waktu itu.. jadi tempat nongkrong anak muda dari berbagai kalangan. hal unik yang dilakukan oleh seven eleven mereka akan memberikan diskon pada pengunjung yang memfollow twitternya dan mentwett sebuah kata yang sudah dibuat oleh sevenelevent. hasilnya luar biasa pada saat itu, walaupun diera itu 2013 an twitter begitu berpengaruh dan seven eleven begitu besar namun konsep itu menjadi semacam pioner konsep memasaran hingga hari ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*