CARA MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN BLOGSPOT

Berjualan saat ini tidak lah sama dengan 10 tahun, 20 tahun atau lebih lama dari pada itu. Melakukan penjualan sudah jauh beralih dari sistem barter hingga saat ini menggunakan internet sudah semakin banyak di gunakan di Indonesia. Memang market share (pengguna pasar) untuk bisnis online masih terbilang dibawah Bisnis konvensional (pemasaran langsung face to face).

Potensi Bisnis online di Indonesia saat ini terbuka lebar, sebab banyaknya pengguna internet yang begitu besar. Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 70 juta orang bahkan sampai 100 juta orang, pertumbuhannya bisa mencapai 10 hingga 15 persen.

Bukti begitu besarnya potensi bisnis online di Indonesia bisa dilihat dari perusahaan global yang terus masuk di Indonesia. Zalora, groupon, akuisisi Lazada, jd.id adalah contoh dari perusahaan top global yang masuk ke Indonesia dan akan mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Kitalah anak bangsa yang diharapkan mampu menjadi penggerak bisnis online di Indonesia. Jangan sampai potensi besar bisnis online di Indonesia dikuasai oleh asing yang sudah serius lebih dulu mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Mengenal Toko Online

Toko Online merupakan tempat virtual dalam jaringan dimana sebuah produk di tampilkan dan proses jual-beli dapat dilaksanakan. Toko online sendiri dalam perkembangannya didunia sering dikenal dengan e-commerce atau perdagangan secara terkoneksi. Hal ini juga membedakan antara toko online, marketplace, dan pemasaran media sosial.

baca juga : 30-ide-seputar-membuat-start-up-di-tahun-2019

Kegiatan toko online menjadi penanda perkembangan industry 4.0 dimana digitalisasi sudah masuk dan mempengaruhi orang dalam bertransaksi.

Bahkan kelemahan-kelemahan bertransaksi secara online lama kelamaan dapat diatasi. Masih ingat dengan sejarah jualbeli.com atau olx.co.id dimana rata-rata pembelinya memilih melakukan COD (Cash On Delivery) mengingat kekhawatiran pembeli terhadap transaksi daring.

Toko online semakin lama semakin menjadi perhatian orang-orang yang berusaha menggarap usaha lebih pesat lagi saat ini, dan hari ini kita coba mempraktikkan pembuatan toko online secara lebih mudah.

Keuntungan Toko Online

Sebelum kita membuat toko online menggunakan blogspot, berikut kita ulas lebih dulu apa saja Keuntungan memiliki toko online diantaranya adalah:

  • Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet

Awal perkembangan bisnis online membuat toko online berbasis website memerlukan biaya yang lumayan mahal, namun saat ini perkembangan teknologi internet dan persaingan membuat membuat etalase virtual begitu mudah. Bagi yang tak memiliki website dapat menggunakan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, maupun shoope. Sementara yang ingin membuat website dapat membuat etalase virtual yang mudah dari gratis hingga berbayar seperti Jarvis-store.com, shopify.com, woocommerce, wordpress dan blogspot pun templatenya dapat disesuaikan. Kemudahan etalase virtual saat ini membuat siapapun dapat menjalankan bisnis online.

  • Biaya Transaksi murah dan mengurangi kesalahan

Dahulu saat kita ingin berbelanja kita harus menuju sarana trasportasi, menyiapkan biaya perjalanan, dan tidak setiap saat dapat berbelanja. Memang perkembangan teknologi terutama gadget yang semakin cepat membuat bisnis online berkembang pesat saat ini. Salah satunya adalah saat ini kita dapat berbelanja kapanpun, tinggal klik, transfer, dan kemudahan lainnya. Selain itu, pembelian yang telah disepakati pun masih dapat di review atau direvisi sesuai dengan kebutuhan sehingga kesalahan dapat diatasi.

baca juga : tips berbelanja online agar anda dapatkan pengalaman terbaik

  • Mengurangi waktu siklus pengadaan

Pengadaan barang dalam bisnis online merupakan kegiatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan penjual dan pembeli. Barang yang laku akan lebih diutamakan dibanding barang kurang peminat. Siklus pengadaan barang pun dapat dilakukan secara efisien sebab penjual dapat membeli barang yang lebih dekat kepada pembeli, para produsenpun akan lebih mengetahui permintaan akan barang yang akan dibeli.

  • Tingkat persediaan yang lebih rendah serta biaya overhead terkait lainnya.

Overhead adalah biaya lebih yang dikeluarkan seiring bertambahnya biaya produksi atau jumlah pembelian barang. Bagi para pebisnis online persediaan barang dapat diatur sedemikian rupa sehingga menekan biaya yang tak perlu dalam penjualan dan produksi itu sendiri.

  • Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen

Ketika seseorang membeli sebuah barang dan jasa maka didalamnya terdapat berbagai macam biaya selain bahan baku dan produksi juga terdapat biaya promosi dan distribusi. Semakin panjang distribusi, dan tingginya biaya iklan tentu harga barang dan jasa akan semakin mahal. Saat ini persaingan harga barang dan jasa semakin kompetitif sebab promosi dan penjualan yang dilakukan langsung dari produsen kepada konsumen melalui internet marketing.

  • Harga fleksibel

Harga yang beragam menjadi ciri khas dari bisnis online saat ini, sebab begitu banyaknya penjual yang dapat kita temui akibat mudahnya mendapatkan akses kepada penjual membuat calon pembeli dapat melihat biaya yang beragam dan flexible/dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Biaya Entri dan pembentukan biaya relative rendah

Biaya entri barang pada bisnis online tergolong murah dan terjangkau dibandingkan dengan promosi offline. Ketersediaan template website yang dapat digunakan membuat biaya entri barang yang dijual semakin mudah. Mempelajari terus perkembangan dunia internet akan semakin menurunkan biaya marketing online dan mengefektifkan penjualan sebab kita akan semakin mengurangi keterlibatan orang lain dalam bisnis kita. Sementara tak mengertinya tentang bisnis online akan membuat kita mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Membuat toko online menggunakan blogspot

Sekarang mari kita membuat toko online kita secara free menggunakan blogger.com sebagai perusahaan di bawah google, blogger atau blogspot merupakan blog yang cukup populer, selain secara SEO blogspot amat baik, blogspot juga memiliki template yang beragam dan variatif.

  • Langkah pertama adalah mendaftar pada blogger.com kita perlu mengetik pada URL pencarian mesin pencari anda.
  • Masukkan alamat email anda yang terdaftar pada gmail.com.
  • Masukkan email anda yang sudah terdaftar pada gmail.com, pastikan anda mengetahui password nya.
  • Masukkan password anda, bila belum pernah mendaftar blogger.com ikuti arahan yang cukup mudah dalam memulai blog anda.
  • Masukkan judul blog anda sendiri dan alamat website yang ingin anda ajukan.
  • Setelah ditulis dan dilengkapi (terutama keterangan alamt blog ini tersedia) berarti anda dapat memilih membuat blog sekarang.

Memasukkan Thema Blog khusus Shop

  • Buka alamat website btamplates.com untuk melihat pilihan thema untuk blog anda terutama untuk shop anda.
  • Setelah itu pilih blogger store kemudian download, sebagai pembelajaran awalan saya menggunakan blogger store sebagai tema saya, dan kalian dapat mengikuti dulu menggunakan tema yang sama, baru kemudian anda dapat membuatnya dengan tema lain setelah memahami.
  • Setelah itu anda dapat memilih free download pada bagian bahwa tampilan template.
  • Dibawah adalah thema blogger yang sudah didownload.
  • Setelah itu pilih ekstra to, dan tentukan dimana tempat menaruh hasil ekstraknya. Catatan : anda tidak dapat mengupload bila proses ekstrak tidak dilakukan.
  • Saya menaruh ekstrak di dokumen atau di folder yang telah anda tentukan.
  • Setelah anda mengekstrak gambar, kemudian pilih tema pada dashboard.
  • Langkah yang paling penting adalah mengupload tema, dimaa anda harus menuju pada blogger store.xml sebagai tema yang anda tentukan.
  • Pastikan anda mengupload thema dengan format .xml.
  • Inilah salah satu format yang akan anda dapat upload dengan sebelumnya membuat choose file dan memilih format upload.
  • Pilih upload, dan memastikan format telah selesai.
  • Setelah itu jangan lupa untuk melihat blog hasil dari hasil uploadan anda.
  • Hasil dari template thema interface anda pada blog anda yang dapat dilihat oleh banyak pengguna internet.

Seperti itu lah proses membuat toko online anda, tampilan akan berubah setelah anda sudah melakukan posting pada blog anda. Selanjutnya adalah bagaimana cara mengupload produk menggunakan blogger.

Mengupload Produk menggunakan Blogger

Setelah itu anda sudah mulai untuk mengupload produk yang ingin anda pasarkan. Untuk itu anda dapat sebelumnya harus menyiapkan gambar produk anda, kemudian anda juga harus menyiapkan deskripsi dan hal-hal yang penting dalam produk yang ingin anda pasarkan.

  • Selanjutnya anda memilih posting untuk memasukkan data terkait produk yang ingin anda jual.
  • Pilh entri baru untuk dapat mengupload produk yang ingin anda jual pada toko online anda.

Inilah tampilan postingan dimana anda dapat mengupload produk anda disini.

  • Ketik pada entri judul produk yang ingin anda pasarkan pada produk anda.
  • Setelah judul anda buat, selanjutnya anda diminta untuk mengupload gambar produk yang sudah anda siapkan.

  • Upload gambar yang sudah anda pilih, dengan mengklik open pada bagian kanan bawah.
  • Anda dapat memilih produk utama dibagian atas postingan anda, kemudian anda dapat menaruh referensi gambar lainnya pada bagian bawah.
  • Hal yang penting selanjutnya adalah memberikan batas baca pada bagian posting anda. Tujuannya adalah agar postingan anda tidak terlalu panjang.
  • Setelah itu pilih publikasikan untuk membuat postingan anda masuk dalam blog yang anda buat.
  • Setelah itu pilih lihat blog untuk melihat hasil yang telah anda posting.
  • Produk yang sudah anda upload sudah tersedia pada blog anda.
  • Setelah saya upload 3 produk tampilan produknya sudah berubah menjadi lebih baik.

Membuat Pesanan Pada Whatsapp anda

Dalam meningkatkan responsibilitas blog anda sehingga anda dapat menjadikan blog anda mendatangkan pembeli adalah dengan membuat blog anda terkoneksi dengan whatsapp anda secara langsung. Sehingga anda dapat langsung mengetahui bila produk anda anda yang berminat atau ingin bertanya tentang produk anda secara langsung.

  • Selanjutnya anda diminta untuk mendownload gambar whatsapp pada google gambar.
  • Setelah anda mendapatkan menguplad gambar whats app ini, tepatnya dibawah setiap postingan produk anda pada bagian akhirnya.
  • Dalam hal ini saya akan mengedit pada postingan pertama saya melalui produk ikat pinggang nylon tactial anti x-ray.
  • Selanjutnya pilihlah change untuk memasukkan kode api.whatsapp.com sehingga produk tersebut dapat langsung terkoneksi dengan anda.
  • Inilah kode api.whatsapp.com yang harus anda masukkan kedalam link gambar yang anda sisipkan.
  • Tulis link anda pada web address sehingga ketika mengklik akan langsung terkoneksi kedalam website anda.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba pada blog yang sudah anda buat. Apakah sudah dapat langsung terkoneksi produk pada whatsapp anda.
  • Inilah hasil yang didapat sekarang produk anda dapat langsung terkoneksi dengan whatapp anda.

Kesimpulan

Membuat toko online merupakan pentingnya digitalisasi di era industry 4.0, dimana membuat toko online bukan hanya pelengkap lagi melainkan sudah menjalar pada perkembangan lini bisnis.

Keuntungan dalam membuat toko online terutama menggunakan blogspot diantaranya adalah : Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet, Biaya Transaksi murah dan mengurangi kesalahan, Mengurangi waktu siklus pengadaan, Tingkat persediaan yang lebih rendah serta biaya overhead terkait lainnya, Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen, Harga fleksibel, dan biayanya relative murah.

Semoga tutorial ini memudahkan kalian untuk membuat toko online yang lebih baik dan lebih kreatif lagi, terutama menggunakan blogspot dengan template yang lebih baik.

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*