cara membuat presentasi menarik

cara membuat presentasi menarik

setiap kita pasti pernah melakukan presentasi,  baik dengan melakukan alat maupun dengan tanpa alat seperti kita berbicara dengan klien kita atau calon konsumen.

Apakah pernah Anda menonton presentasi,  atau orang mempresentasikan sesuatu kepada anda.

tentu jawabannya pernah,  namun Biasanya karena kita menemukan bahwa presentasi yang kita dapatkan adalah presentasi yang buruk. 

bahkan kadang kita menemukan orang yang mempresentasikan sesuatu dengan sangat baik dan mengundang Keinginan kita  untuk lebih mengetahui.

hitunglah persentasi yang sering ada dalam kehidupan kita.

Lalu bila kita membuat sebuah presentasi menggunakan alat bantu presentasi,  di situlah kesulitan membuat presentasi mulai dirasakan. kadang kita harus banyak menguras otak kita,  sehingga kadang presentasi yang kita buat kurang maksimal, alasannya tadi, beban pikiran yang berat membuat presentasi kita kadang kurang optimal.

segala cara sudah dilakukan termasuk kita mencari sumber data dari Google,  atau buku bacaan yang kita sering baca.

namun hasilnya presentasi yang kita buat ternyata belum sesuai harapan kita.

Tenang saja semua orang pernah mengalami hal yang sama, di situlah tantangan yang membuat sebuah presentasi.   Tahukah anda ketika anda sudah dapat membuat presentasi. hal itu sudah terinternalisasi dalam diri anda, sehingga kesulitan dalam membuat presentasi   tidak dialami lagi .

Hari ini saya akan share Bagaimana cara membuat sebuah presentasi yang baik.

buat visual sederhana

perlu kita ketahui bahwa presentasi adalah point to point,  Di mana orang akan kesulitan untuk membaca selain kita seandainya didalamnya terlalu banyak visual yang harus mereka Serap.

Buatlah visual Anda sederhana mungkin malah dari situ presentasi Anda dinilai baik.  juga jangan melulu Anda menggunakan terlalu banyak kata-kata, sudah pasti anda akan kesulitan untuk menjabarkan di dalam presentasi anda.

Lihatlah audiens anda

Kadang sebuah presentasi dibuat untuk semua kalangan,  padahal persentase yang baik adalah persentasi yang sesuai dengan tujuan audit yang mendengarnya.

keadaan ketika presentasi pun kita harus menyesuaikan dengan cara melakukan brainstorming terhadap audiensi presentasi kita.

kadang kita harus menanyakan Dimana mereka tinggal? apa motivasi mereka? sampai pada hal-hal yang pertanyaan sederhana.

baca juga :beberapa-strategi-efektif-dalam-pemasaran-tahun-2020

tariklah audiens Anda sesering mungkin untuk fokus pada presentasi yang anda sampaikan.  kadang audience yang kacau Ketika anda kurang fokus dalam melakukan presentasi. malah membuat presentasi anda jadi gagal total

Tunjukkan kepribadian anda

seorang pembuat presentasi kadang harus memasang title yang panjang agar mendapatkan perhatian dari audiensnya.  itulah hal penting ketika anda belum dikenal oleh audiens anda. hal ini berbeda Ketika anda adalah seorang selebritis atau public figure,  dimana orang sebelum anda berbicara sudah termotivasi untuk mendengarkan anda.

bila Ternyata anda belum memiliki gelar atau satu hal yang dapat menunjukkan kepribadian anda,  mulailah untuk mencoba mengenalkan diri Anda secara baik, perkenalan yang menggugah akan membuat presentasi anda menjadi di sangat menawan.

buat satu hal lucu

menonton presentasi adalah satu hal yang kadang membosankan,  ditambah audiens Anda kadang memegang gadgetnya atau fokus pada pembicaraan dengan teman di sebelahnya.  alihkan perhatian mereka pada anda dengan cara membuat satu hal yang lucu, unik, dan kadang menantang.

hal yang lucu akan menjadi referensi bagi mereka yang mendengarkan presentasi anda.  Namun juga perhatikan audiens Dimana anda melakukan sebuah joke atau cerita lucu anda.

Jenis website yang berbicara tentang presentasi diantaranya adalah Prezi

Buatlah presentasi Anda seperti sebuah percakapan

seseorang lebih senang jika mereka diajak bicara,   merasa Dianggap, atau mendapatkan perhatian anda. Namun bukan berarti anda ketika dalam presentasi mengobrol dengan audiens yang ada di depan Anda.  hal ini anda lakukan sebagai mana anda menyelesaikan masalah mereka dan membuat presentasi anda akan seperti sebuah percakapan antara dua orang.

menjadi jujur

presentasi yang baik adalah persentasi yang jujur,  dibuat apa adanya mengada-ada. sampaikan sebuah fakta menarik dalam presentasi Anda sehingga audiens Anda semakin tertarik dengan presentasi yang anda sampaikan.   kadang kita juga harus sampaikan apa yang harus diperbaiki dalam setiap acara yang anda sampaikan. sehingga membuat presentasi Anda dihormati oleh yang mendengarkan presentasi anda.

persentasi bukan kesiapan

melakukan presentasi bukanlah suatu kesiapan melainkan and  sesuatu yang harus anda latih. persentase adalah dipandang sebuah rentetan dalam perjalanan hidup anda.  sehingga Anda harus menghadap dimana presentasi Anda belum maksimal. 

bila Anda harus bertanya apakah saya sudah siap dalam presentasi tentu jawabannya pasti anda belum siap.  Maka yang harus anda lakukan adalah terus belajar, melihat presentasi orang sukses. namun anda harus berusaha membuat presentasi anda dan mengulanginya saat ini juga.  

Buatlah beberapa gerakan

membuat presentasi show di depan banyak orang.   sebuah gerakan yang teratur dan alamiah perlu Anda lakukan agar presentasi anda lebih melawan.  Untuk itulah banyak para presenter sukses, mereka kadang memegang sebuah pulpen, atau pointer. untuk membuat presentasi mereka terkesan alami.  selain itu, anda perlu menggunakan gerakan menunjuk, sedikit membungkuk, menghadap audiens anda. sehingga memberikan kesan gerakan yang natural  dan menarik.

kesimpulan

itulah sedikit saran untuk Anda yang ingin membuat presentasi Anda semakin menarik.  melakukan presentasi secara sering dan kontinyu akan mendukung keahlian anda dan skill anda pada presentasi semakin baik.   ketika anda sudah dapat melakukan presentasi secara rutin, hasil akhirnya adalah anda punya karakteristik milik anda sendiri yang unik dan berbeda dari yang lain. 

silakan Anda share apa yang saya tulis, semoga bermanfaat

About Imam Punarko 193 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*