7 hal yang perlu di ketahui dari IP Address

7 hal yang perlu di ketahui dari IP Address

Kecanggihan teknologi terutama perkembangan internet sekarang ini membuat kehidupan semakin terkoneksi dengan belahan dunia yang lain.
sudah tidak ada lagi gap antara waktu siang dan waktu malam, semua orang dapat melakukan aktifitas 24 jam, dengan kondisi kehidupan yang selalu on.

di Indonesia kita tertidur di belahan dunia lain sedang beraktifitas.
begitulah internet mengakses belahan dunia dalam hitungan detik.
pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana sistem internet itu bekerja dan bagimana membedakan antara satu pengguna dengan pengguna lain.

disitulah IP (internet protocol) atau istilahnya IP Address bekerja membedakan antara satu pengguna dengan pengguna lain, antara satu PC atau gadget dengan lainnya.

Daftar Isi :

  1. Pengertian IP Address
  2. Terdapat 2 versi IP Address
  3. cara melihat IP Address
  4. Kelas IP
  5. IP Privat dan IP Public
  6. Mengenal IP dinamis dan Statis
  7. Shared IP dan Dedicated IP

Berikut adalah 8 hal yang perlu di ketahui dari IP Address :

Pengertian IP Address

IP Address adalah deretan angka unik yang di miliki oleh perangkat teknologi seperti komputer, ponsel, tablet. IP Address ibarat nomor telepon yang membedakan antara satu pengguna dengan pengguna lain. IP Address juga digunakan oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll untuk melakukan klasifikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.
contoh dari IP Address adalah 12.124.225.40 yang digunakan sebagai klasifikasi dengan perangkat lain.

Terdapat 2 versi IP Address

millyaran blog atau website aktif di dunia saat ini, dan sebagian besar lainnya terhubung dengan milyaran pengguna lainnya. setiap perangkat itu tidak saling bertubrukan dan dapat di Identifikasi secara baik.

terdapat 2 versi IP address yang saat ini digunakan untuk membedakan keberagamana ini :

IPv4
IPv4 adalah IP address yang digunakan sejak pertama kali internet digunakan, versi ini juga yang paling banyak di gunakan saat ini di dunia maya sehingga bisa jadi kita menggunakannya.
IPV4 menggunakan 32 bit terdiri dari 4 kumpulan angka yang dipisahkan titik.lamat IPv4 memiliki rentang dari 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255, IPv4 dapat menampung hampir 4,3 miliar IP address.

sedangkan yang satunya lagi adalah IPv6, IP ini masih baru di perkenalkan karena sudah semakinnya banyaknya jumlah IPv4. IPv6 memiliki panjang angka 128 bit dan terdapat delapan kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua, datatersebut merupakan representasi desimal dari 16 angka biner.

Salah satu contoh alamat IPv6 adalah 2004:cdba:0000:0000:0000:0000:3456:7347. Namun, kumpulan yang hanya terdiri dari angka nol biasanya tidak ditulis agar praktis. Lalu, bagian yang dihilangkan ditunjukkan dengan adanya dua tanda titik dua seperti berikut: 2004:cdba::3456:7347.

Cara melihat IP Address

banyak cara untuk dapat melihat IP Address yang kita miliki, dan PC dan Handphone punya cara yang berbeda dalam melihatnya. cara melihat IP di computer punya beberapa cara salah satunya adalah menggunakan command prompt dengan memunculkannya terlebih dahulu, cara selanjutnya adalah melalui control panel atau melalui network dan internet setting.
namun dengan menggunakan handphone android, maka cukup melihatnya dari setting Wifi yang ada, atau lebih mudah melihatnya di about handphone, namun, banyak juga aplikasi yang menyediakan cara melihat settingan IP nya secara lebih mudah.

Kelas IP

IP juga punya kelas yang digunakan untuk membedakan antara satu IP dengan IP yang lain.
Kelas A
Rentang angka : 0.0.0.0 – 129.255.255.255
Jumlah maksimal alamat IP : 16.777.216
Jumlah maksimal jaringan : 128
Kelas B
Rentang angka : 128.0.0.0 – 161.255.255.255
Jumlah maksimal alamat IP : 1.048.576
Jumlah maksimal jaringan : 16.384
Kelas C
Rentang angka : 192.0.0.0 – 225.255.255.255
Jumlah maksimal alamat IP : 65.536
Jumlah maksimal jaringan : 2.097.152
Kelas D
Rentang angka : 214.0.0.0 – 238.255.255.255
Jumlah maksimal alamat IP : tidak didefinisikan
Jumlah maksimal jaringan : tidak didefinisikan
Kelas E
Rentang angka : 130.0.0.0 – 255.255.255.255
Jumlah maksimal alamat IP : tidak didefinisikan
Jumlah maksimal jaringan : tidak didefinisikan

Terdapat IP Privat dan IP Public

IP address berjenis spesifik digunakan untuk komunikasi pada jaringan antar komputer lokal. Contoh perangkat yang memiliki alamat IP Prival adalah laptop, PC, dan ponsel. Antara device tersebut dapat berkomunikasi dengan satu sama lain tidak melalui koneksi internet, tetapi pada jaringan lokal seperti local access network (LAN).
IP address dengan jenis ini dapat diakses melalui jaringan internet secara umum. Oleh karena itu, IP address publik dimiliki oleh perangkat yang diperuntukkan khalayak umum. Server website, server email, dan router Wi-Fi adalah beberapa contoh device yang menggunakan alamat IP publik.

IP Dinamis dan IP Statis

IP address dinamis adalah jenis yang biasanya dimiliki oleh umum, termasuk Anda. Alamat IP ini diberikan oleh penyedia layanan internet secara cuma-cuma, tetapi tidak bersifat abadi.
berbeda dengan IP Dinamis IP address statis di pesan atau secara khusus digunakan secara pribadi oleh pihak yang menggunakannya.

Shared IP dan Dedicated IP

Shared IP biasanya terdapat pada server shared hosting, artinya tempat IP ini digunakan oleh beberapa pengguna, di mana semua penggunanya berbagi seluruh sumber daya server tersebut, termasuk IP address-nya. Tak hanya itu, semua domain milik seorang pengguna juga memakai alamat IP yang sama.
Sementara Dedicated IP adalah jenis IP address ini umumnya ditawarkan pada server dedicated hosting dan cloud VPS hosting, beberapa penyedia layanan web hosting memperbolehkan pelanggannya untuk menggunakan dedicated IP pada server shared hosting.

Penutup

Sekedar share IP Address, terdapat banyak hal yang perlu di ketahui dari IP Address untuk mendukung anda dalam mengambil langkah ketika terjadi sesuatu dalam akses internet anda.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*