Cara memulai Bisnis secara online praktis

bisnis saat ini sudah masuk kedalam industri 4.0, yaitu dimana teknologi sudah mulai menjadi hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

pengguna akhir yaitu konsumen sudah banyak menggunakan kemudahan teknologi khususnya internet.

walaupun industri 4.0 ini tidak meninggalkan gaya pemasaran lama seperti penjualan konvensional seperti menggunakan brosur, word of mounth, spanduk, banner, dan iklan tv serta radio.

namun, harus diwaspadai bahwa perkembangan internet yang begitu cepat harus diwaspadai dengan persiapan sedini mungkin sebelum tergerus perkembangan teknologi.

saat ini siapapun kita, apapun latar belakang kita, kita dapat menjadi pebisnis sukses.

kuncinya adalah bisnis online

beberapa bukti begitu cepatnya bisnis secara online menghancurkan bisnis konvensional.

  1. berita dan majalah tergerus oleh berita online dan majalah online, dahulu kita tidak pernah mendengar koran detik, tapi saat ini berita online detik.com begitu merajai pemberitaan.
  2. Televisi yang sudah mulai digantikan youtube dan instagram
  3. taksi offline yang tergerus oleh taksi online
  4. Bank yang sudah mulai tergerus dengan fintech (sistem keuangan online) seperti doku, ponta, dsb.
  5. Industri Travel yang tutup dengan aplikasi seperti traveloka, Pegipegi, dsb.
  6. dan banyak lagi yang lainnya.

lalu bagaimana agar kita mampu membuat sebuah hal yang baru dan berbeda sehingga bisnis online kita berjalan dengan baik.

pertama tentu kita harus punya ide dan minat yang kuat terhadap bidang tersebut, banyak pebisnis sukses yang mampu merintis bisnis khususnya bisnis atau biasa yang disebut dengan start app berasal dari kekuatan ide dan kemauan yang kuat.

beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memulai bisnis online kita sendiri :

1# Temukan Kebutuhan Orang saat ini

banyak orang yang salah prediksi bagaimana sebuah bisnis dijalankan, bahwa sebuah kebutuhan orang dapat kita temukan dan kita sudah mulai berjualan. bila gagal memprediksi kerugian besar akan terjadi pada sebuah bisnis terutama bisnis online. kuncinya adalah mau melihat potensi barang yang saat ini memiliki perputaran paling cepat.

ada beberapa aplikasi yang dapat lihat untuk mengetahui barang apa yang dibutuhkan pasar saat ini :

  1. masuk kedalam aplikasiĀ  oderlo.com ,melalui aplikasi ini anda dapat menemukan barang yang paling laku terjual dan diminati oleh pasar. sehingga kecil kemungkinan barang yang anda jual tidak laku. aplikasi ini berbayar namun memiliki keuntungan yang ekslusif, anda tentu akan semakin fokus sebab penggunanya akan terbatas.
  2. Untuk luar negeri anda dapat menggunakan oberlo.com, dalam aplikasi ini anda dapat menelusuri sebuah barang yang memiliki penjualan tinggi, anda dapat mengimportnya atau menjualnya langsung melalui dropshipping. web ini juga berbayar namun untuk pencarian terbatas website ini masih memberikan informasi secara gratis.
  3. selanjutnya anda dapat menggunakan sebuah web untuk melihat barang termurah dan menjualnya lagi dipasaran yaitu melalui aplikasi perbandingan harga pinterjualan.com, dalam aplikasi ini anda akan melihat perbandingan harga barang dari 4 sampai 5 marketplace terbesar di Indonesia seperti tokopedia.com, bukalapak.com, blibli.com, elevenia.com, dll.
  4. terakhir anda dapat cari marketplace secara langsung seperti tokopedia, bukalapak ataupun, website marketplace lainnya.

contoh pencarian barang menggunakan marketplace tokopedia.com.

langkah pertama tentukan barang yang hendak anda jual, dalam hal ini penulis mencoba mencari untuk kategori gendongan bayi.

pada bagian kategori kita mulai untuk mencari sebuah toko yang memilik harga termurah atau penjualan tertinggi, rating tertinggi danĀ  dari gold merchant, dan wilayah yang sama dengan wilayah kita tinggal agar pengiriman lebih murah.

langkah terakhir lihat barang pada bagian kedua, mungkin sebagian dari anda bertanya mengapa bagian kedua? sebab pada bagian atas adalah peringkat yang dibuat oleh tokopedia sebagai penjual yang beriklan, tentu barang yang ditawarkan kurang sesuai dengan barang yang kita inginkan.

terakhir anda tinggal lihat dari penjual ersebut mana yang merupakan barang yang berkualitas. untuk menilai sebuah barang berkualitas anda dapat melihat dari komentar atau ulasan yang diberikan. ulasan ini tentu bukan hal yang dibuat-buat sebab, hanya yang membeli yang dapat berkomentar. bila komentarnya adalah komentar yang bagus anda dapat menjualnya secara online maupun offline.

contoh yang sama dapat anda buat pada marketplace lain seperti bukalapak, shopee.id, dll.

mudah bukan, sekarang tinggal praktekkan, tentukan harga jualnya setelah anda naikkan beberapa persen dari harga beli + ongkos kirim anda.

2# Buat Website anda sendiri.

walaupun penjualan optimal saat ini untuk bisnis online menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan elevenia. namun, kita tetap harus punya website sendiri untuk menampung potensi yang kita miliki saat ini. sebab keberadaan website anda adalah sebagai jatidiri anda terutama di dunia maya. bisnis online saat ini merupakan sebuah potensi yang besar dan kebanyakan dari mereka sebagai konsumen.

3# Buat sistem Promosi anda.

Promosikan website anda, barang jualan anda, siapa anda, secara umum di berbagai tempat. langkah membuat promosi yang baik diantaranya adalah :

  1. buat jaringan media sosial anda seperti twitter, instagram, youtube, path, facebook, dll. pastikan anda aktif memberikan informasi yang berharga terutama tentang bisnis anda. arahkan pada website yang saat ini anda kelola untuk semakin meningkatkan pengalaman anda di dunia maya.
  2. buat kartu nama anda sendiri, brosur anda sendiri, dan pamflet yang dapat dilihat dan menjadi alat promosi yang aktif secara online.
  3. beriklanlah secara online, belajarlah bagaimana cara beriklan di instagram, facebook ads, youtube, ads, dan google adsword. uniknya beriklan disini anda hanya membayar iklan yang di klik konsumen. bila konsumen hanya melihat anda sudah mampu memperkenalkan potensi anda sendiri.
  4. endorse orang lain untuk memperkenalkan website anda, anda coba lihat

sekian terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*