7 hal tentang Domain Authority dan Penjelasannya

7 hal tentang Domain Authority dan Penjelasannya

Menilai antara satu website dengan website yang lainnya tentu google punya acuan sendiri. dimana jumlah blog atau website punya peringkat nya pada pencarian google. google sendiri mengetahui website mana yang layak ditempatkan pada posisi teratas pencarian.

Daftar isi :

dalam hal ini domain Authority menjadi acuan yang sering digunakan dalam menilai sebuah website baik atau tidak. bahkan ada website atau aplikasi yang mencoba melihat domain authority dari sebuah website. nilai domain authority merupakan rentang antara 1-100. youtube adalah salah satu domain authority dengan nilai 100.

sering digunakan dalam menilai sebuah website baik atau tidak. bahkan ada website atau aplikasi yang mencoba melihat domain authority dari sebuah website. nilai domain authority merupakan rentang antara 1-100.
youtube adalah salah satu domain authority dengan nilai 100.

lalu apa itu domain authority itu sendiri?

Domain authority adalah sebuah website metric/penilaian website yang menjadi ukuran tingkat kevalidan dari sebuah situs atau website berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari dalam hal ini google dan pengguna, ssalah satu yang mengembangkannya adalah MOZ.
Domain authority adalah hal penting yang berpengaruh terhadap trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri.

mari kita diskusikan 7 hal yang berkaitan dengan domain Authority:

domain authority dan bedanya dengan page authority

domain authority adalah alat mengukur kekuatan dalam pencarian dari sebuah mesin pencari seperti google. faktor yang menentukan domain authority itu ada 3 yaitu: umur domain, atau seberapa lama domain itu bertahan, popularitas domain yang juga menurut saya sangat berpengaruh terhadap domain authority, dan terakhir adalah banyaknya post dan halaman yang terdapat dalam website tersebut.

sementara itu Page authority adalah otoritas dari satu halaman yang terdapat dalam sebuah website. semakin tinggi Page authority maka semakin banyak halaman dalam website tersebut yang masuk urutan awal mesin pencarian.

DA dan PA dapat di cek

kita sendiri dapat melakukan pengecekan terhadap DA dan PA dengan sendirinya, banyak website yang menyediakan cara mengukur DA dan PA sebuah website. menurut saya sendiri fokus saja pada konten yang kita share, semakin baik konten yang kita share dan pemasaran website kita maka semakin baik DA dan PA yang dihasilkan
alat pengukur yang dapat dilakukan adalah menggunakan https://moz.com/researchtools/ose atau https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker.

SEO yang baik dapat meningkatkan Domain Authority

seperti kita ketahui SEO adalah sebuah tehnik yang digunakan untuk meningkatkan sebuah artikel atau halaman berada dihalaman pertama. nah, bila SEO yang kamu gunakan cukup baik, timbah artikel yang kamu share memang bermanfaat dengan sendiri DA akan naik dengan sendirinya seiring bersabarnya kamu membangun website yang kamu kelola.
SEO sendiri adalah sebuah riset untuk mendapatkan kata kunci terbaik, bagaimana artikel yang dihasilkan menang benar-benar di sukai oleh google sehingga di tempatkan di rank pertama.

Konten yang berkualitas hal terpenting dalam meningkatkan Domain Authority

Banyak para blogger terkenal memulai bukan dari banyaknyanya jumlah artikel yang mereka terbitkan melainkan dari konten yang berkualitas setiap harinya.
dengan adanya konten berkualitas website akan semakin baik di mata google, dan DA dengan otomatis akan meningkat dengan pesat.
belajarlah membuat konten berkualitas, dengan cara apa? dengan cara terus menerus membuat tulisan, niscaya artikel yang kita hasilkan akan semakin baik dari waktu ke waktu. disinilah kesabaran diuji, kesungguhan di pertaruhkan. apakah kita akan punya website yang baik atau tidak.
saya sendiri butuh waktu lama sekitar satu tahun dalam membangun website yang saat ini saya kelola.

membangun jaringan relasi yang kuat antar blogger

banyak para blogger sukses dengan Domain Authority yang baik menggunakan jaringan para blogger lainnya dalam membesarkan websitenya.
ya kita hidup apalagi dengan dunia maya tidak bisa sendirian, butuh kerjasama antara satu website atau blog dengan blog yang lain, saling berkomentar dan memberikan masukan pada sesama blogger.
semakin besar jaringan yang blogger bangun, semakin baik pula Domain Authority yang dihasilkan.

Urutan Domain Authority yang baik dalam website

dibawah ini merupakan Domain Authority yang baik dalam sebuah website mulai dari 1 sampai 100 :

1-10 Poor – Situs anda masih baru dan perlu memperbanyak konten
11-20 Decent. Situs yang sudah punya pengunjung organik, tahap ini sudah mulai terlihat hasil dari website atau blog
21-30 Fair. SEO Situs anda sudah dapat diacungi jempol.
31-40 Competitif. para pemilik start up ada disini,
41-50 Good. berarti website anda sudah semakin dibutuhkan oleh para pengguna website
51-60 Strong. website anda sudah dapat bersaing dan dapat diandalkan.
61-70 Excellent. sebuah situs yang banyak pengakuan, sudah jadi referensi dan dijadikan backlink
71-80 Outstanding. Anda mendominasi di SERPs dan memiliki niche Anda. Sprout cepat adalah 73.
81-90 Very Outstanding. anda sudah berkuasa dalam website jika berada disini
91-100 Rare. situs yang sudah mendunia dan dikenal khalayak global, contohnya facebook dan youtube.

mungkin saat anda baca artikel ini, anda di kisaran 1-10 namun hal ini tidak berarti buruk, semua website juga melalui hal ini, pertanyaannya anda dapat bertahan atau tidak dalam mengelola sebuah website.

Domain Authority dapat turun

sejak 5 Maret 2019 Moz selaku pemeringkat Domain Authority mengumumkan tentang Domain Authority 2.0 yang menjanjikan perubahan yang terbaru agar kita makin memahami cara agar situs kita muncul di SERP/Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.

Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam Moz Domain Authority 2.0 adalah Spam Score, pola kualitas link, dan model baru yang didesain untuk membaca algoritma baru dari Google.

setelah perbaikan ini tentu ada website yang secara domain authority jadi menurun. namun dengan penyesuaian yang ada niscaya website anda akan meningkat secara signifikan.

sekian dulu diskusi dari saya, semoga kita semua dapat meningkatkan Domain Authority secara signifikan, faktor kesabaran dan keseriusan akan menjadikan blog atau website kita diperingkat lebih baik oleh google.

About Imam Punarko 204 Articles
saya menyukai digital marketing terutama teknisi SEO, Programmer Website, desain website, website yang saat ini di kembangkan pakimam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*