Aplikasi Digital Marketing dalam mendukung bisnis

Bisnis yang berhasil dan sukses ternyata didunia ini bukan hanya bagaimana mengefisiensikan pengeluaran dan biaya dalam bisnis. atau membangun bisnis dengan modal yang besar, akan tetapi juga didalamnya terdapat pemasaran yang tersusun dengan rapih.

era industri 4.0 sekarang ini menuntut bisnis untuk dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang sekarang ini dengan cepat dan efisien.

efisien dalam membuat konten yang dapat mendukung sebuah bisnis berjalan dengan baik dan maksimal. sebab, pada dasarnya setiap produk PASTI ada pembelinya. hanya saja kadang mereka harus disadarkan atau diberi tahu ada produk yang mereka butuhkan.

nah, disitulah pemasaran bekerja secara optimal, mencari tahu dimana calon konsumen akan melihat produk dan kemudian memberikan informasi yang mendukung konsumen membeli secara efisien.

ada banyak sekali aplikasi yang mendukung konten bisnis seseorang, baik itu skala kecil atau besar. saya ingin memberikan mindset bahwa bila anda ingin menjaring banyak ikan maka anda memerlukan jala yang semakin besar, semakin besar semakin baik. itulah hal yang harus dilakukan pula dalam mendapatkan konsumen dengan menggunakan aplikasi dan fitur yang saat ini beragam.

dalam hal ini saya akan membahas aplikasi yang membantu seseorang memulai bisnis nya, diantaranya adalah:

aplikasi yang mendaftar bisnis dan profil konsumen

Google My Business

Google my business adalah aplikasi bagaimana seorang yang berbisnis dapat mengelola bisnis mereka melalui sebuah aplikasi. pemilik bisnis perlu menggunakan hal tersebut terutama bila anda mempunyai kios atau toko agar dapat di akses oleh calon konsumen anda.

melalui aplikasi tersebut pengguna dapat melakukan banyak hal terutama untuk mengembangkan bisnis anda diantaranya adalah :

  • Mengelola informasi bisnis Anda di Google
  • Membangun loyalitas pelanggan melalui Google+ Page. Para pengikut laman bisnis Anda dapat memberikan apresiasi dan juga masukan melalui pos dan ulasan, dapat juga menggunakan tombol +1 untuk mendukung produk dan layanan melalui Google+, Google Search, Maps atau pada iklan.
  • Memonitor bagaimana pengunjung melakukan interaksi dengan Google+ Page dan pos-pos di dalamnya melalui pelaporan (insights)
  • Melihat informasi ini akun Google Analytics dan channel YouTube yang Anda hubungkan
  • Membuat dan memonitor kinerja kampanye AdWords Express

saat ini memang belum banyak yang mengetahui dan memanfaatkan google my business ini, bisa jadi anda akan unggul selangkah bila menggunakan aplikasi ini.

Facebook

siapa yang tidak kenal facebook? aplikasi ini ternyata memiliki database yang lengkap tentang penggunanya. profil setiap pengguna diolah oleh facebook menjadi penghasilan yang amat besar dan utama bagi facebook.

bagi para pemilik bisnis menggunakan facebook adalah cara meraih penjualan secara optimal dan signifikan. banyak penjual dan bisnis kecil merasakan hasil yang tidak dapat dianggap remeh dari hasil penjualannya setelah menggunakan facebook.

saya pun tertantang untuk mempelajarinya, saat ini banyak tutorial yang dapat anda saksikan di youtube untuk bagaimana membuat pemasaran menggunakan facebook.

Bing Places For Business

bing adalah alat pencarian yang dikembangkan oleh microsoft, bagi warga Indonesia tentu bing kurang familiar namun ternyata di beberapa negara lain bing cukup populer. 

bing membantu anda dalam mempromosikan bisnis anda dan menemukan pelanggan baru anda, memudahkan konsumen menemukan bisnis anda.

tidak ada ruginya ada mencoba memasarkan produk anda menggunakan bing. sebab, bisa jadi suatu saat bing ikut persaingan mesin pencari dan mencoba mengalahkan google. siapa tahu.

Twitter

konsep pemasaran twitter sangat cocok untuk promosi dengan konsep viral marketing, karena apapun yang menarik akan otomatis di share oleh penggunanya.

twitter sudah sangat dikenal di jagat media sosial dimana melalui twetter anda dapat melihat berbagai informasi sejenis yang anda butuhkan dengan menggunakan hastag.

Yelp

aplikasi ini membantu anda untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung. dalah komunitas online untuk interaksi bisnis dan konsumen. Dengan lebih dari 142 juta pengguna per bulan memang aplikasi ini belum terlalu populer di Indonesia. tapi tidak ada salahnya mencobanya siapa tahu anda dapat ide untuk mengembangkan bisnis anda kedepannya.

Linkedln

linkedln adalah aplikasi yang sangat membantu para pebisnis untuk bergabung dengan sesama komunitasnya, membuat profil usahanya, dan memberikan informasi yang berharga berkaitan dengan perusahaan atau yang lainnya.
anda juga dapat mengikuti kelas bisnis yang diadakan oleh para profesional di bidangnya. jadi bila anda memang serius linkedln akan banyak membantu bisnis anda.

Instagram

siapa yang tidak mengenakan saat ini ? instagram adalah media sosial yang saat ini sedang berkembang pesat, konsep beriklan dengan video dan viral menjadi instagram begitu digandrungi.
bisnis kecil atau besar saat ini banyak menggunakan media sosial untuk mengupdate informasi yang dibutuhkannya.

Yahoo Partners with Yext

masih pakai yahoo? tentu saat ini sudah mulai jarang orang yang menggunakan yahoo. namun disebagian tempat yahoo ternyata masih menjadi alternatif.
yahoo saat ini sudah menyediakan uplikasi yang membantu bisnis anda agar berkembang pesat.
bila dilihat sih mereka masih serius mengembangkan aplikasinya, jadi buat kalian. jangan skeptis dulu dengan yahoo, coba dulu siapa tahu bisnis anda layak di pasarkan menggunakan yahoo

Yellow Pages

buku tebal kuning  dulu sering menjadi buku wajib yang diletakkan diruang tamu.saat itu siapa yang berlangganan telpon telkom akan mendapatkan updatean dari yellow pages.
sekarang aplikasi dari yellow pages sudah tersedia untuk menggantikan buku yang dulu pernah membawa mereka jaya.
yellow pages juga dapat membantu anda mempromosikan bisnis anda.

Craigslist

craigslist adalah situs iklan baris mengiklankan banyak hal bebas, seperti lowongan pekerjaan, iklan pribadi, produk dan hal apapun yang diperlukan oleh sipelaku bisnis.

Manta

gak ada habisnya aplikasi yang membantu pebisnis menemukan konsumennya, salah satunya adalah manta.
kalau salah searching maka yang muncul adalah ikan pari, tapi aplikasi ini lumayan bagus, mudah-mudahan bisa juga diakses untuk pasar di Indonesia kedepannya.

Foursquare


\


Aplikasi Media Sosial yang cocok untuk pemasaran

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi untuk bisnis anda membantu pemasaran media sosial:

buffer

buffer menjadi aplikasi yang membantu kita dalam melakukan pemasaran langsung ke berbagai media sosial. kalau biasanya anda harus mengupdate satu persatu informasi pemasaran dengan menggunakan buffer anda dapat langsung melakukannya dalam satu kali klik.
bagi kita yang punya waktu terbatas tentu buffer sangat membantu kita dalam melakukan update informasi terhadap produk. apalagi konsumen harus terus diberi informasi terkait produk yang kita jual agar mereka dapat melakukan pembelian ulang.

hootsuite

hampir sama dengan buffer, hootsuite memberikan anda kemudahan schedule atau menjadwal media sosial yang anda kelola terutama untuk bisnis anda.
kadang kita punya waktu luang, hal ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan hootsuite dengan mudah, selain itu laporan juga membantu kita dalam melihat hasil pemasaran melalui media sosial.

twettdeck

tweetdeck adalah aplikasi pemasaran untuk melakukan tweet secara bersamaan di banyak akun anda.
menggunakan banyak tweetdeck membuat anda dapat memasarkan produk dengan sangat efisien. kelemahanya hanya twitter yang dapat dikelola melakui tweetdeck ini.

ifttt

aplikasi ini membantu anda untuk mengatur aplikasi web anda agar bekerja sesuai dengan logika anda.
menggunakan aplikasi ini sangat membantu anda melakukan update informasi pemasaran produk anda. bila anda adalah pebisnis atau mau memulai bisnis tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

Semoga Bermanfaat, silahkan komentar kesini

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*