Andrew Darwis, 9 tahun waktu membuat Kaskus.com meraih sukses

Siapa yang tak mengenal Kaskus.com, untuk urusan e-commerce di Indonesia Kaskus adalah pionernya. Kaskus.com adalah forum online terbesar di Indonesia yang beromset millyaran. Pendiri kaskus adalah seorang pemuda bernama Andrew Darwis yang lahir pada tanggal 20 juli 1979. Ia sangat menyukai dunia internet sejak berkuliah di Binus University. Agar tak membebankan orang tuanya Darwis melakukan kerja paruh waktu dan di gaji Rp. 500.000 perbulan.

Setahun kuliah ia memutuskan berhenti karena ingin menemukan sekolah yang leibh fokus mendalami ilmu website. Atas saran dari temannya, Darwis memutuskan pindah ke Amerika Serikat guna melanjutkan kuliahnya di Art Institue of Seattle jurusan multimedia and web design. Pada tahun 1999, Darwis mendapatkan tugas kuliah untuk membuat sebuah website. Dari situlah idenya muncul. Ia ingin membuat forum komunikasi yang dapat digunakan oleh warga Indonesia yang tinggal di Amerika. Akhirnya Kaskus diluncurkan pada tanggal 6 November 1999 bersama dua temannya yang juga dari Indonesia yaitu Ronald Stephanus dan Budi Dharmawan. Kaskus sendiri adalah singkatan dari Kasak Kusuk yang bisa diartikan sebagai gosip atau obrolan.

Ujian mulai datang ketika Kaskus tidak mendapat apresiasi dari pembacanya di Internet, Ronald dan Budi akhirnya keluar namun Darwis tidak ia terus membesarkan Kaskus. Apalagi ia mendapat dukungan dari teman dekatnya, Ken Dean Lawadinata yang kini adalah CEO Kaskus Networks.

Darwis memutuskan kembali ke Indonesia walaupun sudah mendapatkan pekerjaan tetap di Amerika dengan Gaji besar. Darwis terus menawarkan Kaskus untuk menjari orang agar mau mendaftarkan. Ternyata sampai saat ini masih sangat sulit mendapatkan perhatian dari masyarakat. Uang Rp. 400 Juta sudah digelontorkan untuk membesarkan Kaskus. Akhirnya Kaskus mulai menjaring selebritis dengan membuatkan baju bertuliskan kaskus hingga akhirnya terus menjaring anggota baru hingga 2011 kaskus sudah beranggotakan 2.501 juta akun.

Pemasukan Iklan pun mulai berdatangan, sebab kaskus sudah menjadi forum yang sangat besar. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang diikutkan dalam jual beli. Sekarang kaskus sudah dikenal dimana-mana, dengan modal ketenarannya Kaskus menjadi sebuah asset berharga dari Darwis. Sebuah perjalanan panjang 9 tahun untuk membesarkan sebuah website, dari Darwis setidaknya ktia dapat mempersingkat waktu sukses kita dengan usaha dan kerja keras tentunya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*