cara membuat e-book menggunakan sigil dan calibre

cara membuat ebook

e-book merupakan singkatan dari elektronik- book, e-book dikonversi atau di rubah kedalam bentuk digital yang penggunaannya hampir sama seperti buku pada dunia nyata hanya saja mengalami penambahan secara tampilan dan teknologi didalamnya.

e-book sendiri dapat memberikan tampilan yang lebih nyata terhadap suatu topik atau pembahasan.

sebab dalam e-book kita dapat memasukkan konten teknologi seperti video, musik, gambar bergerak (GIF) dll.

e-book sendiri saat ini dapat dijual lebih mahal dari pada buku hard cover, mengapa demikian? karena dalam e-book selain mudah tentu memberikan gambaran yang lebih nyata dari sisi pembahasannya.

baik kita mulai aja ya.

lalu bagaimana cara membuat e-book???

1# langkah pertama, kamu harus punya buku.

buat buku kamu sendiri, usahakan tidak copy paste. buatlah tampilan yang menarik tentu dengan tetap memperhatikan isi dari buku itu sendiri.

2# ketik buku tersebut pada mesin pengolahan kata seperti microsoft word

menggunakan microsoft word untuk membuat buku masih sangat falimiar hingga saat ini. walaupun ada juga aplikasi lain seperti adobe in desain, dll.

3# rubah gambar menjadi in line the text

buat buku karya kamu sendiri, jangan terlalu sedikit, sebab kamu mau buat buku bukan majalah. setelah merasa sudah baik. lakukan langkah berikut agar buku dapat diterima pada file Sigil.

gambar akan berantakan kalau kamu tidak merubah gambar menjadi in line with text. berikut langkahnya :

cara membuat ebook dengan sigil dan calibre

4# buat type save web page, filtered (*htm,*html)

pastikan file yang kamu save dengan format save web page.

cara membuat ebook

5# memasukkan buku kedalam sigil, kamu dapat download dari sini.

selanjutnya kamu bisa masuk ke dalam halaman sigil yang telah kamu install, link nya kamu bisa dapatkan diatas ini.

cara membuat e-book

6# Memasukkan halaman HTML

langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih sigil >file >Open, kemudian pilih html yang telah kamu save tadi ya. maksudnya word yang telah kamu save kedalam bentuk web page filtered

cara membuat e-book

7# Edit Metadata

metadata adalah sebuah informasi yang kita tambahkan pada buku kita yang bertujuan untuk memberi identitas buku berupa :judul, nama pengarang, tahun penerbitan,bahasa, isbn, dll

Untuk masuk ke jendela metadata, dari sigil -> Tools -> Metadata editor , atau tekan tombol F8 agar lebih  mudah .Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan hal lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian rubah valuenya.

cara membuat e-book

7# Masukkan Cover

cover dibutuhkan agar buku kamu punya tampilan yang bagus, dan pastinya orang akan melihat buku kamu dan meningkatan minatnya untuk membaca.

Untuk membuat cover image, anda diminta menyiapkan sebuah file gambar yang segera digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul sudah terdapat di dalam dokumen HTML, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara: Images -> pilih gambar -> klik kanan -> Add semantics -> Cover Image

8# buat daftar isi

Jika dokumen word yang digunakan telah menggunakan styling, maka dokumen telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna harus menentukan header di sigil. tujuannya untuk membuat pembaca mudah menuju halaman yang di inginkan berdasarkan judul.

pastikan bab menjadi heading 1 dan pada sub bab sebagai heading 2. Yang harus dilakukan adalah: Tempatkan cursor di kalimat topik/subtopik -> pilih header

cara membuat e-book

Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools -> table of content -> generate table of content -> OK.

 

sementara itu dulu, nanti akan segera di Up date

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*