Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress

Cara Membuat Toko online menggunakan Wordpress

Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress menggunakan domainesia atau niagahoster, memang bukan hal yang sulit sekarang ini, banyak cara membuat nya salah satunya yang saya akan bahas di bawah ini .

Website menjadi hal yang penting dalam perkembangan digital marketing saat ini, dan seperempat website yang ada saat ini menggunakan wordpress. Banyak keunggulan  yang dimiliki wordpress sebagai CMS (Content Management System) dalam membuat tampilan website saat ini. WordPress memberikan plug in atau tools pendukung dalam pengembangan website yang tanpa batas.

Salah satu cara membuat toko online yang dapat di buat adalah dengan menggunakan wordpress. Ya toko online dapat dikatakan sebagai jenis website yang dapat dikatakan lebih kompleks dibanding blog pada umumnya. Dalam toko online kita diminta untuk memberikan gambar produk, harga, cara membeli, pembayaran, laporan pengiriman pembayaran, dan segala hal yang berkaitan dengan sebuah transaksi.

Namun, wordpress saat ini mendukung hal tersebut dengan plug in wordpress didalamnya anda dapat membuat toko online anda sendiri. Jadi, bagi anda yang bukan orang yang mengerti tentang bahasa pemrograman tidak perlu khawatir lagi bagaimana cara membuat website toko online sendiri.

Sebelum membahas tutorial cara membuat website toko online dengan wordpress, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pentingnya toko online untuk bisnis yang kita akan kembangkan :

baca juga : 30 peluang bisnis di tahun 2019

  1. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Bisnis anda yang memiliki website secara tidak langsung akan berpotensi mendatangkan potensi penjualan yang lebih dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki website.

Banyak orang saat ini mencari produk dan jasa melalui pencarian google, melalui google seseorang akan melihat perusahaan anda, apalagi anda mampu menempatan website anda dalam top rank google.  Menurut penelitian 80 persen orang mencari informasi pada halaman pertama pencarian google.

  1. Meningkatkan brand bisnis

Bila anda fokus mengembangkan bisnis anda di instagram, facebook, whatsapp, line, dll dapat dikatakan sudah bagus dan efektif. Pada dasarnya hal tersebut membantu membesarkan platform diatas. Bukan berarti saya menyarankan anda meninggalkan platform diatas, melainkan saya menginginkan anda punya bekas yang positif dari produk bisnis anda dengan website anda.

Memiliki website dengan blog aktif, Penerapan SEO, internet marketing, kalau perlu iklan di google ads akan meningkatkan brand anda sendiri bukan brand perusahaan lain. Jadikan platform seperti instagram, facebook, whatsapp sebagai funnel menuju ke website anda, jadikan platform tersebut cara pelanggan menemukan anda dalam website bisnis professional anda.

  • Biaya pemasaran efektif dan efisien

Pemasaran menggunakan banner, spanduk, brosur, dsb memang masih menjadi primadona bagi beberapa bisnis, namun tentu tidak cukup sampai disana. Maka perlu pemasaran lanjutan yaitu bagaimana orang yang sudah tertarik terhadap produk anda untuk tahu lebih jauh tentang bisnis yang anda jalankan.

Website dianggap sebagai muara dari segala cara promosi di zaman digital marketing seperti saat ini. Website anda lah aset terbesar dalam pemasaran yang paling efektif anda lakukan. Anda tetap dapat promosi 24 jam ke seluruh dunia. Website merupakan pemasaran terefektif dan efisien dalam berbagai bisnis.

  • Mengetahui tingkat penjualan produk anda

Dalam website yang anda kelola terdapat laporan hasil penjualan bulanan, mingguan, bahkan tahunan yang dapat anda pantau untuk menentukan produksi kedepannya.

Dengan pengetahuan yang rinci dari website anda, hasil analisis anda terhadap para pembeli dari berbagai latarbelakang, anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam pengembangan bisnis anda.

  • Target pasar yang spesifik

Berbeda dengan pemasaran konvensional seperti televisi, radio, spanduk, banner, dsb. Dimana target yang ditangkap beragam dan tidak dapat diukur secara spesifik. Dengan website yang anda punya anda dapat melakukan periklanan dengan menggunakan google adsword, ataupun facebook ads. Bahkan langsung ke peng-klik-an ke website yang anda kelola.

Anda juga dapat mentarget konsumen sesuai kecenderungan mereka, perusahaan besar seperti facebook, google, instagram, dsb. Berlomba-lomba mengumpulkan informasi dari penggunanya. Hal inilah yang dapat anda target kedalam website anda.

  • Memudahkan pelanggan melakukan pembelian ulang

Bagi pelanggan anda yang telah membeli produk dari perusahaan anda mereka dapat meminta anda untuk menyediakan kembali produk  yang mereka inginkan dengan cara melihat website anda. Hal ini berbeda dengan media sosial seperti instagram, facebook, ataupun whatsapp dimana mereka hanya mengenal platform tersebut dibandingkan merek anda didalamnya.

Apalagi bila di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak dimana banyak persaingan secara harga dan iklan berada disana yang menyulitkan anda untuk terus berada dalam radar para pembeli. Website lah aset anda sebenar nya dimana konsumen akan membeli langsung setelah mereka merasakan bisnis anda dan hendak melakukanpembelian ulang.

  • Pelanggan mudah berinteraksi

Website membantu pelanggan mudah menemukan anda dalam mesin pencari seperti google, yahoo, dan bing. Mereka dapat mengecek alamat bisnis offline anda dan mencari tahu tentang bisnis anda lebih jauh.

Selain itu, nomor telpon dan pesan yang anda sediakan memudahkan konsumen untuk berinteraksi dengan anda secara langsung. Anda juga dapat meminta mereka mengirimkan email kepada anda dan menjadi sarana anda untuk mengoptimalkan internet marketing. Banyak hal lain yang anda dapatkan dengan mempunyai website bagi peningkatan interaksi dengan konsumen kedepannya.

Setelah mengetahui pentingnya cara membuat website toko online sendiri, terutama untuk bisnis, sekarang kita mulai untuk memulai cara membuat toko online sendiri , dengan terlebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum kita memulai membuat toko online sendiri ?

  • Daftar /login pada hosting web dalam hal ini saya menyarankan menggunakan niagahoster.co.id

baca juga : langkah-langkah bersaing dengan kompetitor dalam bisnis online

Pada tahap ini anda mendaftar dulu pada hosting web, dalam hal ini saya mencontohkan menggunakan niagahoster.co.id. atau anda juga bisa mendaftar menggunakan domainesia. disini saya melakukan login, bila sudah pernah mendaftar anda cukup memasukkan email dan password, bila belum sebaiknya anda mendaftar pada gambar yang tertera dibawah:

Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress
Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap
Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress
  • Persiapkan nama domain anda

Nama domain adalah nama alamat website dimana konsumen akan datang mengunjungi website anda. Untuk itu dalam membuat nama sebuah domain diperlukan adanya persiapan yang matang sebab penentuan nama domain akan berpengaruh terhadap bisnis anda, nama domain adalah brand anda yang akan melekat pada setiap produk bisnis anda. Anda akan membangun domain itu dalam jangka panjang.

Selain Nama domain yang akan anda gunakan, WordPress memungkinkan kita untuk menggunakan ekstensi domain seperti :

  • .com
  • .co.id
  • .id
  • .net
  • .online
  • .org
  • .biz
  • Dll

Anda dapat memilih ekstensi domain sesuai dengan kebutuhan bisnis anda, contoh toko online yang populer di Indonesia tidak melulu menggunakan .com, anda juga dapat menggunakan domain .id yang secara ranking di google lebih menguntungkan, atau kita juga dapat menggunakan alternative ekstensi lain sesuai dengan keinginan kita.

Hosting adalah rumah kapasitas dimana data anda disimpan, sementara domain adalah nama alamat rumah website anda dimana orang lain akan berkunjung ke website anda mengetik pada URL mesin pencari. Contoh domain adalah tokopintar.com, tokokosmetik.net, dll

Setelah anda terdaftar langkah selanjutnya adalah melakukan order hosting, dimana hosting digunakan:

Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress
  • Pilih paket hosting yang anda dapat gunakan, dan disini paket hosting yang tertera punya harga yang murah untuk anda gunakan sebagai hosting anda dalam kurun waktu yang berbeda. Disini keuntungan yang didapat adalah anda cukup membeli hosting saja, dan domain anda akan dapat kan secara gratis, gmana? Untung kan?
Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress
  • Pada bagian bawah web diatas, anda dapat menuliskan nama domain anda untuk selanjutnya dilakukan pengecekan oleh pihak hosting web
Cara Membuat Toko online menggunakan WordPress

Bila semua proses pembayaran sudah dilakukan anda akan mendapatkan laporan pembayaran di email anda, setelah itu anda dapat juga bertanya pada CS service bila ada hal-hal yang perlu dipertanyakan.

  • Install WordPress pada hosting web

Cara ini dapat anda lakukan dengan sebelumnya masuk ke halaman cpanel, anda cukup melakukan login pada http://namadomainkamu/cpanel

  • Pada bagian instant Deploy Apps cpanel pilih logo wordpress
  • Kemudian klik install wordpress
  • Selanjutnya anda diminta untuk mengisi data yang diminta seperti dibawah ini

Setelah masuk kedalam menu dashboard wordpress anda dapat memulai cara membuat toko online dengan wordpress, dimana tampilan menu wordpress akan seperti dibawah ini:

  • Install WooCommerce

WordPress adalah website yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis website, untuk itu tidak semua plugin di butuhkan dalam wordpress. Semua itu tergantung pada bagaimana website kita ingin di kembangkan.

Dalam hal ini saya akan mempraktekkan bagaimana membuat sebuah website dengan bantuan plug in woocommerce.

  • Pilih menu plug in pada menu dashboard > pilih Add New
  • Pilih search kemudian ketik woo commerce
  • Pilih install now > activate

Tahap selanjutnya adalah kembali kehalaman dashboard anda untuk melakukan step by step yang telah disediakan oleh woocommerce dengan mengklik run the setup wizard.

  • Lakukan pengaturan toko

Sebelum kita melakukan upload produk, terlebih dahulu kita diminta untuk melakukan pengaturan pada bagian umum toko yang kita buat.

pada tampilan awal masuk kita diminta untuk mengisi biodata awal mulai dari Negara, alamat yang di gunakan, currency mata uang, hingga apakah kita melakukan pengelolaan penjualan secara langsung, dsb. Setelah selesai pilih Let’s go.

Metode pembayaran yang akan dilakukan dalam bisnis anda kedepan dapat anda atur dibagian ini.

Terdapat 4 metode pembayaran yang dapat anda atur diantaranya adalah offline payments, check payments, bank transfer payment, dan cash on delivery.

Metode pengiriman yang dilakukan, serta biaya yang akan diterapkan dapat anda atur pada bagian shipping. Dimana perkiraan biaya pengiriman di isi pada bagian ini.

Tahap selanjutnya woocommerce melakukan rekomendasi pemilihan koneksifitas antara facebook dan mailchimp. Dimana facebook digunakan untuk pemasaran di media sosial facebook, sementara mailchimp adalah plug in untuk membantu anda dalam melakukan email marketing terutama email blash. Anda boleh memilih semua atau salah satu saja.

Langkah selanjutnya maka woocommerce memberikan rekomendasi jetpack, mau melanjutkan dengan dengan jetpack ataupun dapan men-skip-nya. Jetpack adalah plug in untuk meningkatkan hasil post anda lebih cepat ter-ranking di google page rank.

Pada bagian terakhir, anda dapat melakukan pengaturan konfirmasi email, untuk pemberitahuan apabila terdapat update atau progres penjualan di website kita.

  • Menerbitkan produk anda

Setelah proses pengaturan sudah dilakukan kita dapat kembali ke dashboard untuk melakukan upload produk pertama kita.

Sebelumnya mengupload produk, lebih baik kita menyiapkan terlebih dahulu foto produk, deskripsi, harga jual, dan keterangan lainnya.

  • Pada tahap ini masukkan nama produk dan deskripsi dari produk tersebut selengkap mungkin.
  • Selanjutnya pada bagian bawah atur data produk secara lebih spesifik, pada bagian ini anda mengatur pengaturan harga, persediaan, metode pengiriman, link produk, atribut lainnya.
  • Upload gambar produk anda agar dapat dilihat oleh konsumen yang akan membeli produk anda.
  • Pada tahap selanjutnya masukkan gambar pratinjau pada bagian produk image. Hingga proses ini selesai, produk anda siap dipasarkan.
  • Sekarang produk anda sudah dapat dipasarkan di website, anda juga dapat melakukan pemasaran berkelanjutan seperti menshare nya ke media sosial. Woo commerce menyedikan kemudahan untuk melakukan pemasaran lanjutan ke sosial media.
  • Perluas pemasaran anda dengan plug in lainnya.

Pemasaran menggunakan wordpress anda dengan woocommerce membuat website anda dapat ditampilkan dalam model toko online. Namun, bukan hanya itu saja yang dapat anda lakukan, anda dapat melakukan tambahan plugin lain yang mendukung website toko online anda lebih baik dibanding hanya menggunakan woocommerce.

Beberapa hal yang dapat mendukung website toko online anda diantaranya adalah :

  • Yoast SEO

Yoast SEO adalah plug in yang membantu anda dalam meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) pada website anda. Apakah website anda dapat dipahami oleh pengguna internet dan google sendiri. Dengan yoast anda dapat mengatur Tag Title, meta tag, Fokus Keyword, dan tampilan website anda pada mesin pencarian google.

Yoast cukup populer secara free digunakan untuk membantu website anda muncul lebih baik di pencarian google. Walaupun jika anda membutuhkan lebih anda dapat meningkatkan dengan yang berbayar.

  • OptinMonster

OptinMonster membantu website anda mendapatkan pengunjung anda, dan meminta mereka melakukan subscribe pada website anda sehingga anda dapat memberikan informasi pada mereka tentang info terbaru dalam website anda.

Menjaga pengunjung website anda adalah pekerjaan bagi setiap orang yang ingin membangun bisnis mereka. Dengan menggunakan plug in optinmonster

  • Jetpack

Jetpack merupakan plug in yang terkoneksi dengan wordpress dan membantu website anda di ranking google lebih cepat. Lebih dari 3 juta pengguna CMS wordpress mengaktifkan Jetpack pada websitenya.

  • Tawk.To Live chat

Bila ada pengunjung yang sedang kesulitan dalam menanyakan sesuatu, maka tawk. To menjadi salah satu plug in gratis yang dapat mendukung website anda terkoneksi dengan kontak anda seperti whatsapp ataupun Line. Dengan adanya tawk.to anda dapat lebih dekat dengan para pelanggan dalam website bisnis anda.

Kesimpulan

Membuat website dengan menggunakan wordpress amat sangat memungkinkan bagi setiap orang walaupun mereka tidak mengerti bahasa pemrograman yang rumit. wordpress saat ini mendukung hal tersebut dengan plug in wordpress didalamnya anda dapat membuat toko online anda sendiri. Jadi, bagi anda yang bukan orang yang mengerti tentang bahasa pemrograman tidak perlu khawatir lagi bagaimana cara membuat website toko online sendiri.

Setelah anda selesai membuat wordpress kemudian mengembangkan toko online dengan menggunakan wordpress tidak cukup sampai disitu, anda harus terus belajar memperbaiki website anda agar lebih terlihat professional. Website yang professional adalah website yang terus melakukan pembaharuan dan inovasi didalam websitenya demi memenuhi kebutuhan target pasar yang kita tuju.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*