apa itu copywriting

apa itu copywriting

setiap kita pasti pernah melakukan pembelian produk atau barang, bukan? bila anda membeli barang dengan harga yang murah sampai harga yang mahal tentu tingkat informasi yang anda butuhkan berbeda.

bila anda membeli produk mahal tentu anda akan merasa bahwa anda memerlukan informasi selengkap mungkin. disitulah copywriting bekerja, dimana tanpa kita sadari copywriting mempengaruhi keputusan pembelian kita.

apa itu copywriting?

copywriting adalah istilah keterampilan yang dimiliki dalam membuat sebuah promosi penjualan sebuah produk, layanan, kampanye, penggalangan dana, melalui tulisan yang menggugah indra perasa seseorang sehingga menyebabkan pembelian produk.

copywriting adalah keahlian menulis secara persuasif atau ajakan, sehingga orang lain terdorong untuk mengambil sebuah keputusan terutama keputusan jual dan beli.

dalam memasarkan sebuah produk copywriting adalah satu hal yang harus dipelajari baik melalui pelatih yang jelas sudah berpengalaman membuat tulisan copywriting atau melalui pencarian secara otodidak.

copywriting berbeda dengan menulis artikel atau posting di blog. copywriting adalah keahlian tertentu yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk.

contoh copywriting sehari-hari

pernah menonton sebuah tayangan berita atau televisi? teks yang disampaikan oleh pembawa acara adalah karya dari copywriting.

brosur yang anda dapatkan ketika anda sedang berjalan-jalan di mall bahkan rumah anda sendiri adalah contoh sederhana dari copywriting.

bahkan situs yang mengulas tentang berbagai produk dipadukan dalam berbagai data yang ada juga merupakan copywriting.

apakah copywriting penting?

copywriting adalah keterampilan yang benar-benar dibutuhkan saat ini, dan bagi banyak perusahaan besar menyewa copywriting adalah salah satu kebutuhan penting untuk meningkatkan penjualan mereka.

sebelum biaya promosi dikeluarkan dalam berbagai macam media mulai dari tv, radio, sampai ke internet. copywriting adalah hal yang harus dipersiapkan diawal sebelum anda menghamburkan uang untuk promosi anda.

tentu pamflet dan sebuah iklan harus mencakup detail yang lebih spesifik, sebuah gambar yang dipasang dalam sebuah iklan harus punya detail kata-kata yang jelas dan terperinci. bagian itulah copywriting bekerja membuat sebuah konten yang membuat sebuah iklan lebih mudah dimengerti.

baca juga : tips bisnis sukses

untuk itu saya akan coba memberikan gambaran begitu pentingnya copywriting sehingga membuat sebuah iklan menjadi bermakna. berikut tempat-tempat copywriting yang dapat anda temui.

  • Halaman penjualan produk online ( biasanya dideskripsi lazada, bukalapak, tokopedia,dll)
  • Kemasan / label produk
  • Iklan produk di Google, iklan Facebook dan tempat online populer lainnya
  • Iklan produk di majalah cetak
  • Brosur untuk dibagikan di pameran dagang
  • Video demo produk
  • Email mempromosikan produk
  • Studi kasus yang menjelaskan bagaimana pelanggan mendapat manfaat dari produk
  • Lembar spesifikasi produk dan halaman web cara penggunaan
  • Artikel dan posting blog tentang produk
  • Testimonial dan kisah pelanggan
  • Surat penjualan untuk surat langsung dan / atau halaman web online

sumber : thebalancemb.com

berikutnya hal-hal yang perlu diketahui berkaitan dengan copywriting diantaranya adalah:

1# Copywriting Punya Audience

setiap tulisan yang ada miliki setidaknya harus menuju pada audience yang sama sesuai dengan tulisan yang sedang anda buat. semakin baik tulisan anda mempengaruhi audience anda maka tulisan anda akan semakin baik.

sebagai contoh copywriting ingin mengulas keunggulan susu formula untuk BALITA.

audience nya tentu adalah ibu atau ayah pemilik balita, walaupun yang akan meminum susunya adalah balita, tapi yang menentukan jenis susu formula yang digunakan adalah kedua orang tuanya.

sebagai copywriting anda harus mengetahui latar belakang pembaca yang akan melihat promosi anda. seorang copywriting akan di uji dari bagaimana ia mengulas sebuah produk dan memberikan pemahaman terhadap para pembacanya hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian produk.

2# copywriting merupakan freelancer

menjadi copywriting bisa jadi merupakan pekerjaan sampingan atau malah hanya pekerjaan tambahan.

menjadi copywriting berarti memutuskan untuk bebas dan tidak terikat. sebab begitu banyak hal yang harus di pahami tanpa bisa dilakukan dengan rutinitas rutin anda sehari-hari.

3# copywriting banyak di pekerjaan di bidang teknologi dan gadget

para copywriting sukses sebagian besar adalah freelancer yang bekerja dibidang website, membuat konten untuk toko online, surat penjual, buku dan artikel.

menjadi copywriting yang baik dikenal dengan karya tulisnya yang dapat menghasilkan penjualan secara baik.

anda dapat melatih diri anda untuk dapat meningkatkan kemampuan anda menulis, mempelajari periklanan sederhana di digital marketing, dan aktif mempelajari bagaimana copywriting yang berhasil.

kesimpulan

menjadi copywriting merupakan kegiatan yang amat menguntungkan dan dapat menjadi cara memperoleh penghasilan. untuk itu dibutuhkan kerja keras menuju ke arah sana.

membuat komunikasi yang baik antara pembaca dan anda, menangkap maksud dari keinginan dasar dari konsumen mulai dari perspektif anda sendiri maupun orang lain. selamat mencoba

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*