bagaimana memanfaatkan fintect untuk bisnis anda yang sedang berkembang

bagaimana memanfaatkan fintect untuk bisnis anda yang sedang berkembang

Teknologi yang berkembang sekarang ini sudah terintegrasi dengan banyak bidang salahsatunya adalah ekonomi. ekonomi tumbuh begitu pesat sekarang ini dan salah satu yang mempengaruhinya adalah perkembangan teknologi sekarang ini. start app menjadi solusi dari berbagai permasalahan yang ada saat ini.

perhatikan bagaimana aplikasi begitu pesat bertumbuh, semua kemudahan dalam sistem pembelajaran menguasai aspek aktivitas ekonomi seseorang saat ini.

lalu bagaimana bagi kita yang tidak memiliki website apalagi aplikasi. solusinya saat ini adalah menggunakan berbagai aplikasi yang ada untuk mengembangkan bisnis kita. karena mau atau tidak mau kita akan kalah dalam bersaing bila tidak mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang pertumbuhannya sangat cepat ini.

lalu apa itu fintech?

menurut Bank Indonesia Financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model cara bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka atau tunai dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh  serta terkoneksi dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

selain itu Bank Indonesia juga menggambarkan bagaimana fintech bisa berkembang pesat seperti sekarang ini “FinTech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan FinTech, permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran seperti tidak sempat mencari barang ke tempat perbelanjaan, ke bank/ATM untuk mentransfer dana, keengganan mengunjungi suatu tempat karena pelayanan yang kurang menyenangkan dapat diminimalkan. Dengan kata lain, FinTech membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif”.

teknologi keuangan saat ini atau istilahnya fintech merupakan perangkat lunak yang digunakan pada layanan keuangan di era milenial sekarang ini. fintech mengubah banyak cara berbisnis perusahaan baik yang besar maupun yang kecil saat ini.

lalu bagaimana mengelola arus kas menggunakan teknologi fintech saat ini :

#Fintech memungkinkan anda mendapatkan dana segar secara cepat

dahulu bisnis kecil dan menengah sulit sekali untuk mendapatkan pembiayaan dari bank. sebab secara laporan keuangan dan syarat administrasi kadang sulit untuk dipenuhi. selain proses pengajuan yang bertele-tele bagi sebagian pengusaha membuat bisnis kecil sulit untuk berkembang secara pesat. khususnya bisnis kecil akan sulit menerima pesanan dalam jumlah besar dan mendadak, hasilnya peluang berkembang menjadi terhambat.

sekarang semua sudah berubah, web yang menawarkan pinjaman secara online tampa syarat berbelit-belit memang sudah ada dan nyata. coba lihat kredivo, akulaku, tokopedia, bukalapak, dll. banyak mereka menyediakan aplikasi yang memberikan akses peminjaman hingga ratusan juta rupiah.

#Mempermudah faktur elektronik

dalam transaksi memerlukan pencatatan yang sistematis dan terdata dengan rapih ,untuk saat ini faktur elektronik sudah banyak tersedia di aplikasi yang mempermudah bisnis anda dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

bisa dibayangkan naik gojek saja saat ini sudah bisa mencetak faktur/invoice. lalu bagaimana dengan usaha kita yang bisa jadi itu terdapat pada bidang jasa.

sebagai contoh paper.id memberikan kemudahan membuat invoice sehingga usaha yang anda buat dapat terekap dengan baik.

#mempermudah manajemen sewa

teknologi pada dasarnya mempermudah kerja manusia, dan meningkatkan efisiensi pekerjaan yang kita lakukan. semakin hari hitungan pekerjaan semakin cepat, dan rata-rata menggunakan aplikasi sebagai landasan kerjanya. saat ini bagi pebisnis pemula kita bahkan dapat menurunkan biaya fix cost hingga variable cost dari usaha yang dapat kita jalankan.

dahulu untuk memulai usaha kita dipaksa membeli barang-barang yang lumayan menguras budget kita, sekarang sudah tidak diperlukan lagi. semakin kesini perkembangan bisnis semakin mudah dan tidak menyulitkan. sebagai contoh banyak saat ini aplikasi yang menyediakan sewa untuk keperluan dalam bisnis kita misal bila ingin sewa mesin fotocopy, mesin press, dsb. semua sudah semakin mudah tinggal kita mau memanfaatkannya atau tidak.

#fintech mempermudah pengamanan data dari kebocoran dan penipuan

fintech memang berbasis internet yang rentan di retas oleh para hacker. namun, pemerintah selaku Bank Indonesia sudah melakukan pengawasan terhadap penggunaan fintech tersebut. sehingga keamanan dari dana yang kita simpan dapat terjaga dengan baik tanpa khawatir akan hilang atau hangus.

Bank Indonesia dalam hal ini memberikan perhatian terhadap fintech diantaranya adalah:

  • Bagi pelaku usaha, Bank Indonesia memastikan perlindungan terhadap konsumen, khususnya mengenai jaminan kerahasiaan data dan informasi konsumen lewat jaringan keamanan siber.
  • Dalam hal tabungan, pinjaman dan penyertaan modal, Bank Indonesia mewajibkan setiap pengguna untuk patuh kepada peraturan makroprudensial, pendalaman mengenai pasar keuangan, alat pembayaran sebagai pendukung kegiatan dan keamanan siber untuk menjaga data dan informasi konsumen.
  • Dalam hal investasi dan manajemen risiko, Bank Indonesia juga mensyaratkan setiap pelaku usaha untuk patuh terhadap peraturan makroprudensial, pendalaman mengenai pasar keuangan, metode pembayaran sebagai pendukung operasi dan keamanan siber untuk menjaga setiap data dan informasi konsumen.
  • Dalam hal pembayaran/pelunasan, penyelesaian/settlement dan kliring, Bank Indonesia memastikan perlindungan terhadap konsumen, khususnya mengenai jaminan kerahasiaan data dan informasi konsumen lewat jaringan keamanan siber.

#mencairkan faktur tanpa menunggu waktu pencairan

salah satu hal yang membuat pusing para pebisnis adalah menunggu pembayaran dari invoice – apalagi jika pelanggan tidak membayar secara tepat waktu bahkan menunda pembayaran. Hal ini menyebabkan uang yang telah dikeluarkan sebagai modal usaha untuk memenuhi pesanan dari pelanggan tidak dapat diputar kembali untuk kegiatan usaha.

namun saat ini semua sudah berbeda jauh, bahkan ada website dan aplikasi yang menyediakan kemudahan untuk melakukan talangan terlebih dahulu, semacam anjak piutang dalam kegiatan perbankan. bisnis anda tidak akan kesulitan lagi berkembang. contoh web yang menyediakan kemudahan ini adalah investree.

#Otomatis pembayaran bulanan

bagi anda pelaku usaha biaya-biaya yang harus dikeluarkan kadang membuat prustasi. sebab kita disibukkan dengan kegiatan bisnis bahkan kadang sampai terlewat untu melakukan pembayaran tagihan. hasilnya denda dan biaya tambahan bahkan sampai bikin repot menjadi persoalan yang sering terjadi.

saatnya untuk beralih menggunakan teknologi yang ada. saat ini bahkan kita dapat deposit untuk mengurangi beban bayaran kita. seperti layaknya pulsa yang dapat kita isi ulang. beban usaha saat ini sudah dapat kita kelola bahkan untuk jangka panjang misal 1 tahun bahkan 5 tahun.

sekian dulu pembahasan kali ini, yang pasti bisnis hari ini adalah bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung bisnis kita. mudah-mudahan kita tidak alergi dengan bisnis yang ada sehingga kita dapat meningkatkan omset usaha yang sedang kita jalani.

semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*