Agar kegiatan NGeblog anda tidak menjenuhkan

Agar kegiatan NGeblog anda tidak menjenuhkan

blogging atau membuat artikel agar dapat dinikmati dan dibaca banyak orang memang perlu adanya kesungguhan. selama saya membuat artikel mungkin banyak artikel yang kurang sempurna, sehingga akhirnya saya kurang percaya diri untuk mempublikasikannya.

tapi pada dasarnya seiring saya menulis, saya menyadari bahwa tidak ada tulisan yang benar-benar sempurna. sementara banyak penulis besar juga punya celah untuk tidak berkualitas dalam tulisannya.

nah ternyata kenapa mereka bisa jadi blogger besar atau penulis artikel besar, ya karna seringnya salah dan akhirnya tahu dimana kesalahannya.

tahapan ide mulai muncul dan ingin dibuat tulisan, semangat menulis luar biasa tinggi.  saat sudah masuk ke tahap konten barulah saya merasa tulisan saya semakin banyak kekurangan didalamnya.

akhirnya saya banyak terlibat pada hanya pencarian referensi dan akhirnya tulisan saya makin jauh dari ide dari tujuan saya.

saya mencoba mempelajari bagaimana seorang blogger bisa punya konten yang berkualitas, berkuantitas, dan mencerahkan pembaca.

akhirnya ada diantara mereka adalah tim, bukan individu atau personal. mereka punya cara yang sangat intens untuk membuat artikelnya terus menarik di baca oleh para pengikutnya.

diantara yang bisa dilakukan oleh mereka adalah :

  1. mencari penulis berkualitas dan memintanya untuk mengisi satu rubrik atau kolom pada website.
  2. membeli tulisan dari berbagai komunitas blogger.
  3. menyewa karyawan untuk mengelola websitenya

selain hal diatas saya menemukan blog mereka punya aura dan menginspirasi banyak orang, blognya punya karakter karena mereka bahkan menulis sendiri. memang blogger besar memilih mengelolanya secara personal membutuhkan waktu lebih lama.

lalu bagaimana membuat sebuah blog tidak menjenuhkan . saya mencoba menshare beberapa hal dari sini :

  1. pastikan yang ditulis adalah yang anda sukai. hal pertama yang harus anda lakukan dalam membuat blog/artikel yang paling penting adalah anda harus pastikan bahwa hal tersebut adalah hal yang menarik buat anda. sebab, bila anda sendiri saya tidak tertarik bisa jadi tulisan anda sendiri saja tidak tertarik, bisa jadi tulisan anda sendiri juga kecil kemungkinan punya kualitas yang bagus. terutama bila anda adalah blooger yang memperhatikan SEO dalam penulisan tetaplah perlu membuat isi tulisan yang sesuai dengan pasion atau minat anda. banyak blogger juga yang terbengkalan karena terlihat mereka kurang berhasil menemukan bahwa mereka mungkin benar-benar menyukai tulisan tersebut.
  2. temukan IDE, seorang blogger yang merasa jenuh biasanya kehilangan ide untuk membuat artikel. cobalah jalan-jalan santai disekitar tempat anda berada. perhatikan lingkungan sekitar anda. siapa tahu ada ide yang bisa membuat tulisan anda semakin berkualitas. saya sendiri bahkan pernah sangat jenuh untuk menulis walaupun saya benar-benar ingin segera menyelesaikan tulisan tersebut. segera saya putuskan untuk mencoba menyegarkan pikiran saya dan ternyata cara yang paling efektif adalah dengan berkeliling.
  3. Buat tulisan Orisinal, Tulisan Orisinal dalam hal ini adalah coba menggali apa yang ada dalam diri kita dan apa yang sudah kita pahami. sebab dalam tulisan copy paste atau copy sana sini malah akan menyebabkan penulis dan pembacanya malah jadi jenuh. mulailah membuat tulisan orisinal anda sendiri, lama-kelamaan anda akan menemukan karakter tulisan anda sendiri.
  4. temukan suasana terbaik, tipikal manusia dalam belajar dan membuat blog berbeda-beda. antara satu dengan yang lain tentu tidak sama. sebagai contoh seseorang kadang akan lebih produktif menulis sambil mendengarkan musik. sementara yang lainnya tidak. saya sendiri  lebih suka membuat artikel dalam kondisi sunyi. pastikan anda tidak memaksakan mengerjakan blog anda dalam kondisi yang tidak ada harapkan. karena isi blog anda akan kurang berkualitas kalau saja anda memaksakan sesuatu.

teruslah menulis blog, yang pasti ngeblog bukan pekerjaan membangun candi semalam, he. ia adalah pekerjaan yang menuntut kesungguhan, kesabaran dan tekad.

banyak orang yang bertanya mengapa saya mau ngeblog, padahal apa yang dihasilkan tidak dapat menopang perekonomian.hehehe. padahal segala sesuatu tidak selalu diukur dari nilai material. manusia mati meninggalkan karya, dan ngeblog adalah jalah memahat karya besar kita. selamat ngeblog.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*